Pada kesempatan kali ini, Dian Kumalasari, Ralali.com, mengisi workshop dengan memberikan materi tentang “Understanding Negotiation” pada 12 April 2023 melalui Video Conference Zoom di pukul 10.00 WIB. Ralali.com merupakan online back to back marketplace yang memberikan kemudahan dalam proses transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli. Workshop ini merupakan salah satu rangkaian dari “Skill Based Training Workshop” yang diadakan oleh Communication Department. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu dan menambah wawasan BINUSIAN terkait cara negotiation di dunia profesional.

Negotiation itu sendiri merupakan suatu perundingan atau bentuk tawar-menawar yang dilakukan oleh dua belah pihak dengan tujuan untuk mendapatkan kesepakatan yang sesuai dari kedua belah pihak. Dian menjelaskan bahwa dalam negosiasi, terdapat dua tipe negosiasi yaitu, negosiasi secara lembut dan keras. Negosiasi secara lembut merupakan sebuah negosiasi yang berlawanan dengan teman sehingga memiliki tujuan untuk mencapai kesepakatan. Sedangkan negosiasi secara keras merupakan negosiasi yang menganggap lawan pihak adalah musuh sehingga kegiatan ini memiliki tujuan untuk mencapai kemenangan. Negosiasi pada umumnya dilakukan dengan dengan cara diskusi baik secara formal/tidak formal. Faktanya, negosiasi ini merupakan kegiatan yang sering kita lakukan tanpa kita sadari seperti di pasar, sekolah, kantor dan sebagainya. 

Selain memberikan materi mengenai negosiasi, Dian Kumalasari memberikan sebuah study case kepada mahasiswa dan meminta para mahasiswa tersebut untuk memilih salah satu study case mengenai negotiation di dunia profesional. Pada workshop kali ini, mahasiswa sangat aktif untuk berdiskusi dengan Dian Kumalasari tentang materi yang diberikan karena materi ini sangat relate dan sering ditemui di kehidupan sehari-hari.