Pernah ga sih kalian ngerasain perasaan cemas dan Insecure dalam hubungan asmara kalian? atau kalian termasuk orang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan? jika iya bisa jadi kamu termasuk dalam kategori orang yang sering Overthinking. Terlalu banyak berfikir juga memiliki pengaruh yang negatif dan menjadi suatu aspek yang dapat membuat kalian memikirkan htentang sesuatu yang terjadi terus – terusan. Yang aku dapetin nih Sobat Overthinking, waktu yang pas buat orang – orang mulai Overthinking di waktu malam hari sebelum tidur, waktu itu lah dimana kamu memiliki waktu sendiri sambil merenungkan sesuatu hal sebelum tidur.

Eits… tetapi Overthinking yang berlebihan itu juga tidak baik dan membuat kalian menjadi meragukan hal yang tidak terlalu penting hingga menimbulkan rasa cemas bagi beberapa orang yang memiliki sifat pemikir dan cenderung memikirkan hal-hal yang memang perlu dipikirkan. Sedangkan orang yang Overthinking biasanya suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan hal sepele atau yang belum tentu bermanfaat. Overthinking bisa saja menjadi suatu kebiasaan buruk yang dilakukan berulang kali.

Nah…kamu termasuk tipe yang memang memiliki sifat pemikir gak nih? kali ini aku mau membahas dan berbagi berbagai tips n trick buat teman – teman yang sering banget ngalamin Overthinking. Semoga apa yang aku sharing dapat bermanfaat dan bisa mengatasi ke Overthingking– an kalian ya!

Sebenarnya Overthinking itu apa sih? Overthinking adalah kondisi dimana seseorang memikirkan segala sesuatu dengan berlebihan.  Dalam kondisi ini kamu memaksa otakmu untuk terus menerus memikirkan suatu masalah yang sama setiap harinya sehingga membuat aktivitas sehari-hari kamu terganggu. Kebanyakan Overthinking dialami oleh  seseorang dalam setiap masalah, salah satunya adalah perjalinan asmara dan Overthinking dalam hubungan biasanya terjadi karena pernah dikecewakan, dikhianati, diduakan, disakiti dan beberapa penyebab lainnya.

Tapi tidak masalah Teman – teman, kalau kamu masih sering Overthinking dan masih merasa cemas akan suatu hal. Karena Overthinking itu adalah hal yang sangat wajar ketika seiring memasuki umur kamu yang mengharuskan kamu untuk bersifat dewasa akan lebih sering membuat kamu merasa Overthinking setiap saat. Ngomong-ngomong nih sobat Overthinking, Aku juga masih sering mikirin hal- hal yang tidak penting dan bahkan belum tentu terjadi di kehidupan Aku loh. Nah maka dari itu,  untuk mencegah kebiasaan ini, coba deh terapkan tips – tips berikut ini:

  1. Cobalah untuk berpikiran terbuka dan cari penyebabnya

Hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah tenangkan pikiran kamu, berpikiran terbuka dapat membantu kamu dalam mencari solusi dari permasalahan yang ada. buang jauh-jauh pikiran negatif dan ubah dengan selalu berpikir positif, dengan begitu kamu akan lebih mudah melupakan pikiran yang tidak penting dan mendapatkan solusi dari suatu permasalahan. Selama komentar yang kamu dapatkan akan membantu kamu menjadi lebih baik, tidak apa – apa tetapi jika komentar itu negatif dan justru tidak membantu kamu, jangan terlalu menangap serius dan memikirkan apa yang mereka katakan, justru hal itu yang membuat kamu sering mengalami Overthinking loh teman – teman.

  1. Beri batas waktu dalam mengambil atau membuat keputusan 

Overthinking biasanya akan terjadi ketika seseorang menghadapi keputusan besar. Orang-orang tidak ingin mengambil langkah yang salah, jadi mereka  terus memikirkan apa keputusan  yang tepat. Cara termudah untuk menghindari berpikir berlebihan adalah dengan menetapkan batasan saat membuat keputusan. Dengan begitu, Kamu punya waktu untuk memikirkannya dan kapan kamu bisa berhenti memikirkannya

  1. Bersosialisasi dengan Circle pertemanan yang sehat

Lingkar pertemanan juga memiliki pengaruh yang penting juga loh Teman – teman, pada kondisi dan cara berpikir kita, Jika kamu sering kali selalu berpikir terlalu banyak, cobalah bergaul dan bersosialisasi dengan seseorang yang mempunyai Mindset positif dan ceria. Dengan begitu, kamu dapat bertukar pikiran dan mendapatkan solusi yang baik dari mereka dan mereka juga dapat memberi kamu saran dan persepsi yang berbeda sehingga kamu dapat memiliki pandangan yang beragam dari masalah yang sedang kamu hadapin.

  1. Memikirkan sesuatu sesuai porsinya

Apabila kamu ingin terlepas dari perasaan Overthinking yang sering mengganggu pikiran kamu maka kamu harus mulai belajar berpikir sesuatu sesuai dengan porsinya. Dengan begitu kamu tidak akan berpikir melebihi batas normal, sehingga hidup kamu lebih tenang dan damai.

  1. Luangkan Waktu kamu untuk refleksi

Overthinking dalam suatu masalah dengan waktu yang lama membuat kamu semakin tidak produktif juga loh Sobat Overthinking. Akan Tetapi, merefleksikan masalah dan hal – hal di masa lalu merupakan sesuatu yang penting dan dapat membantu kita dalam merefleksikan diri. Seperti berpikir tentang bagaimana kita dapat menjalani sesuatu hal secara berbeda dan menemukan hambatan yang menjadi potensial untuk masalah yang kita lalui dapat membantu kita di masa depan dan menghilangkan pikiran – pikiran jahat yang dapat membuat kamu Overthinking.

Referensi:

Indrasari, A. (2021). Bibliotherapy untuk Mengatasi Overthinking Seorang Pemudi di Desa Jombatan Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang.

Widia, R. (2020). You Are Overthinking!: Pada Dasarnya, Semua Akan Baik-baik Saja.