E-Sports merupakan salah satu cabang olahraga gaming yang sudah diakui di Indonesia dan dunia. Sekarang bermain game sudah bukan lagi menjadi kegiatan untuk menghilangkan kebosanan dan sekedar bermain santai melainkan tempat untuk mendapatkan prestasi. Tidak bisa dipungkiri, kehadiran E-Sports saat ini telah mengubah dunia gaming. Meski begitu, E-Sports terus menunjukkan kemajuan dengan semakin banyaknya jenis permainan. Selain itu, jumlah pemain lebih merata dari segi usia, latar belakang individu, dan jenis kelamin. Selain itu, E-Sports dengan segala potensi manfaatnya berhasil mendobrak stigma buruk gaming, khususnya bagi anak-anak. Pasalnya, kini E-Sports telah menjadi tempat mendapat prestasi diluar dari dunia akademis. E-Sports mencakup genre game yang berbeda beda berikut adalah jenis-jenis game yang paling populer di E-Sports Indonesia yaitu MOBA (contoh game : Mobile Legends, Dota 2, dan League of Legends) , FPS (contoh game : CSGO, Valorant, COD), dan Battle Royale ( contoh game : PUBG, Free Fire, Apex Legends)

 

Kebanyakan E-Sports merupakan game berbasis tim. Jika sudah menyangkut hal seperti tim, komunikasi merupakan hal yang wajib dipelajari. Komunikasi dalam game dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai contoh, menggunakan ping, mengetik di kolom chat atau menggunakan fitur voice chat. Komunikasi merupakan salah satu faktor terbesar yang menentukan kemenangan suatu tim. Tidak hanya memberi anda peluang lebih tinggi untuk memenangkan permainan, komunikasi dalam game juga membuat permainan anda jauh lebih mudah daripada bermain tanpa komunikasi apa pun. Bermain berbasis tim berarti bermain dengan lebih dari satu otak dan setiap otak berbeda. Bahkan jika anda bermain dengan teman yang anda kenal, rekan satu tim anda akan memiliki pemikiran dan rencana yang berbeda sepanjang permainan, mulai dari strategi hingga apa yang ingin mereka lakukan segera. Karena bermain sebagai tim anda harus memiliki pemikiran yang saling melengkapi dan menyempurnakan dengan rekan setim anda. Mulai dari kemana harus bergerak, siapa yang harus diincar deluan dan item apa yang harus digunakan.

 

Komunikasi tidak hanya berguna di dalam game, tetapi juga di luarnya. Strategi merupakan faktor penting kemenangan suatu tim. Pembentukan strategi dalam dunia E-Sports dilakukan melalui komunikasi yang terjadi diluar permainan antara player, analyst dan coach. Peran coach sangat besar dalam pembentukan strategi seperti bagaimana cara mengbalas gerakan musuh dan apa yang harus dilakukan ketika musuh melakukan sesuatu. Sedangkan peran pemain adalah mengesekusi permainan dengan strategi yang sudah disiapkan dengan menggunakan komunikasi yang ideal. Komunikasi yang ideal selama permainan dapat meningkatkan rasio kemenangan sebuah tim. Komunikasi yang tidak ideal dalam permainan dapat menyebabkan beberapa kerugian dalam dunia E-Sports seperti hilangnya kepercayaan antar rekan satu tim, terganggunya ritme permainan, tidak terlaksananya serta hilangnya strategi yangtelah disiapkan dan kekalahan. Masalah masalah tersebut dapat mempengaruhi pemain diluar permainan seperti rasa kekeluargaan yang hilang dan timbulnya rasa egois dari masing masing diri pemain.

 

Jadi pada akhirnya, komunikasi adalah salah satu hal terpenting di dalam dan di luar permainan dunia E-Sports. Komunikasi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan merupakan salah satu hal yang harus digali lebih dalam karena banyak manfaatnya. Komunikasi yang efektif atau ideal adalah dambaan setiap tim di dunia E-Sports  karena mempermudah permainan. Jam terbang dan ketenangan mental setiap pemain mempengaruhi persentase kemenangan dalam permainan. Jadi tingkatkanlah skill berkomunikasi anda menjadi lebih efektif dan efisien agar menciptakan peluang yang lebih besar dalam bermain game berbasis tim.

 

Referensi