Saat ini, perkembangan esports di Indonesia sedang pesat-pesatnya terutama esports pada game game mobile di Indonesia seperti mobile legends, PUBG Mobile, dan lain sebagainya, tetapi esports di game game pc pun juga sangat berkembang di indoensia terutama disaat pandemik covid-19, contohnya saja game valorant, dota 2 dan lain sebagainya. Tetntunya dengan esports yang terus berkembang maka aka nada banyak pemain yang ingin menjadi pro dalam game game tersebut, dan berikut ini merupakan 5 pemain esport di

indonesia yang menginspirasi para pemain game untuk go pro, antara lain:

  1. Hansel “Bntet” Ferdinand (CS GO)

Bntet merupakan salah satu pemain esports asal Indonesia yang menekuni game CS GO sejak tahun 2012 dan memulai karier profesionalnya esports terkemuka di indonesia di tim NXL pada tahun yang sama. Di timnya tersebut ia telah banyak menjuarai kejuaraan nasional maupun internasional sampai akhirnya di tahun 2016 ia keluar dari tim NXL dan masuk ke tim Recca esport. Dari tim Recca esport itulah Bntet mulai dilirik oleh tim Tyloo yang dimana tim Tyloo saat itu merupakan tim terkuat di asia. Akhirnya pada tahun 2017 Bntet direkrut oleh tim Tyloo yang bermarkas di china dan dari situ ia banyak mengikuti tournament major di game cs go dan pencapaian tertingginya saat bermain Bersama tyloo ialah saat ia menjadi semi

Finalis di ajang IEM Sydney 2018, setelah dari tim tyloo pun bntet sempat masuk ke tim Gen G dan Extremum, walaupun disaat di tim tersebut hasil yang di dapatkan Bntet kurang maksimal hingga akhirnya Bntet pun Kembali ke tim Tyloo hingga saat ini.

Walaupun kariernya yang naik turun di game CS GO tetapi tetap Bntet merupakan salah satu pemain professional CS GO paling sukses asal Indonesia.

2. Kenny “Xepher” Deo (Dota 2)

Xepher merupakan salah satu pemain esports game dota 2 yang berasal dari Indonesia. Ia memulai karier professionalnya Bersama tim RRQ pada tahun 2015, Bersama tim RRQ ia sudah banyak memenangkan kejuaraan dota 2 di Indonesia maupun asia pacific. Setelah Tim dota 2 RRQ dibubarkan pada tahun 2018 dikarenakan scene competitive dota 2 di Indonesia yang mati, ia bergabung dengan tim TNC Tiger asal Malaysia pada tahun yang sama, namun sangat disayangkan di tim barunya itu xepher sering menemui kendala hingga akhirnya ia memutuskanuntuk pindah ke tim geek fam asal Malaysia pada 2019, ditim geek fam ia cukup bermain dengan baik dan memenangkan beberapa tournament internasional, sehingga ia di rekrut oleh tim korea yaitu T1 Bersama Whitemon yang sama sama berasal dari Indonesia. Di tim T1 ia berhasil menembus the international pada tahun 2021 yang lalu dan dengan hal itu ia dan whitemon merupakan salah dua orang pertama asal Indonesia yang berhasil menembus tournament tertinggi dota 2 yaitu The international dan di tournament itu pun tim T1 berhasil menjadi juara ke 7-8 dan membawa pulang uang sebesar 1 juta dollar amerika. Oleh sebab itulah xepher sangat dikagumi oleh pencinta dota 2 indonesia.

  1. Muhammad “Lemon” Ikhsan

Lemon merupakan pemain esports asal Indonesia yang bermain game mobile legends sejak awal game tersebut release yaitu pada tahun 2016 akhir. Ia memulai karier profesionalnnya pada tahun 2017 bersama tim RRQ. Pada saat awal bergabung ia langsung memenangkan banyak tournament Bersama tim RRQ, Lemon sendiri memiliki jenjang karier yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan professional player sebelumnya, karena ia sejak awal masuk ke dunia esports sampai saat ini ia tidak pernah berpindah pindah tim sama sekali dan Bersama RRQ pun ia masih ssangat berprestasi hingga saat ini, hal tersebut terlihat dari banyaknya trofi MPL yang dimenangkan oleh lemon, karena dari 10 season mpl yang telah berlangsung RRQ lemon telah berhasil memenangkan 4 kali MPL yang menjadikannya ia pemegang title juara MPL terbanyak di Indonesia Bersama dengan LJ.

