Ingin mencapai make up yang natural, namun bingung mencari warna lipstik yang cocok?


Lipstik merupakan salah satu make up populer yang biasanya dipakaikan pada bibir. Lipstik berfungsi sebagai pewarna pada bibir, dimana hal ini membuat seseorang terlihat lebih segar dan tidak pucat. Dengan menggunakan warna lipstik yang tepat, kita dapat membuat penampilan kita menjadi lebih menarik dan berkesan. Namun, tidak semua warna lipstik cocok untuk dipakai semua orang. Dengan menggunakan warna lipstik yang kurang cocok, kita dapat terlihat lebih pucat dan tua. Untuk mencegah hal tersebut, berikut ada beberapa tips yang anda wajib ketahui.

1. Tentukan Skin Tone

Melansir Maybelline, skin tone dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu light (cerah), medium, dan tan. Pada kulit yang memiliki skin tone light, warna seperti coral dan peach merupakan warna yang cocok untuk dipakai. Sedangkan warna seperti merah buah ceri dan mauve adalah warna yang cocok untuk skin tone medium. Pada skin tone tan atau skin tone yang gelap, lipstik yang mengandung warna seperti coklat dan keunguan merupakan warna yang cocok untuk dipakai.

2. Tentukan Undertone

Undertone dapat dibagi menjadi tiga yaitu warm, cool, dan neutral. Warna kulit dapat dikategorikan sebagai warm undertone jika kulit memiliki rona kuning, keemasan, atau zaitun. Cara lain untuk menentukan kulit warm undertone adalah ketika perhiasan berwarna emas lebih cocok untuk digunakan. Kebanyakan orang dengan warm undertone memiliki pembuluh darah yang tampak kehijauan pada pergelangan tangan. Seseorang dengan warm undertone cocok menggunakan lipstik yang bernada kemerahan, oranye, dan sedikit coklat. Pada sisi lain, seseorang dapat dikategorikan sebagai cool undertone jika mereka memiliki rona merah muda, merah, atau kebiruan pada kulit mereka. Selain itu, aksesoris dan perhiasan berwarna perak lebih cocok untuk digunakan seseorang yang mempunyai cool undertone. Pada orang yang memiliki cool undertone, pembuluh darah di pergelangan tangan akan tampak kebiruan. Seseorang dengan cool undertone cocok menggunakan lipstik yang bernada merah muda, biru, dan ungu. Terakhir, seseorang dengan neutral undertone memiliki campuran warna kuning dan merah muda pada dasar kulit mereka. Tidak hanya itu, seseorang dengan neutral undertone cocok menggunakan perhiasan berwarna emas dan juga perak. Seseorang dengan neutral undertone cocok menggunakan lipstik yang memiliki nada campuran antara warna nada pada warm tone dan warna nada pada cool tone.

3. Pertimbangkan Warna Rambut

Warna rambut dapat menjadi salah satu faktor mengapa warna lipstik pada bibir dapat terlihat lebih pucat dan menor. Jika Anda memiliki rambut berwarna gelap dan kulit yang lebih terang, warna seperti merah muda dan buah ceri cocok untuk anda. Jika anda memiliki rambut berwarna gelap dan berkulit sawo matang ke gelap, warna seperti koral dan dusty pink cocok untuk digunakan. Jika anda memiliki rambut yang terang dan berwarna-warni, anda dapat menggunakan lipstik yang memiliki undertone yang sama dengan rambut anda.

4. Mencari warna lipstik yang mendekati warna asli bibir

Untuk mencari natural nude lipstik yang cocok, jangan lari jauh-jauh dari warna asli bibirmu. Namun jika Anda masih kurang puas dengan warna asli bibir Anda, Anda juga dapat mencari warna lipstik dengan menggabungkan warna asli bibir dan nada warna yang disarankan berdasarkan undertone.