Kita semua tentu melakukan komunikasi, dari yang muda hingga tua, karena komunikasi adalah hal yang mendasar, yang kita lakukan setiap hari untuk kebutuhan kita.karena dengan kita berkomunikasi kita bertukar pesan dan informasi. Komunikasi sudah melewati banyak era dan keragaman, dari era surat menyurat hingga digital, komunikasi digital bisa panggilan video, surat elektrnik dan masih banyak lagi.

Tercatat di data digital report bahwa sudah lebih dari 5 miliar orang menggunakan telepon genggam, 4.9 milir orang menggunakan internet dan 4.6 miliar orang menggunakan sosial media, itu sudah membuktikan bahwa digital sudah mendunia.

Dengan adanya era digital, membuka ruang komunikasi menjadi sangat mudah dan luas untuk dilakukan. Apalagi dengan adanya pandemi kita tidak bisa saling berkomunikasi, misalnya tatap muka, komunikasi langsung, sosialisasi, yang cukup terpengaruh oleh pandemi virus corona. Pesatnya perkembangan era digital juga didukung dengan munculnya pandemi. dan seiring berkembangnya komunikasi dan teknologi yang digunakan dapat memudahkan komunikasi interpersonal yang dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Tentunya era digital ini mempunya pengaruh baik dan buruk. Salah satu pengaruh buruknya adalah sekarang jika semua bergantung dengan teknologi maka komunikasi secara langsung yaitu verbal berkurang. Koneksi untuk bersosialisasi secara langsung berkurang, Terbukti dengan adanya telpon genggam Ketika acara penting, orang bisa mengalihkan ketidaknyamanan mereka dalam suatu acara dengan bermain dengan telepon genggam mereka.

Meski Dengan adanya digital komunikasi kita bisa berhubungan dengan teman, keluarga, pasangan yang tinggal jauh dengan kita menjadi mudah. Dan era digital ini juga membuka peluang bagi orang yang mencari pekerjaan.seperti orang yang menjual cerita secara online, seperti wattpad, shopee, carousel.  namun pro dan kontra ini tidak menghapus bahwa terlalu bergantung dengan komunikasi digital tidak baik, karena manusia ditakdirkan dengan ekspresi dan gestur tubuh dan tentu hal itu sulit untuk dilakukan, meski kita bisa menunjukannya lewat panggilan video, namun hal itu tidak menutupi untuk terjadinya kesalahpahaman.

Namun ada satu hal yang tidak dibicarakan banyak orang. Komunikasi digital membantu kita berkomunikasi dengan diri sendiri, dengan adanya digital membantu kita mencari tahu informasi terkini, tempat terkini, bahkan informasi mengenai rumah sakit pun sudah bisa diakses dari telepon genggam, sehingga membantu Ketika kita kesulitan mencari sesuatu.

Yang kita harus lakukan adalah memanfaatkan era digital ini sebaik mungkin. Karena era digital ini juga bisa mempengaruhi cara kita beretika, seperti dengan tren yang ada sangat mempengaruhi cara kita bersosialisasi, cara kita berpakaian, berbicara.  Digital juga mempengaruhi gaya hidup, contoh nya media sosial, yang sudah menjadi tempat kita mencari uang, menaruh kreativitas, hingga cara kita memandang diri sendiri. Dan dengan adanya digital kita bisa mengakses ke budaya orang asing menjadi mudah, seperti halnya nonton di aplikasi youtube mengenai cara adat lain beribadah. Maka dari itu kita harus pintar dalam komunikasi dan mengambil keputusan. Karena Sebagian besar aktivitas kita berkaitan dengan komunikasi dan di era digital saat ini telah membawa banyak perubahan yang mempengaruhi berbagai bidang pendidikan, ekonomi, komunikasi dan budaya. Jika kita tidak dapat beradaptasi dengan lingkungan komunikasi  era digital maka kita akan tertinggal, dan komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan, karena manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup dan berkembang tanpa komunikasi, baik  verbal maupun non verbal.

Referensi :

Simon Kemp. (2022). Digital 2022: Global overview report. Datareportal.

Ilmi Hidayati, M.S.I. (2022). Komunikasi di Era Digital. Academia.edu.

Topan setiawan. (2019). Komunikasi Krisis di Era Digital. Academia.edu.