Zaman sekarang ini, hampir seluruh warga dunia mengenal girl group Korea Selatan yang satu ini. Yup, girl group tersebut bernama BlackPink. BlackPink kini telah dikenal hampir oleh seluruh warga di penjuru dunia, bahkan orang yang belum mengenal Kpop pun tahu siapa itu BlackPink. Namun, jika Anda merupakan salah satu orang yang belum mengenal BlackPink dan ingin tahu perjalanan karir BlackPink yang membuat girl group tersebut kini kian mendunia, berikut ini jabaran informasi yang dapat menjawab rasa penasaran Anda.

 

BlackPink merupakan girl group Korea Selatan yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosè, dan Lisa. Girl group yang kini telah berusia enam tahun tersebut berada di bawah naungan YG Entertainment dan telah berhasil mendapatkan banyak penghargaan serta nominasi sejak debutnya.

 

Debut BlackPink:

Sebelum debut, BlackPink memiliki nama Pink Punk yang beranggotaan sembilan orang, yaitu Jennie, Eunbi, Euna, Jisoo, Hanna, Miyeon, Lisa, Rosé, dan Jinny. Namun, debut Pink Punk tertunda karena beberapa anggota sedang menghadapi masalah pribadi. Setiap peserta akhirnya mulai pindah ke proyek pelatihan lain atau meninggalkan YG. Akibatnya, hanya Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa yang tetap berada di proyek Pink Punk, dan pada 8 Agustus 2016, mereka melakukan debut resmi sebagai BlackPink. Pada 8 Agustus 2016, BlackPink debut dengan single Square One. Whistle, lagu yang diproduksi oleh Teddy Park dan Future Bounce, menjadi lagu yang melambungkan karir mereka sebagai musisi. Setelah lagu Whistle, BlackPink membuat comeback dengan Boombayah, entri debut mereka di tangga lagu Billboard World Digital Songs. Video musik perdana lagu tersebut juga memecahkan rekor penayangan terbanyak.

 

Pemuncak tangga lagu Billboard Hot 100:

Artis K-pop wanita dengan peringkat tertinggi di Billboard Hot 100 adalah BlackPink. Di Billboard 200, single ini berada di peringkat 40 dan berada di nomor 55. Selain itu, BlackPink adalah artis K-pop wanita pertama dan satu-satunya yang masuk dan memegang posisi #1 di chart Emerging Artist Billboard. Mereka juga memiliki empat lagu yang pertama kali muncul di tangga lagu Billboard World Digital Song Sales.

 

Popularitas Lagu ‘Ddu-Du Ddu-Du’:

Perilisan lagu “Ddu-Du Ddu-Du” bertepatan pada tanggal 15 Juni 2018. Lagu bergenre K-pop dan J-pop ini telah membuat BlackPink menuai banyak kesuksesan. Menurut Statistik Musik Nielsen, lagu ini mendapat 12,4 juta permintaan di stasiun radio Amerika selama minggu pertama peluncurannya. Ddu-Du Ddu-Du berhasil melampaui rekor Wonder Girls pada tahun 2009 yang menduduki peringkat ke-76 di chart, dengan masuk Billboard Hot 100 di posisi 55. Lagu ini berhasil memenangkan trofi Choice Song: Group di Teen Choice Awards dan dengan cepat menjadi video musik yang paling banyak ditonton di YouTube dalam 24 jam pertama peluncurannya.

 

Pencapaian BlackPink di Platform Internasional:

Pada tahun 2019, BlackPink berhasil masuk menjadi nominasi kategori Favorite Global Music Star. Setahun sebelumnya, group yang beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosè, dan Lisa ini berhasil masuk tiga nominasi di ajang penghargaan terbesar di Brazil yaitu BreakTudo Awards. Namun, mereka baru berhasil memenangkan piala dari ajang ini setahun setelahnya. Beberapa kategori yang dimenangkan adalah Boom Video of The Year, Collaboration of The Year, International Music Video of the Year dan K-Pop Female Group. BlackPink kembali meraih kemenangannya di E! People’s Choice Awards dengan memegang tiga kategori. Kemenangannya di iHeartRadio Music Awards, acara penghargaan musik paling bergengsi di Hollywood, semakin membuktikan status mereka sebagai grup idola. Group beranggotaan empat orang ini juga berhasil meraih penghargaan untuk lagu How You Like That dalam kategori Song of Summer. Pada MTV Millenial Awards Brazil, lagu Sour Candy yang berduet dengan Lady Gaga juga terpilih sebagai pemenang untuk kategori International Collaboration. Ketika BlackPink memenangkan kategori Group of The Year di Variety’s Hitmakers Studio pada tahun 2020, mereka mampu bersaing dengan artis internasional terkenal lainnya di sana.

 

Anggota BlackPink Menguasai Media Sosial:

Saluran YouTube resmi BlackPink memiliki 63,8 juta subscriber per 8 Agustus 2021. Jika dibandingkan dengan girl grup K-Pop lainnya, jumlah ini adalah yang terbesar. Bahkan, BlackPink juga memiliki subscriber Youtube lebih banyak dibandingkan boy band BTS. Selain itu, jika dibandingkan dengan member girl/boy group lain, member BlackPink memiliki pengikut tertinggi di Instagram. Bahkan maknae grup Lalisa Manoban atau Lisa yang memiliki total 84,6 juta pengikut Instagram ini berhasil melampaui followers BTS. Dengan 71,9 juta pengikut, Jennie berada di posisi kedua, diikuti oleh Jisoo dan Rosè, yang masing-masing memiliki total 66,1 juta dan 64,7 juta pengikut Instagram. Karena kesuksesannya di media sosial, BlackPink dapat membuat Rekor Dunia Guinness baru pada 30 Juni 2020, dengan menerima lima hadiah secara bersamaan. Tak hanya itu, Rosè sebelumnya berhasil memecahkan dua Guinness World Records. Salah satu rekor tersebut adalah video musik K-Pop solo yang paling banyak ditonton di YouTube dalam kurun waktu 24 jam.

 

Referensi:

Agn. (n.d.). Awal perjalanan Karier Blackpink Hingga Puncak Kesuksesan – Halaman 6. korea. Retrieved November 28, 2022, from https://www.insertlive.com/korea/20190118163545-191-2983/awal-perjalanan-karier-blackpink-hingga-puncak-kesuksesan/6

Nurfadiyah, E. (2021, August 8). 5 Tahun Perjalanan BLACKPINK Bermusik, Dari Debut Hingga Populer. Semua Halaman – bangka.sonora.id. https://bangka.sonora.id/read/502827960/5-tahun-perjalanan-blackpink-bermusik-dari-debut-hingga-populer?page=all