Perkembangan zaman yang semakin pesat khusus nya dalam teknologi menyebabkan perubahan-perubahan sosial yang terjadi dikalangan masyarakat. Perkembangan media saat ini memberikan berbagai pilihan kepada masyarakat untuk menikmati informasi dengan cara yang beragam. Hal ini pula yang mendorong perkembangan sebuah media baru yang dari tahun ke tahun semakin terasa efeknya. Banyak dari kita yang menggunakan sesuatu tapi belum mengetahui apa maksud dan fungsi nya, contoh nya seperti Media sosial atau yang sering disalah sebutkan menjadi sosial media. Seperti yang diketahui bahwa media sosial berkembang sangat cepat, bahkan Jumlah Pengguna Media Sosial di Dunia mencapai 4,2 Miliar, sedangkan Indonesia sendiri termasuk ke salah satu negara yang paling banyak menggunakan media sosial, menurut data statistik sekitar 170 juta masyarakat Indonesia menggunakan media sosial. Media sosial memiliki banyak sekali fungsi dan dan manfaat, walupun begitu media sosial juga memiliki sisi positif dan negative.

Sebenernya apa sih Media sosial itu? Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berinteraksi satu sama lain. Media sosial memiliki respon secara langsung dengan pengguna, sehingga memudahkan mereka untuk menjangkau promosi tersebut. Media sosial memiliki banyak sekali fungsi dan dan manfaat, salah satunya media sosial Instagram, Facebook, dan Tiktok menjadi alternatif baru dalam melancarkan aksi pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa. Media sosial sendiri kini memiliki fungsi salah satunya sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk oleh para pelaku usaha. Media sosial memiliki respon secara langsung dengan pengguna, sehingga memudahkan mereka untuk menjangkau promosi tersebut. Salah satu kunci sukses bagi pebisnis adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Dengan informasi pendukung yang ada, kini para pelaku usaha bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media. Bahkan media sosial dapat mentukan target kepada siapa mempromosikan suatu produk berdasarkan ketertarikan mereka. Hal tersebut dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat, dan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

Saat ini banyak media sosial yang telah menjadi alternatif baru dalam melancarkan aksi pemasaran pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa, contohnya Facebook yang kini berubah menjadi meta, Instagram, Twitter, Tiktok, Youtube, dan lain-lain. Seperti yang kita ketahui salah satu media sosial yang sangat populer digunakan untuk promosi adalah Instagram, bahkan jumlah pengguna aktif Instagram di seluruh dunia mencapai 1,07 miliar. Instagram merupakan aplikasi photo-sharing yang memiliki kekuatan di bidang visual. Kelebihan Instagram sebagai alat pemasaran adalah Instagram dapat menyampaikan pesan dari suatu brand melalui foto/gambar atau video pada unggahan atau disebut dengan feeds, sedangkan foto atau video berdurasi 15 detik disebut dengan snapgram atau instastory.

Selain Instagram, media sosial yang populer dan digandrungi akhir-akhir ini adalah Tiktok. Total unduhan aplikasi Tiktok pada tahun 2020 sebanyak 63,3 juta kali dan Indonesia menjadi negara yang paling banyak mengunduh aplikasi tersebut sebesar 11% dari total unduhan aplikasi Tiktok. Berdasarkan fakta tersebut, aplikasi Tiktok berpeluang menjadi media promosi yang efektif dalam memasarkan produk, menjadi media promosi yang efektif karena Tiktok memiliki banyak pengguna, mudah digunakan, populer di kalangan milenial, sering digunakan oleh selebriti dan memiliki fitur Tiktok ads yang dapat mengoptimalkan penyebaran konten. Kita harus memiliki konten media sosial yang menarik dan kreatif sehingga memberi penonton alasan untuk mengklik tombol “Ikuti” dan berinteraksi dengan merek yang di promosikan. Dan kita juga harus memiliki keunikan agar berbeda dengan pesaing lainnya.

Begitupun dengan Facebook, applikasi tersebut cukup efektif untuk melakukan promosi karena, termasuk salah satu jejaring paling banyak digunakan, dan sangat popular di dunia. Dengan itu facebook memiliki peluang yang dijanjikan untuk memasarkan sebuah produk. Facebook memiliki efektivitas yang tinggi untuk mempromosikan usaha, kita dapat berkomunikasi dengan calon pembeli sehingga membangun interaksi yang erat dengan pelanggan. Selain itu facebook memiliki banyak fitur yang menarik, dengan informasi pendukung yang ada, kini para pelaku usaha bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media. Bahkan faacebook dapat mentukan target kepada siapa mempromosikan suatu produk berdasarkan ketertarikan mereka.

Dengan begitu pemilihan Instagram, Tiktok, ataupun Facebook sebagai media promosi marketing di media sosial memiliki potensial yang menjanjikan. Alasan tersebut didasari bahwa media sosial memiliki kepraktisan, kelebihan lainnya yaiutu jumlah penggunanya yang sangat banyak dan terus meningkat, sehingga memudahkan tersebarnya pesan. Perkembangan media saat ini memberikan berbagai pilihan kepada masyarakat untuk menikmati informasi dengan cara yang beragam. Hal ini pula yang mendorong perkembangan sebuah media baru yang dari tahun ke tahun semakin terasa efeknya. Fungsi dan peran media sosial instagram ini mengubah cara seseorang berkomunikasi yang semula satu dan dua arah, kini menjadi segala arah.