Tidak seperti pelayanan restoran pada umumnya, Karen’s Diner memiliki konsep yang tidak biasa yaitu pelayanan makanan yang buruk. Saat ini gerai makanan yang berasal dari Australia ramai diperbincangkan oleh netizen karena akan membuka cabangnya di Jakarta. Karen’s Diner merupakan restoran cepat saji yang berbasis di Australia dengan bergaya Amerika Serikat di era tahun 1950-an. Sesuai dengan motonya “Good burgers & Very rude service”, Karen’s Diner menyajikan makanan cepat saji dengan pelayanan yang buruk dan kasar. Konsep utama dari restoran ini adalah untuk membuat pengunjungnya merasa kesal. Tidak kaget jika para pelayannya tidak segan-segan untuk melontarkan kata-kata kasar kepada pelanggannya. Namun, Karen’s Diner memiliki aturan yang ketat seperti dilarang memberikan hinaan fisik, suku, agama, ras, orang berkebutuhan kusus dan menyinggung seksualitas.

Asal muasal Karen’s Diner terinspirasi dari kata gaul yang bermakna negative, yaitu “Karen”. “Karen” biasanya merujuk kepada pelanggan dengan sifat yang menyebalkan dan suka memprotes. Sejak terkenal di Tiktok, Karen’s Diner mulai mengembangkan bisnisnya ke berbagai kota hingga negara. Karen’s Diner sudah membuka banyak cabang di seluruh dunia seperti di Australia, Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan sudah mulai memasuki pasar Asia, salah satunya Indonesia. Cuplikan video yang sering dibagikan di media sosial sering menunjukkan pelayannya melemparkan menu atau memaki kepada pengunjung yang makan disana. Atau ketika pengunjung meminta berfoto dengan pelayannya, pelayan malah menunjukkan wajah yang judes dan menyebalkan. Beragam pengalaman yang dirasakan pengunjung dalam mendapatkan pelayanan buruk juga ditunjukkan ketika pengunjung disuruh untuk mengambil peralatan makanan sendiri dan dimaki karena berpikir lama saat memesan makanan. Hal ini membuat Karen’s Diner terkenal dengan pelayannya yang tidak tahu sopan santun. Namun, hal inilah yang menjadi daya Tarik bagi masyarakat untuk mengunjungi tempat tersebut.

Karen’s Diner tidak jauh berbeda dengan restoran cepat saji pada umumnya. Mereka menghidangkan menu khas Amerika seperti burger, French fries, dan chicken wings. Dengan konsep yang dianggap ‘nyeleneh’, menu-menu makanan di Karen’s Diner juga ternyata memiliki nama yang unik. Contohnya seperti “I Wants To See Your Manager” Karen’, ‘Karen’s Got Real Beef’, ‘The Fiery Karen’, ‘The Music Is Too Loud’, dan ‘I’ve Been Waiting 10 Minutes For Some Service’. Selain makanan cepat saji, restoran Karen’s Diner juga menyediakan menu untuk vegetarian dengan makanan yang berbahan dasar sayuran.

Sejak Karen’s Diner mengunggah cuitan tentang pertimbangan untuk membuka cabang di Indonesia, hal ini cukup menggemparkan netizen di media sosial dan menuai banyak pro dan kontra. Ada yang bilang akan cukup menyenangkan jika Karen’s Diner membuka cabang di Indonesia, ada juga yang bilang bahwa Karen’s Diner tidak cocok dan dapat berpotensi bangkrut jika sampai buka di Indonesia. Kira-kira bagaimana nasib kelangsungan bisnis Karen’s Diner jika sampai buka di Indonesia, Ya.

Jika dilihat dari respon netizen di media sosial, masyarakat cukup menunjukkan reaksi yang antusias terhadap pembukaan cabang Karen’s Diner di Indonesia. Hingga saat ini sudah banyak video parodi yang berandai-andai jika Karen’s Diner sudah buka di Indonesia. Tapi apakah restoran Karen’s Diner akan bertahan lama di Indonesia?

Kalau berdasarkan prediksi, mungkin Karen’s Diner hanya akan ramai di bulan pertama mereka buka. Apalagi Karen’s Diner sudah cukup terkenal di media sosial mengenai pelayanannya yang buruk. Akan banyak orang yang datang yang hanya sekedar penasaran atau ingin mencoba. Terlebih lagi, Karen’s Diner menyajikan menu-menu yang dinilai cukup biasa ditemukan di restoran cepat saji lainnya. Mereka berfokus pada penyajian hidangan burger yang sebenarnya sudah bisa ditemukan di restoran burger lainnya dengan rasa yang enak. Jika memang ternyata menu yang disajikan enak, mungkin restoran ini akan tetap berjalan tetapi tidak seheboh saat pertama kali buka.

Dengan konsep pelayanan yang buruk. Dirasa masih banyak pelanggan yang akan merasa kesal dan mudah tersinggung walaupun memang itu konsep utama dari Karen’s Diner.  Di Indonesia, budaya pembeli adalah raja sudah melekat di masyarakat sehingga mereka lebih ingin diistimewakan dan diberikan pelayanan terbaik. Terlebih lagi literasi masyarakat Indonesia yang rendah akan menyebabkan orang yang hanya mengikuti tren merasa kaget. Pastinya akan membuat pelanggan merasa mendapatkan pengalaman tidak mengenakan. Dan hal ini hanya akan menjadikan Karen’s Diner sebagai tren sesaat.

Pada awal pembukaan cabang Karen’s Diner di Indonesia juga mungkin hanya akan dijadikan konten oleh publik figure ataupun selebritas agar merasa kekinian. Hal ini tidak akan berdampak pada keberlangsungan bisnis Karen’s Diner dalam jangka waktu yang lama. Kemungkinan Karen’s Diner perlu untuk merombak ulang konsep yang dijual agar dapat menarik pelanggan yang ada di Indonesia.

Referensi:

CNN Indonesia. (2022). Fakta-Fakta Karen’s diner Yang Bakal Buka di Jakarta, Tahan Emosi Anda. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221114155909-262-873562/fakta-fakta-karens-diner-yang-bakal-buka-di-jakarta-tahan-emosi-anda

Link UMKM. (2022). Apa Itu Karens Diner? Resto Viral Pelayan Jutek dan Marah-Marah Segera Buka di Indonesia. linkumkm.id. https://linkumkm.id/news/detail/12695/apa-itu-karens-diner-resto-viral-pelayan-jutek-dan-marah-marah-segera-buka-di-indonesia

Nisa, F. W. (2022). 7 Fakta Unik Karen’s Diner yang Buka di Jakarta dan Perlu Kamu Tahu. IDN Times. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fina-wahibatun-nisa-1/fakta-unik-restoran-karens-diner?page=all

Pratiwi, I. E. (2022). Ramai Soal Restoran Karen’s Diner Bakal Buka di Jakarta, Apa Keunikannya? . KOMPAS.com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/11/14/130000665/ramai-soal-restoran-karen-s-diner-bakal-buka-di-jakarta-apa-keunikannya-?page=all

Syaifulloh, M. (2022). Karen’s Diner Akan buka di Jakarta, Mengapa Restoran itu Dianggap Nyeleneh? Tempo. https://travel.tempo.co/read/1657181/karens-diner-akan-buka-di-jakarta-mengapa-restoran-itu-dianggap-nyeleneh