Menjadi mahasiswa adalah impian saya sejak lama karena saya ingin secepatnya keluar dari rumah dan pindah ke kota lain. Namun, setelah saya menjadi mahasiswa, saya baru menyadari bahwa menjadi mahasiswa tidak semenyenangkan yang saya bayangkan.

Ternyata menjadi mahasiswa banyak tantangan yang harus saya hadapi. Pertama, karena saya jauh dari rumah, otomatis saya “terpaksa” belajar untuk mandiri. Mengerjakan semua pekerjaaan rumah sendiri, mengatur jadwal sendiri. Kedua, karena jauh dari keluarga, kadang saya menghawatirkan hal buruk terjadi kepada keluarga saya, hal ini kadang membuat saya overthinking. Saya tidak ingin keluarga saya mengalami hal yang kurang baik. Ketiga karena sendiri jauh dari keluarga, maka pada saat sakit saya juga harus mengurus diri saya sendiri, tidak ada keluarga yang merawat saya dan membawa saya berobat. Mau tidak mau, saya harus bisa menguatkan diri sendiri. Bagian keempat adalah bagian yang menurut saya paling sulit. Saya harus bisa mengatur keuangan sendiri, kadang ada hal yang tidak terduga yang membuat saya harus memikirkan berbagai cara agar uang saya bisa cukup untuk satu bulan.

Namun, walaupun banyak tantangannya, saya sangat senang menjadi seorang mahasiswa. Saya melihat ketika banyak tantangan artinya saya belajar banyak hal baru. Jalan masih panjang, saat ini saya masih berada di semester awal, saya berharap hidup akan lebih mudah dan menyenangkan di semester-semester berikutnya.