Setiap manusia pasti memiliki prioritas dalam dirinya, prioritas merupakan sesuatu hal yang dianggap ataupun diperlakukan lebih penting dibandingkan hal yang lainnya.  Biasanya prioritas dijadikan sebagai pencapaian pada diri seseorang dalam menjalankan kehidupannya. Bedasarkan survei Indonesia Gen Z Report 2022, sebagian besar Gen Z (generasi yang lahir dari tahun 1996 sampai 2012) di Indonesia menyatakan bahwa prioritas utama dalam kehidupan mereka adalah membuat orangtuanya bahagia.

Menjelang acara Indonesia Millenial & Gen-Z Summit (IMGS) yang diselenggarakan oleh IDN Media, IDN Research Institute berkerja sama dengan Populix membuat survei yang bernama Indonesia Gen Z Report 2022. Survei ini dibuat karena adanya kelangkaan penelitian di ranah Gen Z pada masa sekarang ini. Dalam survei tersebut, terdapat sebuah pertanyaan yang menanyakan tentang prioritas apa yang dimiliki Gen Z dalam kehidupannya. Sebagian besar Gen Z menjawab bahwa membuat orangtuanya bahagia merupakan prioritas dalam kehidupannya.

Presentase untuk prioritas tersebut mencapai 83 persen sehingga prioritas tersebut dapat dikatakan sebagai prioritas utama yang dimiliki Gen Z dalam kehidupannya. Bahkan prioritas tersebut telah mengalahkan beberapa prioritas lainnya seperti menyimpan uang untuk masa depan dengan jumlah presentase 81 persen, mengembangkan diri dengan jumlah presentase 77 persen, menikah serta memiliki keluarga dengan jumlah presentase 71 persen, dan beberapa prioritas lainnya yang merupakan tujuan utama dalam diri seseorang.

Terdapat dua alasan mengapa prioritas utama dalam kehidupan Gen Z adalah membuat orangtuanya bahagia. Alasan pertama yaitu Gen Z masih membutuhkan sosok orangtua dalam dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam survei Indonesia Gen Z Report 2022, terdapat 44 persen responden yang berstatus sebagai pelajar dan 6 persen lainnya berstatus menganggur. Dari kedua golongan tersebut, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar Gen Z masih hidup bergantung dengan orangtua untuk menafkahi mereka dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Selain itu, efek dari karantina pada masa pandemi covid-19 juga menjadi alasan kedua dari prioritas utama yang dimiliki oleh Gen Z. Pada masa pandemi covid-19, seluruh aktivitas yang biasanya dilakukan di luar rumah seperti sekolah dan bekerja berubah menjadi online atau dilakukan di dalam rumah untuk menghindari penyebaran dari corona virus. Hal tersebut membuat Gen Z lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan orangtuanya sehingga menguatkan hubungan antara keduanya. Ditambah lagi, efek dari corona virus yang memakan banyak jiwa sehingga membuat Gen Z tersadar akan pentingnya mencintai serta menghargai keberadaan orangtuanya pada masa pandemi covid-19 berlangsung.

Orangtua merupakan sosok yang sangat dibutuhkan bagi Gen Z dalam menjalankan kehidupannya. Maka dari itu, tidak salah jika prioritas utama Gen Z adalah membuat orangtuanya bahagia karena Gen Z masih membutuhkan sosok orangtua dalam dirinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tidak hanya itu saja, tetapi efek dari karantina pada masa pandemi covid-19 juga mempengaruhi prioritas utama yang dimiliki oleh Gen Z karena hal tersebut telah mendekatkan serta menguatkan hubungan antara Gen Z dan orangtua.

Referensi:

– IDN Research Institute. (2022). Indonesia Gen Z Report 2022. IDN Media.

– Revitasari, F. (2022, October 18). Hasil Survei Gen Z: Keluarga Adalah Prioritas Utama Kaum Muda. IDN Times. Retrieved October 19, 2022, from https://www.idntimes.com/life/family/vita/gen-z-keluarga-adalah-prioritas-utama