Seperti yang kita ketahui kita sudah masuk pada tahun 2023, namun mungkin beberapa dari kalian masih bingung bagaimana cara yang terbaik untuk menghadapi 2023 terlebih dalam mengatur keuangan. beberapa resolusi keuangan ini wajib untuk kamu lakukan di tahun 2023.

 

Kebiasaan dalam menggunakan uang yang harus kita lakukan.

  • Menentukan Alasan Menabung

Dengan membuat alasan untuk menabung untuk masa depan, akan membuat kita lebih bersemangat lagi dan berhenti tergoda untuk memakai uangnya untuk hal-hal yang kurang penting karena telah memiliki goals atau tujuan.

  • Menggunakan 2 Rekening

Mempunyai 2 rekening bank akan membuat kita lebih gampang menabung karena uang yang akan kita pakai dan yang akan kita tabung akan berada di tempat yang berbeda, jadi kalian tidak akan ada kesalahan dalam menggunakan uang tabungan dan uang sehari hari.

  • Investasi

tahun ini kita bisa secara bertahap memulai untuk berinvestasi atau membuka bisnis baru. Investasi dilakukan agar kita dapat menabung sekaligus mendapatkan keuntungan lebih yang merupakan hasil dari menabung. Cara tersebut yaitu dengan rutin setor investasi per bulannya. Perencana keuangan, Andy Nugroho, mengatakan “Dengan kita berinvestasi secara rutin maupun secara bertahap mengurangi utang juga merupakan bentuk kita berusaha survive dalam kondisi resesi. Karena dengan demikian kita mengurangi beban pengeluaran kita sehingga dananya bisa digunakan untuk berinvestasi.”

  • Membuat Anggaran 

Cara lainnya yang dapat dilakukan adalah menyusun anggaran keuangan terlebih dahulu. Rencanakan apa saja pengeluaran yang akan dilakukan di dalam keuangan, sehingga semua kebutuhan bisa terpenuhi.

  • Prioritaskan Kebutuhan 

Masih berhubungan dengan anggaran, pastikan untuk selalu memprioritaskan kebutuhan. Dimulai dengan memahami perbedaan kebutuhan dan juga keinginan sejak awal, agar bisa lebih bijak dalam mengatur keuangan. 

Cara mengatur akan menjadi jauh lebih mudah, jika sejak awal telah memahami dengan baik apa saja yang benar-benar harus dibeli. Buatlah catatan belanja bulanan yang tepat dan patuhi dengan baik, agar pengeluaran dapat selalu terkontrol. 

  • Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara teratur. 

Dengan mencatat secara rinci seluruh pemasukan dan pengeluaran dan juga kondisi keuangan dari waktu ke waktu, maka kita dapat menentukan kapan saat yang tepat untuk mengurangi pengeluaran atau kapan bisa sedikit bebas dalam menggunakan uang. Laporan keuangan harian dapat dijadikan sebagai alat tolak ukur dalam mengatur keuangan. Selain itu, laporan yang kita buat juga dapat menjadi bahan pembelajaran dalam penggunaan uang sehingga kita dapat menghindari melakukan kesalahan yang sama.

  • Gaya hidup

Hal yang paling mempengaruhi pengeluaran tiap bulan merupakan gaya hidup yang dijalani. Budgeting saja tidak cukup jika gaya hidup yang kita menjalani kehidupan dengan cara berfoya foya. gaya hidup dapat diubah dari hal-hal kecil seperti membawa makan dan minum setiap hari, dan juga mengurangi penggunaan waktu untuk nongkrong di kafe.

Resolusi merupakan impian ataupun tujuan yang ingin kita capai nantinya. Tidak semua hal dapat dicapai secara langsung maka dari itu kita harus mulai belajar dari hal kecil dan perlahan-lahan hingga akhirnya mencapai tujuan kita.