Ruang Tangguh adalah inisiatif yang baru diluncurkan oleh BINUS Resilience Hub, diawasi oleh Departemen Komunikasi di Universitas BINUS. Program ini dirancang untuk melayani sebagai ruang untuk kolaborasi antara komunitas, akademisi, dan industri. Tujuan utama dari inisiatif ini adalah untuk mempromosikan masyarakat yang berkelanjutan melalui saling belajar dan berbagi pengetahuan.

Dimulai bulan April 2023 hingga Oktober 2023, Ruang Tangguh akan menawarkan berbagai program untuk mendukung tujuannya. Salah satu programnya adalah bekerja sama dengan PKK Jakarta Barat yang akan terlibat dalam rangkaian kegiatan tahun ini. Dengan bantuan Ruang Tangguh, Departemen Komunikasi bekerja sama dengan PKK Jakarta Barat untuk mencapai tujuan pengembangan komunitas mereka. Dibuka oleh Ibu Maria Anggia selaku Ketua Jurusan Komunikasi Binus, didampingi oleh 18 Dosen komunikasi dan 25 Mahasiswa melaksanakan workshop ini diharapkan peserta mendapatkan pemahaman mengenai promosi di sosial media mereka.

Rabu, 12 April 2023 Workshop Ruang Tangguh pertama kali diadakan bersama Ibu PKK Jakarta Barat, terdapat 92 Peserta berasal dari Jakarta barat dan sekitarnya antusias dalam mempelajari bentuk promosi yang efektif untuk sosial media. Lokakarya ini bertujuan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis mereka. Peserta akan belajar bagaimana mengembangkan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan bisnis dan audiens target mereka dan bagaimana menggunakan berbagai saluran promosi, seperti media sosial, periklanan, dan e-commerce, untuk menjangkau audiens target mereka.

Peserta dibagi dalam delapan kelompok yang langsung disupervisi oleh tim dosen dan mahasiswa untuk dapat langsung mengetahui situasi dan kondisi setiap individu dalam pengelolaan sosial media mereka. Acara yang dimulai secara onsite ini menambah keseruan karena setiap peserta dan juga dosen dapat langsung bertemu dan berdiskusi dengan intens. Rencana Ruang Tangguh berikutnya akan mengangkat mengenai pengemasan pesan di media sosial di bulan Mei mendatang.