Komunikasi menjadi unsur yang penting dalam kehidupan kita sebagai manusia karena manusia adalah makhluk sosial. Komunikasi berasal dari bahasa latin yaitu communicatus yang artinya berbagi atau milik bersama. Adapun tujuan komunikasi adalah untuk bertukar pengetahuan atau informasi dengan orang lain. Informasi tersebut diharapkan dapat mempengaruhi pemikiran, sudut pandang, pendapat, dan perilaku sosial. Komunikasi juga bertujuan untukĀ  membawa perubahan positif bagi penerima informasi.

Di dalam ilmu komunikasi, para ahli membagi konsep berkomunikasi menjadi tiga bagian yaitu one way communication, two-way communication, dan komunikasi transaksional. one way communication adalah komunikasi yang dilakukan secara sengaja untuk memberikan rangsangan kepada orang lain untuk membangkitkan respons orang lain. two way communication adalah komunikasi yang terjadi oleh proses sebab akibat yang berlangsung secara bergantian, salah satu unsur dalam konsep ini adalah umpan balik yang terjadi secara disengaja atau tidak disengaja. komunikasi transaksional adalah komunikasi yang tidak hanya mengandung pesan verbal tetapi juga nonverbal yang terjadi secara spontanitas diantara para pelaku komunikasi. Salah satu ahli di bidang ilmu komunikasi, John R Wenburg mendefinisikan komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna.

Untuk menciptakan komunikasi yang efektif maka diperlukan komponen komunikasi. Komponen komunikasi adalah unsur-unsur yang harus ada agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif. Menurut pencetus teori komunikasi Harold Lasswell ada enam komponen komunikasi yaitu komunikator, pesan, saluran, komunikan, umpan balik, dan aturan. Komunikator atau pengirim adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada penerima atau komunikan, pesan adalah isi atau maksud dari pesan tersebut yang akan disampaikan oleh pengirim kepada penerima, saluran adalah media atau wadah terjadinya proses penyampaian pesan kepada penerima atau komunikan, seperti saat berkomunikasi dengan teman melalui digital atau secara online maka medianya adalah platform aplikasi chatting atau pengirim pesan lainnya, komunikan atau penerima adalah pihak yang menerima pesan yang disampaikan oleh pengirim atau komunikator, umpan balik adalah tanggapan yang diberikan oleh penerima atau komunikan terhadap isi pesan yang disampaikan oleh pengirim atau komunikator, aturan adalah kesepakatan yang disepakati oleh para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan secara sadar.

Proses komunikasi dibagi menjadi dua bagian yaitu secara primer dan sekunder. Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pesan kepada penerima dengan menggunakan lambang atau simbol sebagai media, seperti saat kita berkomunikasi dengan teman kita secara tatap muka di warung kopi. Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan kepada penerima dengan menggunakan alat sebagai media untuk menyampaikan pesannya setelah menggunakan lambang atau simbol, seperti ketika kita berkomunikasi dengan teman melalui telpon atau ketika berkomunikasi melalui email.

Fungsi komunikasi dalam berinteraksi sebagai makhluk sosial adalah untuk menyampaikan informasi, untuk mendidik, untuk menghibur, untuk berinteraksi. Komunikasi memungkinkan kita untuk menyampaikan dan menerima informasi, seperti kita dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan berkomunikasi melalui sosial media atau secara online, Manusia dapat mendapatkan pendidikan melalui komunikasi seperti saat kita berkomunikasi dengan guru di sekolah , Komunikasi sebagai sara hiburan bagi manusia seperti saat kita menonton acara hiburan di televisi , dan komunikasi sebagai sarana berinteraksi kepada orang lain, dengan berinteraksi kita dapat memperkuat relasi kita dengan orang lain.

Komunikasi adalah unsur penting dalam kehidupan manusia .Komunikasi bertujuan untuk membuat kehidupan sosialisasi manusia menjadi lebih baik lagi, Komunikasi berfungsi untuk membawa perubahan yang positif melalui informasi yang disampaikan. Dengan mempelajari ilmu komunikasi dengan baik maka akan terjadi komunikasi yang efektif membuat proses interaksi dengan orang lain menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu sebagai mahkluk sosial kita harus mempelajari ilmu komunikasi agar tidak ada kesalahpahaman dari orang lain.

Referensi:

Ivony. (2022, november 27). 35 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli. Retrieved from pakarkomunikasi.com: https://pakarkomunikasi.com/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli

Mulachela, H. (2022, January 12). Komunikasi Adalah: Definisi, Unsur, dan Tujuannya. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/safrezi/berita/61de8d9d4a987/komunikasi-adalah-definisi-unsur-dan-tujuannya

putri, V. k. (2022, March 02). Komunikasi Satu Arah (One-Way Communication): Pengertian dan Contohnya. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/02/090000969/komunikasi-satu-arah-one-way-communication—pengertian-dan-contohnya

utami, S. n. (2021, August 05). Komunikasi: Pengertian Para Ahli, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenisnya. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/05/120000469/komunikasi–pengertian-para-ahli-fungsi-tujuan-dan-jenis-jenisnya?page=all