Generasi Z atau Gen Z disebut sebagai generasi yang lahir setelah Generasi Y. Generasi ini mencakup orang-orang yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010. Secara umum, Generasi Z disebut juga dengan iGeneration, atau generasi internet, atau generasi online. Mereka selalu terhubung dengan dunia maya dan bisa melakukan apa saja dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini mempengaruhi kehidupan setiap orang dan membuat masyarakat bergantung pada teknologi. Selain untuk memenuhi kebutuhan sendiri, teknologi memudahkan untuk membantu orang-orang sekitar. Contoh dari hasil perkembangan teknologi yang dapat memudahkan setiap individu dalam membantu orang-orang di sekitarnya adalah donasi online. Menurut IDN Research Institute, dengan tingkat frekuensi yang bervariasi, sebanyak 58% Generasi Z telah berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana dan sebanyak 12% nya berdonasi melalui platform online. Dengan bantuan inovasi teknologi, kita dapat mengumpulkan sumbangan untuk kegiatan sosial, membantu korban bencana alam, atau menyumbang untuk kebaikan kemanusiaan.

Tren donasi online yang terjadi pada era saat ini telah membuat tren tersebut semakin berkembang dan diminati oleh banyak orang. Salah satunya adalah Generasi Z. Partisipasi Generasi Z dalam kegiatan donasi online pada tahun ini terbilang cukup banyak dibandingkan dengan partisipasi Generasi Milenial pada tahun 2019 yang lalu. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah kenaikan persentase pada tahun 2019 dan 2022. Persentase tersebut menunjukkan bahwa pada tahun 2019 sebanyak 2.7% Generasi Milenial telah berpartisipasi dalam melakukan kegiatan donasi online dan pada tahun 2022 sebanyak 12% Generasi Z telah berpartisipasi dalam kegiatan donasi online tersebut.

Terdapat beberapa platform donasi online, diantaranya adalah Kitabisa.com, Sharing Happiness atau Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, Indorelawan, WeCare.id, Causes.com, DonateYourAccount, Twibbon, Change.org, dan IndoKasih. Di samping itu, IDN Research Institute menyebutkan bahwa Kitabisa.com, Dompet Dhuafa, ACT (Aksi Cepat Tanggap), ayopeduli.id, dan BenihBaik.com merupakan platform yang mendapat nominasi sebagai Top 5 platform donasi online.

Terlepas dari platform apa yang kita gunakan untuk berdonasi, baik offline maupun online, berdonasi merupakan suatu hal yang terpuji. Berdonasi merupakan bentuk perwujudan kasih sayang terhadap sesama, dengan saling memberi dan berbagi dengan ikhlas. Manfaat berdonasi juga tidak hanya akan dirasakan oleh orang yang diberikan donasi namun orang yang memberikannya juga akan turut merasakannya.

Referensi

Lubis, N. A. D., & Muthohharoh, M. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MILENIAL BERDONASI ONLINE MELALUI CROWDFUNDING PLATFORM: STUDI PADA KITABISA. COM.

Fahreza, R. (2020, October 15). Pengertian Gen Z serta Karakteristiknya, Ketahui agar Tak Keliru. merdeka.com. Retrieved October 18, 2022, from https://www.merdeka.com/jatim/pengertian-gen-z-serta-karakteristiknya-ketahui-agar-tak-keliru-kln.htm

Ismyuli T.R.K.W, S. I. K. (2022, October 3). 10 Aplikasi Dan website Donasi Online Aman Terpercaya. Perencana Keuangan Pertama Yang Tercatat OJK. Retrieved October 18, 2022, from https://www.finansialku.com/donasi-online/

Manfaat Donasi Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain – Habitat Indonesia. (2022, June 29). Retrieved October 18, 2022, from https://habitatindonesia.org/manfaat-donasi-untuk-diri-sendiri-dan-orang-lain/