Pada hari Selasa, 14 November 2023, Departemen Komunikasi BINUS menggelar sebuah diskusi penting yang melibatkan sejumlah mitra industri ternama, di antaranya CNN Indonesia, Polytron, Scendel by Tya Ariestya, Adira, Suitmedia, Insyst Media dan Reckitt. Fokus utama dari diskusi ini adalah untuk mencapai pemahaman yang terkait tantangan yang dihadapi dalam menjalankan program magang bagi mahasiswa Komunikasi di berbagai industri serta persiapan yang perlu dibekali untuk mahasiswa magang selanjutnya.

Salah satu poin yang menjadi sorotan dari pandangan mitra industri adalah sistem magang yang diterapkan oleh BINUS, di mana laporan bulanan yang mudah diakses melalui website dinilai sebagai langkah yang sangat positif. Mereka juga memberikan apresiasi terhadap kemudahan bagi mahasiswa BINUS dalam beradaptasi dengan tim serta kemampuan mereka dalam menyerap pengetahuan baru di dunia industri. Namun, dalam menghadapi masa depan, para mitra industri mengemukakan saran yang krusial, yaitu perlunya penguatan kembali pada kemampuan soft skill mahasiswa. Mereka menekankan pentingnya kemampuan menganalisis permasalahan dan menghasilkan ide-ide solutif terkait dengan tantangan yang muncul dalam konteks magang.

Seiring dengan perkembangan industri yang dinamis, diskusi ini menjadi wadah yang penting bagi BINUS dan mitra industri untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas program magang. Tantangan yang disampaikan oleh para mitra industri menjadi pendorong bagi Departemen Komunikasi BINUS untuk terus mengembangkan program yang tidak hanya mengutamakan aspek teknis, tetapi juga memperkuat kemampuan soft skill yang menjadi kebutuhan esensial di dunia kerja.