Pengaruh Positif Fandom Idol BTS Dalam Kegiatan Sosial

Mengingat pengungkapan baru-baru ini bahwa budaya fandom K-pop berdampak positif pada aktivisme sosial dan politik, tampaknya penggemar idola K-pop tidak hanya bersemangat dengan idola mereka, tetapi juga memiliki pengaruh kuat pada perubahan sosial. Seperti yang kita ketahui, K-pop dengan cepat menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia, dan basis penggemar idola K-pop sering menggunakan platform mereka untuk kepentingan sosial.

Salah satu contohnya adalah ARMY, atau komunitas fandom K-pop BTS. Banyak kegiatan sosial yang dilakukan oleh anggota ARMY untuk mendukung idola mereka. Contohnya adalah menanam pohon untuk memerangi deforestasi; sumbangan nasi dan ramen untuk Salvation Army; penyediaan implan koklea untuk anak tunarungu. Tahun lalu, ketika tagar #whitelivesmatter menjadi viral di Twitter setelah pembunuhan George Floyd, penggemar K-pop membanjiri tagar tersebut dengan fancams, yang secara efektif membungkam supremasi kulit putih. Ketika BTS mengetahui tentang aktivisme ARMY mereka, grup dan label mereka Big Hit Entertainment menyumbangkan satu juta dolar untuk Black Lives Matter.

Sejak 2013, pendukung BTS dari seluruh dunia berkumpul untuk menyumbangkan uang dan sumber daya untuk mendukung inisiatif perawatan kesehatan yang terjangkau. Beberapa dari prakarsa ini adalah — donasi untuk membantu anak-anak di Peru dan Kanada menjalani operasi yang mahal dan perawatan komprehensif, serta organisasi yang membantu anak-anak cacat di Busan. Saat BTS dan McDonald’s berkolaborasi untuk memproduksi makanan bertema BTS khusus di hampir 50 negara, penggemar mengambil kesempatan untuk mengoordinasikan kampanye hadiah khusus, ShareARMeal. Mengikuti garis waktu kolaborasi BTS x McDonald’s, ShareARMeal menyelenggarakan penggalangan makanan dan donasi di berbagai wilayah di seluruh dunia untuk mengurangi kerawanan pangan.

BTS ini telah dicintai dan dihargai oleh para penggemarnya atas perbuatan baik mereka serta kualitas pribadi mereka. Banyak penggemar dari seluruh dunia telah menyatakan betapa BTS telah membantu mereka dalam kehidupan pribadi mereka sendiri, dan betapa bersemangatnya mereka untuk melakukan proyek penggemar sebagai balasannya. BTS selalu berbicara tentang penggemar mereka dengan penuh kasih sayang, dan proyek penggemar adalah cara ARMY untuk menunjukkan cinta dan penghargaan mereka. BTS telah memberikan dampak positif bagi penggemar mereka baik melalui tindakan mereka sendiri maupun dengan menginspirasi mereka untuk berbuat baik.

 

 

 

Daesha Putri Setiadi