Politik merupakan sebuah suatu cara yang dilakukan untuk menempuh perwujudan usaha demi kebaikan bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Politik juga diterapkan di Indonesia dengan sistem politik demokrasi. Implementasi politik ini dapat dilihat pada proses  pemilihan umum yang dilakukan sebagai bentuk sarana dalam mencapai kedaulatan rakyat, dimana pada tahapan awal, kandidat politikus akan melakukan kampanye kepada para pemilihnya (Alfiyani, 2018). Kampanye ini adalah salah satu usaha untuk mengkomunikasikan program kerja yang dimiliki oleh politisi. Komunikasi merupakan suatu proses yang dilakukan dengan pemindahan informasi atau pesan dari pemberi kepada penerima. Komunikasi ini memiliki banyak fungsi dan manfaat sesuai dengan kebutuhan dari yang melakukan penerapanya.

Kampanye politik dilakukan untuk mendorong pemilih mendukung calon yang maju dalam pemilihan umum. Dalam melaksanakan kampanye politik, memerlukan cara strategis yang tepat agar pesannya dapat tersampaikan dengan baik. Dalam konteks ini peran komunikasi yang optimal sangatlah penting agar  berhasil mencapai target yang ditetapkan.

Strategi komunikasi dalam politik merupakan suatu keseluruhan keputusan sekaligus tindakan yang kondisional karena telah ada perencanaan sebelumnya untuk melakukan pencapaian tujuan sesuai dengan harapan. Peran komunikasi untuk mendukung kesuksesan kampanye dilakukan dengan strategi komunikasi politik yang  meliputi beberapa unsur yakni ketokohan dan kelembagaan, kebersamaan, serta membangun konsensus pada saat kampanye berlangsung (Rani, 2019).

Peran komunikasi secara optimal juga dapat dicapai dengan melakukan pemanfaatan terhadap platform media sosial sebagai salah satu kekuatan untuk melakukan penyebaran informasi yang lebih luas. Pemilihan media sosial sebagai salah satu peran komunikasi untuk mendukung kesuksesan kampanye dapat dilakukan dengan melakukan perluasan gambar pasangan calon yang ada beserta visi misi serta program kerja yang akan dilaksanakan sekaligus dapat berisikan video ataupun kegiatan yang dilakukan oleh calon untuk diketahui masyarakat dan dapat menarik simpati dari masyarakat. Melakukan kampanye politik dengan memanfaatkan media sosial merupakan peran penting komunikasi politik karena dengan media sosial akan mampu melakukan peningkatan terhadap efektivitas dan efisiensi kampanye politik karena dapat mendukung adanya pelaksanaan kampanye secara offline maupun online. Media sosial juga mampu menjadi jembatan untuk mendekatkan hubungan antara politisi dan pemilihnya sehingga komunikasi yang terjalin akan lebih mudah. Media sosial juga mampu menjadi media dalam komunikasi politik dengan audiens yang lebih luas (Muzahid Akbar Hayat et al., 2021).

Dari penjelasan di atas dapat dilihat bahwa peran komunikasi sangat penting dalam kesuksesan sebuah kampanye politik. Strategi komunikasi politik ini dapat dilakukan dengan berbagai cara yang masih relevan dengan meliputi unsur ketokohan dan kelembagaan, kebersamaan dan membangun konsensus. Peran komunikasi dalam kesuksesan kampanye politik juga dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu kekuatan dalam penyebaran informasi yang meluas sekaligus memiliki manfaat untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi kampanye politik, mendekatkan politisi dengan pemilihnya, sekaligus dapat menjadi alternatif mediasi dalam komunikasi politik dengan audiens yang jauh lebih luas.

Daftar Pustaka:

Alfiyani, N. (2018). Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22(1), 57–69. https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762

Muzahid Akbar Hayat, Sjaiful Jayadiningrat, Gunawan Wibisono, & Muhammad Iwu Iyansyah. (2021). Peran Media Sosial Dalam Komunikasi Politik. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(1), 104–114. https://doi.org/10.36418/jist.v2i1.61

Rani, S. (2019). Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pilkada Di Indonesia. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 112. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2376

Fatimah, S. (2018, June 1). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. https://media.neliti.com/media/publications/240587-kampanye-sebagai-komunikasi-politik-fd6de7d9.pdf.