Peningkatan angka pengguna TikTok yang pesat belakangan ini tidak menggoyahkan para Millenial dalam menggunakan Facebook. Kemudahan aksesiblitas konten facebook, menjadi salah satu faktor aplikasi tersebut tetap mempertahankan gelar sebagai platform sosial harian teratas diantara kalangan warga dari kelahiran 1981 – 1995 di Indonesia. Berdasarkan report dari IDN Research tercatat bahwa jumlah persentase pengguna Facebook dibandingkan TikTok lebih besar, di kalangan millennial. Data tersebut menunjukan bahwa 88% dari seluruh Millenial di Indonesia memiliki akun Facebook, disisi lain hanya 38% merupakan pengguna Tik Tok.

Dengan total pengguna yang mencapai lebih dari satu milliar, Facebook pantas disebut sebagai aplikasi yang terkenal secara global, khususnya di Indonesia. Tercatat bahwa di akhir Maret 2021, 175.2 juta penduduk tanah air merupakan pengguna Facebook. Namun, walaupun dengan kepopularitasan facebook yang mulai menurun di kalangan anak muda, 88% dari seluruh millennial di Indonesia tetap memiliki akun facebook. Diantaranya, 73% merupakan pengguna pasif dengan hanya mengakses Facebook sehari – hari dan 63% pengguna aktif yang sering melakukan berbagai macam aktivitas dalam aplikasi tersebut seperti posting dan pembaharuan profil.

Tidak dengan cuma – cuma Facebook terkenal di kalangan kelahiran 1981 – 1995 di Indonesia. Dengan, kemajuan teknologi yang semakin pesat dan sulit dipahami oleh kalangan millennial, kemudahan aksesibilitas aplikasi ini justru menjadi salah satu alasan kepopularitasan facebook diantara generasi tersebut. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi para pengguna sudah dapat mengakses berbagai macam fasilitas, salah satunya merupakan Messager, yang digunakan oleh 42% millennial yang menggunakan Facebook. Selain itu, dengan akses internet yang minim aplikasi ini pun tetap dapat berfungsi dan dinikmati oleh para pengguna.

Dari tahun ke tahun, Facebook selalu memegang gelar sebagai platform sosial harian teratas. Walaupun dengan kehadiran saingan baru yaitu TikTok yang meregut para generasi muda, Facebook tetap bertahan diatas di antara kalangan millennial. Kemudahan sistem yang digunakan facebook pun menarik perhatian 88% pengguna millennial di Indonesia. Disini kita bisa lihat bahwa semakin canggih sebuah aplikasi tidak memastikan bahwa seluruh pengguna akan berpindah haluan, melainkan kunci dari kesuksesan sebuah aplikasi merupakan kesederhanaan sistem yang mudah dipahami oleh seluruh generasi.

 

Referensi

IDN Research Institute. (2022). Indonesia Millennial Report 2022. IDN Media.

Hariyanto, T. (2014, Desember 21). Popularitas Facebook Kian Meredup. Retrieved Oktober 2022, from CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20141220121605-185-19492/popularitas-facebook-kian-meredup