Belum lama ini dikenalnya berbagai perilaku aktivis lingkungan yang sering muncul di platform media manapun. Namun apa yang dilakukan dan siapakah Para Aktivis ini? Aktivis lingkungan adalah orang atau komunitas yang mengabdikan hidupnya untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup, baik flora maupun fauna dan kelestarian alam secara umum.

Tujuan dari komunitas ini tentu saja hal yang baik karena mereka mengingatkan kita betapa pentingnya lingkungan kita bagi hidup kita dan generasi selanjutnya. Aktivis juga sering menunjukkan suara mereka terhadap Hak Asasi Manusia.

Salah satu contohnya adalah gerakan PSL, gerakan ini muncul untuk memprotes salah satu perusahaan kopi terbesar. Gerakan ini menuntun perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan setiap pekerja, mereka mengajak para pembeli minuman untuk membeli kopi yang sudah dibuat khususnya untuk menyumbangkan uang mereka kepada para pekerja ini.

Walaupun tujuan dari komunitas ini sebenarnya mulia, namun sering kali cara mereka menunjukkan suara mereka banyak dikritik oleh berbagai macam masyarakat dari gerakan komunitas aktivis perubahan iklim yang sedang dilakukan.

Banyaknya aktivis perubahan iklim menyiram lukisan bersejarah dari menggunakan sop tomat, lukisan di negara Perancis disebarkan menggunakan kue dan juga bahkan adanya aktivis yang menempelkan dirinya sendiri ke beberapa lukisan menggunakan lem keras di Kerajaan London. Komunitas ini meyakini bahwa perilaku mereka akan memberikan kesadaran kepada semua masyarakat di berbagai belahan mengenai tujuan mereka.

Menurut berbagai pihak dan saya, perilaku aktivis ini malah merugikan bukan hanya bagi mereka karena dilihat tidak baik di mata umum tetapi juga masyarakat secara luas. Tujuan mereka yang baik tambah tertutup disebabkan dengan tindakan mereka yang dianggap tidak etis sehingga misi mereka untuk menyampaikan betapa pentingnya untuk menyelamatkan bumi tidak tersampaikan.

Sebagai masyarakat yang hidup di era digital, menurut saya ada berbagai macam cara media yang lebih efektif dan efisien untuk menunjukkan aspirasi mereka. Sudah dibuktikan bahwa ada 5.07 miliar orang menggunakan media internet dengan rata – rata kegunaan sebanyak 192 menit. Edukasi dapat banyak dilakukan melalui iklan, video, dan foto dapat meningkatkan kesadaran manusia mengenai tujuan penting yang ingin disampaikan oleh para aktivis. Para aktivis dapat menggunakan media sosial yang saat ini sedang digemari oleh berbagai kalangan dan umur masyarakat.

Dengan pendekatan yang benar, banyak orang akan lebih tertarik untuk mengikuti strategi ini sehingga lingkungan kita akan bertambah baik saat ini dan untuk generasi yang akan datang.