Salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh dosen adalah presentasi. Pada saat melakukan presentasi, kemampuan yang dibutuhkan tidak hanya public speaking semata, namun juga harus mampu untuk menuangkan ide ke dalam bentuk presentasi yang menarik. Sayangnya, tampilan slide desain presentasi ini sering dipandang sebagai keahlian yang tidak terlalu dibutuhkan. Pada kenyataannya, slide presentasi yang menarik akan menambah kredibilitas serta memudahkan presenter (dalam hal ini dosen) untuk menyampaikan idenya dengan baik kepada mahasiswa mapun untuk kebutuhan riset. Presentasi yang menarik juga menjadi indikator bahwa dosen memiliki literasi digital yang baik.

Dengan pertimbangan itulah, Communication Study Program menginisiasi pelatihan “How to Create an Interesting Presentation Design” yang ditujukan khusus untuk dosen binaan Jurusan Ilmu Komunikasi. Pelatihan akan dibawakan oleh Tim Melukis Slide yang sudah berbengalaman memberikan pelatihan terkait desain presentasi. Diharapkan melalui pelatihan ini, dosen dapat lebih siap dalam mengajar, serta mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatkan untuk kelancaran perkuliahan. Adapun tujuan pelatihan ingin meningkatkan pengetahuan dosen tentang cara mendesain presentasi yang menarik dan memberikan pembelajaran fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat desain presentasi yang menarik.

Adapun tim Fasilitator dalam training ini adalah Andy Sukma Lubis sebagai Owner Artistik Salindia Lima dan juga Melukis Slide, yang menjabarkan pentingnya sebuah visual dan tampilan data dalam sebuah slide presentasi. Dengan menggunakan microsoft powerpoint kita dapat memaksimalkan visual yang lebih menarik.

Pelatihan yang diikuti oleh 48 peserta ini berasal dari Faculty Member Communication Department yang terdiri pengenalan dasar design sederhana dalam sebuah slide presentasi, pengenalan tools yang memudahkan proses editing di powerpoint, jenis-jenis bentuk ikon yang bisa digunakan untuk memaksimalkan design dan sesi akhir latihan langsung setiap Faculty Member bagaimana mengolah data dan design yang menarik dan mudah.

Dalam durasi tiga jam pelatihan secara online ini meningkatkan antusias peserta FM yang sedari awal penggunaan tools di powerpoint serta trik membuat visual dari shape yang tersedia di powerpoint.