Dari tahun ke tahun, kondisi lingkungan di Bumi ini semakin memburuk per tahunnya dikarenakan oleh polusi udara, air, limbah pabrik, plastik hingga elektrik yang dihasilkan oleh manusia dalam aktivitas keseharian kita. Hal tersebut dibuktikan oleh krisis perubahan iklim yang terjadi secara pesat di berbagai penjuru Bumi, menurut hasil penelitian badan-badan klimatologi di dunia. Krisis ini membuat orang-orang mulai semakin menyadari bahwa merawat lingkungan merupakan hal yang diperlukan oleh manusia, terutama golongan muda seperti generasi milenial.

Menurut jurnal ilmiah karya Dwi Anggraeni yang berjudul, “What Influence Indonesian Millennial to Have Environmentally Conscious Consumer Behavior”, menjelaskan bahwa pemuda milenial di Indonesia sekarang sudah cenderung menyadari bahwa perilaku konsumerisme yang biasa dilakukan oleh masyarakat sangat penting untuk dikurangi apalagi yang menyebabkan kerusakan terhadap lingkungan sekitar. Perilaku konsumerisme tersebut misalnya seperti menggunakan kendaraan bermotor secara terus menerus yang bukan hanya boros uang untuk membeli bensin tetapi juga menyebabkan polusi udara yang sangat banyak. Hal-hal ini mulai mereka sadari bukan hanya karena sudah mulai banyak berita yang membicarakan mengenai betapa seringnya kegiatan manusia merusak alam semata, tetapi juga didasari oleh ajaran agama yang mengajarkan penganutnya seperti para pemuda milenial ini untuk menjaga lingkungan hidup yang merupakan ciptaan Yang Mahakuasa.

Pada saat-saat krisis kesehatan lingkungan seperti sekarang ini, generasi milenial yang kebanyakan sudah memasuki usia dewasa mulai menyadari bahwa rusaknya alam bukan hanya disebabkan faktor besar seperti polusi pabrik tetapi juga sangat dipengaruhi oleh gaya dan pola hidup manusia yang konsumeristik. Dari sini generasi milenial Indonesia mulai menanamkan prinsip di dalam diri mereka bahwa mereka harus mengurangi gaya hidup yang konsumeristik tersebut demi mencegah kerusakan alam berlanjut. Mereka mulai cenderung menggunakan produk-produk yang tidak berbahan plastik, menggunakan kompor dan kendaraan elektrik yang lebih ramah lingkungan, tidak boros listrik ketika berada di rumah dan mulai membiasakan membuang sampah pada tempatnya serta berkreativitas dalam mendaur ulang sampah-sampah tersebut supaya lebih bermanfaat dan tidak menimbun.

Selain upaya-upaya kecil dalam kehidupan sehari-hari di atas, generasi milenial juga mulai bergerak dengan usaha-usaha yang lebih besar seperti menjadi aktivis lingkungan Greenpeace Indonesia yang menyelenggarakan gerakan sosial untuk menanam puluhan hingga ratusan pohon di lahan yang sudah terusak oleh manusia. Selain melakukan gerakan sosial reboisasi ini, mereka juga memberikan wawasan dan edukasi bagi masyarakat secara lebih luas lagi mengenai krisis alam tersebut. Hal ini bertujuan supaya banyak orang menyadari betapa pentingnya alam di Bumi kita ini dan seberapa terancamnya alam dikarenakan oleh ulah manusia yang tidak acuh. Upaya-upaya ini membuktikan bahwa generasi milenial di negara kita masih banyak yang peduli dan mencintai alam Bumi kita serta berusaha untuk memperjuangkannya.

Manusia baik muda maupun tua haruslah menyadari bahwa alam dan lingkungan di sekitar kita sangatlah berarti bagi hidup kita. Karena tanpa adanya alam yang menemani hidup kita selama ini, kita belum tentu bisa menjalani kehidupan seperti sekarang secara normal dan dapat menghirup oksigen yang segar. Dengan rusaknya alam di Bumi ini, kita hanya akan merasakan kerugian yang tidak akan pernah mendatangkan keuntungan.

 

Referensi

Anggraeni, D., & Balqiah, T.E. (2021, September). What Influence Indonesian Millennial to Have Environmentally Conscious Consumer Behavior?. 5th Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship (GCBME 2020), 439-444. Atlantis Press.

https://www.atlantis-press.com/article/125960484.pdf

Lestari, R.B., & Kardinal, K. (2018). Minat Beli Produk Hijau pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini9(2), 117-124.

http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EGMK/article/viewFile/542/737

Yuwono, N. A. (2021). Generasi Milenial, Generasi Cerdas Cinta Lingkungan. Generasi Milenial Cinta Lingkungan.

https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=H4czEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA232&dq=milenial+greenpeace+indonesia&ots=5OPEBadL1k&sig=QcSEG5ECXbOj00bkOhdFuep_Nns&redir_esc=y#v=onepage&q=milenial%20greenpeace%20indonesia&f=false