Apa itu komunikasi? Komunikasi diartikan secara umum berasal dari bahasa latin “communicare” yang artinya menyampaikan, jadi arti dari komunikasi sendiri adalah proses penyampaian suatu kata atau makna dari satu sumber ke individu lainnya ataupun ke kelompok-kelompok yang biasanya sering menggunakan simbol, tanda, dan aturan semiotika yang dapat dipahami bersama. Komunikasi juga bisa dilakukan dengan dua cara yaitu, yang pertama komunikasi secara langsung atau biasa disebut dengan komunikasi verbal yang dilakukan dengan cara berbicara dengan lawan bicara secara jelas sehingga kita maupun lawan bicara kita dapat mengerti satu sama lain, yang kedua ada komunikasi secara tidak langsung atau biasa disebut komunikasi nonverbal yang dilakukan dengan cara menggunakan alat atau bahasa tubuh dalam berkomunikasi, tetapi dalam komunikasi ini rawan terjadinya kesalah pahaman dengan sesama, maka jika berkomunikasi secara nonverbal pastikan semuanya sudah jelas.

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman suku, budaya, adat istiadat, agama, dan masih banyak lagi keberagaman lainnya. Kita sebagai warga negaranya harus menjaga kekayaan atau warisan nenek moyang tersebut, kita harus dapat hidup berdampingan di tengah keberagaman dan banyaknya perbedaan ini, kita harus saling support dan saling membantu satu sama lain. Dengan komunikasi kita dapat membangun relasi atau hubungan yang baik antar sesama warga negara, kita juga harus sering berkomunikasi dengan sesama agar memperkecil kemungkinan terjadinya konflik diantara perbedaan-perbedaan tersebut karena jika ada sedikit miss komunikasi itu akan dapat berakibat fatal dan dapat merugikan banyak orang yang ada di sekitar dan juga bisa merembet kemana-mana. Sebagai warga negara yang beradab kita harus menjunjung tinggi toleransi dan saling menghargai sesama agar dapat tercipta bangsa yang rukun dan tentram.

Selain itu komunikasi juga sangat penting untuk dikalangan semua umur, karena anak-anak saat ini hanya sedikit yang masih berkomunikasi dengan orang tua nya sendiri karena adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat jadi mereka sering mengabaikan orang tua jika sedang berbicara, dan juga sebagai orang tua harus mendidik anak untuk berkomunikasi secara intens dengan mereka karena komunikasi adalah kunci dari setiap masalah yang ada, tanpa komunikasi masalah tidak akan selesai, saat ini masih banyak anak-anak yang kurang menghargai sesama yang berbeeda keyakinan, agama, atau ras sekalipun, mereka saling mengejek satu sama lain dan denghan hal sepele seperti itu saja dapat menimbulkan konflik yang serius dan bisa menyebabkan perpecahan terhadap bangsa kita. Peran bahasa juga sangat lah penting untuk saat ini dalam berkomunikasi karena dengan bahasa kita dapat menilai seseorang tersebut apakah berpendidikan atau tidak, tetapi dengan menggunakan bahasa kebangsaan kita dengan benar dan sesuai itu dapat meminimalisir terjadinya konflik antar budaya, karena dnegan menggunakan bahasa bangsa kita sendiri kita dapat mengetahui dengan jelas mana yang benar dan mana yang tidak benar.

Jadi, agar tidak menimbulkan konflik dalam kehidupan bangsa kita, kita harus menciptakan rasa saling menghargai antar umat beragama atau pun adat istiadatnya dan juga kita harus meningkatkan jiwa toleransi di tengah keberagaman ini, jika tidak adanya toleransi maka bangsa kita akan mudah sekali terpecah belah. Komunikasi lah yang dapat membuat kita hidup damai bersama-sama, masalah sekecil apapun jika ada komunikasi antar individu atau kelompok pasti akan ada solusinya, maka marilah kita bersama-sama mengedukasi generasi-generasi bangsa agar mereka mau berkomunikasi dengan benar dan menggunakan tata bahasa yang santun sejak dini, supaya dapat tercipta negara kita negara yang solid dan kokoh walaupun banyak perbedaan keanekaragaman di dalamnya seperti semboyan bangsa kita “Bhineka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Referensi:

  1. Prawiro, (2020). Pengertian Komunikasi: Memahami Apa Itu Komunikasi, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Prosesnya. https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-komunikasi.html.
  2. Hardi (2021). Komunikasi Antar Budaya: Pengertian, Fungsi, dan Bentuknya. https://www.gramedia.com/literasi/komunikasi-antar-budaya/.

Abdul Hadi (2021). Pengaruh Keberagaman Masyarakat Indonesia: Dampak Positif & Negatif Baca selengkapnya di artikel “Pengaruh Keberagaman Masyarakat Indonesia: Dampak Positif & Negatif. https://tirto.id/pengaruh-keberagaman-masyarakat-indonesia-dampak-positif-negatif-gmgx.