Program Studi Ilmu Komunikasi BINUS University kembali menggelar Communication in Action (COMIC) 2023 dengan tema “Communication and Creativity: Digital Future for All” pada hari Sabtu, 4 November 2023 di Kampus BINUS Bekasi. Tema ini dipilih karena perkembangan teknologi yang masif terjadi akan menjadi bagian dari masa depan generasi muda. Untuk itu, penting bagi generasi muda memiliki literasi digital yang mumpuni sehingga dapat memiliki daya saing yang tinggi sebagai bagian dari masyarakat global. COMIC 2023 juga ingin mengajak generasi muda agar dapat memanfaatkan media sosial secara positif.

COMIC merupakan ajang kompetisi nasional tahunan yang sudah diselenggarakan sejak 2017 dan selalu fokus untuk memberikan wadah dan memfasilitasi generasi muda untuk menunjukkan karya dan bakat yang mereka miliki. Lokasi penyelenggaraan COMIC 2023 sengaja memilih Kampus BINUS Bekasi, karena Prodi Ilmu Komunikasi sekaligus ingin memperkenalkan Program Creative Communication yang hanya ada di Kampus BINUS Bekasi.  

Terdapat dua kompetisi yang menjadi bagian COMIC 2023, yakni Video Content Creation dan Public Speaking, dimana masing-masing kompetisi dapat diikuti oleh pelajar SMA dan sederajat dan mahasiswa. Antusiasme peserta COMIC 2023 kali ini sangat luar biasa, karena tidak hanya peserta dari JABODETABEK saja, namun peserta COMIC 2023 juga berdatangan dari berbagai provinsi dan Kota besar di Indonesia, seperti Bali, Yogyakarta, Sulawesi, Sukabumi, Malang dan masih banyak lagi. Total 107 karya yang diterima panitia dan terpilih 32 finalis yang langsung unjuk kemampuan pada acara Final COMIC 2023.

Rangkaian kegiatan COMIC 2023 diawali dengan acara virtual talkshow tanggal 14 Oktober 2023 yang dibawakan oleh dua orang alumni Prodi Ilmu Komunikasi, yaitu Samuel Kurniawan (Brand Manager di perusahaan global bidang healthcare) dan Juwanti Ovianingsih (External Relations Specialist di perusahaan nasional bidang pertambangan).  

Acara Final COMIC 2023 juga dibuka oleh Ibu Maria Anggia, S.Sos., M.M selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi dan Bapak Gatot Soepriyanto, S.E., Ak., M.Buss (Acc)., Ph.D., CA, CFE selaku Direktur Kampus BINUS Bekasi. COMIC 2023 dimenangkan oleh: 

Lomba Public Speaking Kategori SMA dan Sederajat: 

Juara 1 : Nirmala Ozwaza – SMA Negeri 1 Kuta, Bali 

Juara 2 : Muhammad Faiz – SMK Al-Hadiid 1 Cileungsi 

Juara 3 : Uwais Al-Qorni – MAS Islamic Centre Bin Baz, Yogyakarta 

 

Lomba Video Content Creation Kategori SMA dan Sederajat: 

Juara 1 : Vinaretci Simarmata – SMAN 2 Lembang 

Juara  2 : Aleya Muthia Putri – SMA IT Qardhan Hasana 

Juara  3 : Muhammad Faiz – SMK Al-Hadiid 1 Cileungsi 

 

Lomba Public Speaking Kategori Mahasiswa / Umum: 

Juara 1 : Anna Evita Maretta Panjaitan – POLITEKNIK Imigrasi 

Juara 2 : Ali Umri – UIN Jakarta 

Juara 3 : Sang Ayu Putu Etasari – Poltrada Bali 

 

Lomba Video Content Creation Kategori Mahasiswa / Umum: 

Juara 1 : I Gusti Ngurah Bagus Ananda – Universitas Udayana, Bali 

Juara 2 : Muhammad Rafi Suryaramadhan – BINUS University 

Juara 3 : Devita Maheswari P. – Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta 

Communication in Action (COMIC) 2023 diharapkan dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi generasi muda untuk menghasilkan lebih banyak lagi karya yang kreatif, positif dan mendorong generasi muda untuk lebih melek digital.