Ia juga sangat disrespect oleh seluruh pemain mobile legends di seluruh Indonesia bahkan dunia, karena walaupun sudah banyak memenagi tournament ia tetap rendah diri dan tidak sombong seperti pemain lainnya.

  1. Muhamad “Ryzen” Albi

Ryzen merupakan salah satu professional player dari tim bigetron esport yang berkecimpung di game PUBG Mobile, sama dengan RRQ Lemon ia juga sejak awal kariernya hingga saat ini tidak pernah berpindah pindah tim. Bersama tim bigetron esport ia telah berhasil memenangkan banyak kejuaraan dan yang paling tinggi pencapaiannnya ialah pada saat ia Bersama bigetron esports berhasil menjadi juara 1 di PMCO Global yang berlangsung di Malaysia pada tahun 2019, selain menjadi pemain dari bigetron esport, pada awal tahun 2022 yang lalu ia juga mewakili Indonesia pada cabang esport PUBG Mobile di Sea Games 2021 Vietnam dan di ajang itu juga ia Bersama 2 pemain bigetron esports lainnya yaitu Genfos dan Luxxy dan 1 pemain NFT esports yaitu Svafvel, mereka ber 4 berhasil menjadi yang terbaik yang membawa pulang medali emas bagi Indonesia di ajang tersebut.

Oleh sebab itulah Ryzen sangat disenangi oleh para fans dari PUBG Mobile maupun Bigetron Esports ditambah lagi dengan parasnya yang tampan menurut para kaum hawa membuat Ryzen banyak menginspirasi banyak orang.

  1. Jason “Forsaken” Susanto

Forsaken merupakan professional player dari game Valorant, ia bermain game Valorant sejak tahun 2020 berbeda dari player player sebelumnya yang hanya bermain 1 game saja, forsaken ini sebelum menjadi pro player valorant ia juga menjadi pro player di game CS GO tetapi Namanya baru bersinar pada saat bermain valorant. Di game valorant ia bergabung kedalam Tim asal singapura yaitu Paper rex, ia Bersama mindfreak yang sama sama berasal dari Indonesia berhasil mendominasi scene kompetitif di region mereka yaitu MY/SG dan juga region APAC, bahkan saat VCT Masters Copenhagen yang berlangsung pada bulan juli 2022 yang lalu Tim Paper rex berhasil menjadi runner up pada tournament tersebut, yang dimana hal tersebut sangat mengejutkan banyak orang baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, karena sebelumnya region APAC sangat di rendahkan si scene kompetitif global terutama di bidang FPS.

Ditambah lagi forsaken di tournament tersebut berhasil mendapatkan ACE pertama melawan tim optic gaming saat adanya penonton langsung menonton di venue tempat tournament, yang dimana tim optic gaming merupakan salah satu unggulan untuk menjadi juara pada saat vct masters Copenhagen, terlebih lagi Optic gaming pada saat itu merupakan juara bertahan di tournament sebelumnya.

Hal itulah yang membuat Forsaken menjadi idola bagi seluruh player valorant yang ada di Indonesia maupun di dunia, ditambah ia juga melakukan livestreaming di platform twitch sehingga menambah popularitas dari forsaken itu sendiri.

5 orang tadi merupakan orang Indonesia terkenal dan yang paling berprestasi di bidang esports nasional dan juga internasional, dan harapan saya setelah membuat tulisan ini ialah agar masyarakat Indonesia dapat terinspirasi untuk menjadi proplayer dan menghasilkan uang yang banyak dari dunia esports.