Pembangunan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja pada suatu negara memiliki kaitan yang erat dengan kesejahteraan masyarakatnya. Faktor utama yang mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi adalah sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA), modal, sosial budaya dan perkembangan teknologi. Indonesia memiliki sumber daya manusia (SDM) yang sangat besar jumlahnya mengingat populasi penduduk negara ini tergolong besar. Namun, masyarakat Indonesia terbagi menjadi 3 strata ekonomi yaitu atas-menengah-bawah. Masyarakat menengah-bawah terkadang menjadi kelompok masyarakat yang bernasib buruk dalam hal pekerjaan. Populasi manusia yang besar di Indonesia tidak membawa lapangan kerja yang besar pula. Bahkan, pada tahun 2022 terjadi PHK massal yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan yang menunjukan bahwa persaingan begitu ketat dan kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja tidak begitu banyak.

Lapangan kerja terbukti menjadi kebutuhan masyarakat dalam mencari penghasilan, namun sedikitnya lapangan pekerjaan membuat beberapa masyarakat kesulitan dan bahkan tidak sedikit dari mereka yang melakukan protes kepada pemerintah. Hal tersebut menjadi kesempatan bagi calon-calon presiden yang ingin membuktikan bahwa mereka bisa menjadi solusi bagi masyarakat, yaitu dengan menjanjikan ketersediaan lapangan pekerjaan. Saat kampanye dilaksanakan di suatu lokasi para calon presiden akan mempromosikan janji-janji mereka sehingga mereka mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat, salah satu janji tersebut yaitu lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan sudah menjadi faktor dalam pertumbuhan ekonomi, jika lapangan pekerjaan sedikit akan banyak masyarakat yang menganggur dan mengalami kerugian besar.

Sebuah langkah yang sangat tepat bagi para calon presiden untuk melakukan kampanye dengan menjanjikan ketersediaan lapangan pekerjaan karena hal tersebut yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sehingga pertumbungan ekonomi akan bergerak secara positif.

Referensi:

https://lifepal.co.id/media/faktor-yang-mempengaruhi-pertumbuhan-ekonomi/

https://money.kompas.com/read/2022/01/08/080854626/pertumbuhan-ekonomi-pengertian-ciri-dan-faktor-yang-mempengaruhinya?page=all

https://bisnis.tempo.co/read/1658344/cerita-karyawan-tokopedia-yang-kena-phk-terima-email-malam-ini