Perkembangan teknologi saat ini sudah sangat berkembang dan semakin maju, dengan melepaskan diri dari batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat di era globalisasi telah memunculkan sistem  kehidupan yang baru. Dengan perkempangan teknologi, komunikasi kini menjadi lebih modern dimulai dari terciptanya radio, televisi, smartphone, sampai internet. Komunikasi kini tidak ada Batasan untuk mendapatkannya. Komunikasi sebagai salah satu cara untuk berinteraksi antar sesama manusia dalam menyampaikan pesan kepada penerima pesan memiliki banyak cara untuk menyampaikan pesan tersebut. Teknologi yang sudah berkembang ini menjadi canggih dan modern sehingga membuat orang dalam menyampaikan pesannya dapat secara dekat bahkan seberapa jauh  diberbeda negara kita tetap dapat berkomunikasi.

Di era globalisasi ini sangat berpengaruh terhadap komunikasi, hal ini lah menyebabkan pengalaman era globalisasi diamana tidak ada Batasan lagi bagi suatu budaya untuk menebus informasi yang sampai kepenerima pesan. Komunikasi di era globalisasi tidak selalu negative tetapi banyak dampak positif yang dapat diambil manusia dari perkembangannya globalisasi ini dalam berkomunikasi. Komunikasi di era globalisasi ini tentunya banyak manfaat yang dapat diambil salah satunya dengan bertukar pesan dapat lebih mudah dan waktu yang sangat cepat kepada semua orang yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini.

Diera globalisasi ini tentu saja banyak mempengaruhi komunikasi dalam berbagai aspek yang dapat sangat membantu dalam hal positif sebagai berikut :

  • Membantu seperti mengurangi hambatan budaya

Di era globalisasi ini dalam berkomunikasi mengurangi hambatan budya menjadi tantangan dalam berkomunikasi seperti dua orang yang berkomunikasi dalam bertukar pemahaman dan informasi, bagaimana mereka berbicara,sikap dan prilaku yang mereka berikan semua itu dapat ditanggapi secara berbeda oleh orang yang budayanya berbeda. Sebagai contoh budaya orang Indonesia dapat dengan mudah memahami dan melihat budaya orang jepang bagaimana kehidupan budaya orang jepang, sehingga kita bisa banyak mengambil pelajaran yang baik dari budaya orang dari negara lain.

  • Meningkatkan kesempatan dalam bisnis,

dengan adanya era globalisasi ini membuat hubungan dengan pelanggan yang berada jauh dengan kita baik luar kota maupun diseluruh dunia sekaligus meningkatkan pemasaran dengan menggunakan teknologi yang sudah berkembang ini. Pemanfaatan teknologi seperti smartphone juga bisa digunakan untuk menghubungi rekan kerja yang berada diluar kota sehingga membuat peluang semakin bertambah banyak.

  • Peningkatan dalam Pendidikan budaya. Dalam Pendidikan pengajaran menggunakan teknologi yang sudah berkembang dapat meningkatkan wawasan anak-anak dalam memahami dan mengenali budaya yang berbeda. Sebagai contoh pemanfaatan perkembangan globalisasi yang menggunakan program internasional dengan para pakar budaya dan politik memberikan wawasan tentang perbedaan dari tradisi maupun budaya yang berbeda.

Pemanfaatan era globalisasi terhadap pengaruh komunikasi juga memberikan dampak positif dalam diri sendiri juga. Dimulai dari yang pertama meningkatkan kreativitas, dengan terciptanya teknologi yang sudah berkembang orang orang yang memanfaatkan perkembangan teknologi ini akan lebih mempunyai inovasi yang membuat orang-orang semakin kreatif. Itu menjadikan komunikasi yang dilakukan manusia lebih dinamis. Yang kedua mengekspresikan diri, orang-orang yang memanfaatkan teknologi dalam berkomunikasi cenderung lebih mudah dalam mengekspresikan diri. Orang-orang dengan mudah mengekspresikan diri lewat sosial media dengan memberikan pengalaman tentang dirinya. Ketiga menjalin kerja sama, Tidak dipungkiri menjalin kerjasama di era globalisasi tidaklah sulit, kita dapat dengan mudah bekerjasama dengan perkembangan teknologi saat ini. Dengan perkembangan teknologi komunikasi memudahkan saling bertukar pemahaman dan pendapat sehingga menjalin kerja sama.

Komunikasi di era globalisasi ini pada dasarnya menjadikan manusia memanfaatkan teknologi yang telah berkembang dengan sebaik baik nya, namun itu bukan berarti dampak negatif tidak ada. Seperti, kejahatan siber yang meretas data pribadi maupun orang lain bahkan sampai diperjual belikan, bahkan bisa terjadi budaya lokal yang luntur, banyak juga anak dibawah umur menyalahgunakan teknologi. Perkembangan komunikasi pun menjadikan manusia berkomunikasi secara online seperti facebook, twitter,Instagram, zoom dan lainnya. Timbulnya presepsi yang disebabkan dalam perkembangan komunikasi ini membuat orang berlomba-lomba dalam memanfaatkan perkembangan di era globalisasi. pada hakikatnya, sebuah media memiliki kemampuan untuk menanamkan nilai bagi penggunanya. Melalui media baru digunakan sebagai alat untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap suatu budaya atau nilai-nilai oleh masyarakat di luar negara tersebut. Dengan perkembangan komunikasi ini membuat pandangan seseorang menjadi luas agar memilah manfaat yang baik dan yang buruk agar orang-orang tidak dimanfaatkan oleh perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini.

Referensi :

Kurniawan, A. (2021c, August 12). Dampak Globalisasi Bidang Komunikasi dalam Kehidupan, Mudahkan Akses Antar Negara. merdeka.com.

Nasir, M. (2018, December 25). Peran Komunikasi di Era Globalisasi – Kompasiana.com. KOMPASIANA

Salsabila, A. F. (2022b, October 21). 8 Dampak Globalisasi di Bidang Komunikasi, Kehidupan Bermasyarakat Jadi Tak Ada Batasan.

Amalia Zul Hilmi, S.Sos., M.I.K. (2021, September 13). Kedaulatan Komunikasi: Jembatan Budaya Lokal di Era Globalissi – Unifers.unifa