Bepergian ke luar negeri sebagai wisatawan tentunya akan mendapatkan pengalaman yang unik dan berbeda di setiap negara yang sedang dikunjungi. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba makanan yang dikonsumsi penduduk setempat. Makanan yang diperjualbelikan atau dikonsumsi di sebuah negara mungkin akan dianggap aneh bagi wisatawan. Tetapi dianggap lezat bagi warga lokal. Berikut ini adalah lima makanan aneh yang ada di dunia.

 

  1. Sup Sarang Burung (Bird Nest Soup), Cina

Mengwen Huang, 2012

 

Kamu mungkin berpikir sarang burung tidak dapat dimakan. Tetapi orang Cina menggunakan sarang burung walet untuk dijadikan sebagai sup. Jangan membayangkan sarang yang terbuat dari ranting dan daun, tetapi walet membuat sarangnya menggunakan air liur. Ada suatu zat dalam air liur burung walet yang membuatnya memiliki tekstur seperti agar-agar yang unik dan kenyal dan menjadikannya sebagai salah satu produk hewani termahal yang dikonsumsi manusia. Disebut mahal karena burung walet membangun sarang selama musim kawin, yaitu 35 hari dan sarang hanya bisa dipanen sekitar tiga kali dalam setahun. Sarang biasanya dibangun di gua-gua pesisir dan mengumpulkannya adalah proses yang berbahaya serta melibatkan keterampilan memanjat yang gesit. Hal inilah yag membuat harga sarang burung walet cukup mahal.

 

Dengan meningkatnya permintaan sup sarang burung walet, tempat bersarang buatan manusia banyak dikembangkan. Hong Kong dan AS adalah importir sarang burung terbesar. Semangkuk sup sarang burung bisa dihargai antara $30 hingga $100 atau sekitar 449 ribu hingga 1,5 juta rupiah. Sedangkan sekilo sarang burung wallet bisa berharga antara $2.000 hingga $10.000 atau sekitar 29, 9 juta hingga 149, 8 juta rupiah.

 

  1. Tarantula goreng, Kamboja

Alvin Silverstein, Virginia B. Silverstein, Laura Silverstein Nunn · 2010

 

Jika kamu menderita arachnofobia, kamu mungkin tidak ingin mencoba memakan monster berkaki delapan ini. Mereka bukan laba-laba kecil, tapi ini adalah tarantula besar yang dapat dibeli dari pedagang kaki lima di Skuon, Kamboja. Tarantula digoreng utuh, kaki, taring dan semua bagian badannya. Tarantula pertama kali ditemukan dapat dimakan oleh orang-orang Kamboja yang kelaparan dari pemerintahan Khmer dan telah berubah menjadi makanan utama.

Arachnida berbulu hitam, yang ditemukan di hutan sekitar kota pasar Skuon, telah menjadi sumber ketenaran dan kekayaan bagi wilayah tersebut. Banyak orang yang tertarik untuk mencobanya. Hanya dengan beberapa sen kamu dapat mengonsumsinya karena tarantula digoreng dengan sedikit bawang putih dan garam. Bagian luarnya renyah dengan bagian dalam yang lengket serta rasa yang menyerupai jangkrik atau ayam.

 

  1. Serangga, Kamboja

Sean Sheehan, Barbara Cooke · 2007

 

Kamboja adalah negara yang senang mempromosikan serangga untuk dikonsumsi. Selain tarantula, Kamboja juga memiliki jenis serangga lain, seperti belalang, pupa, kecoak dan lain sebagainya. Mereka tak hanya menjadi makanan warga setempat namun juga menjadi kuliner yang unik bagi wisatawan. Aneka olahan serangga ini dapat ditemukan di pasar dan menu restoran di seluruh negeri. Menurut laporan dari Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO), serangga dianggap sebagai masa depan ketahanan pangan dunia.

 

  1. Fertiled Eggs, Filipina

Richard Hosking · 2007

 

Hidangan Filipina ini disebut balut. Jika mencicipi hidangan ini, kamu akan berkesempatan untuk menikmati embrio ayam dan telur secara bersamaan. Telur yang telah dibuahi direbus tepat sebelum waktunya menetas, sehingga kuning telur keluar diikuti oleh embrio ayam (atau bebek). Makanan ini dimasak saat janin berusia antara 17 hari hingga 21 hari, meskipun saat telur lebih tua, janin mulai memiliki paruh, cakar, tulang, dan bulu.

 

Dalam budaya Filipina, balut hampir sama populernya dengan hot dog di Amerika. Pedagang kaki lima di Filipina biasa meneriakkan ‘Baluuuuuuuut’ sambil mendorong gerobak mereka, untuk menjajakan jualannya. Balut diyakini dapat meningkatkan libido dan merupakan camilan sehat yang penuh dengan protein. Balut biasanya diminum dengan bir dan disiapkan dengan sedikit garam, jus lemon, lada hitam dan ketumbar, meskipun beberapa penikmat balut lebih suka menyantapnya dengan cabai dan cuka. Cara makan balut adalah dengan memecahkan telurnya, menyeruput kuahnya, lalu memakan kuning telur dan janinnya.

 

  1. Keju Belatung, Sardinia

Cecily Wong, Dylan Thuras, Atlas Obscura 2021

 

Keju Sardinia ini penuh dengan larva serangga. “Casu Marzu” berarti ‘keju busuk’ dan paling sering disebut sebagai ‘keju belatung’. Sekarang telah dilarang karena alasan kesehatan tetapi masih dapat ditemukan dijual di pasar gelap di Sardinia dan bagian  Italia lainnya. Keju dari susu domba ini pada dasarnya adalah pecorino, yang telah dimasukkan larva lalat keju, piophila casei, ke dalamnya. Fermentasi terjadi saat larva mencerna lemak keju, dan teksturnya menjadi sangat lunak dengan sedikit cairan yang merembes keluar. Keju harus dimakan saat belatung masih hidup karena saat mati dianggap beracun.