Dikarenakan perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini orang-orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya media sosial. Hampir setiap hari kita menggunakan media sosial untuk berbagai keperluan baik untuk berkomunikasi, mencari informasi, maupun untuk hiburan dikala waktu luang.

Berdasarkan data dari Indonesia Millennial Report 2020 – ‘IDN Research Institute’ dan Indonesia Gen Z Report 2022 – ‘IDN Research Institute’. Baik Millennial dan Gen Z lebih sering membaca tentang konten hiburan dan konten gaya hidup dibandingkan dengan berita berat.

Bagi Millennial yang sudah bekerja mengikuti berita dan politik bukan karena mereka ingin namun karena pekerjaan mereka yang mengharuskan mereka mengetahui berita terkini tentang ekonomi dan politik dalam negeri. Sedangkan pembaca berita dan politik Gen Z yang lebih tua sebanyak 24% dibandingkan yang lebih muda sebanyak 14%.

Beberapa ketertarikan konten berbeda setiap gender nya. Pada perempuan generasi Millennial lebih tertarik dengan konten yang mengarah ke makanan atau kuliner, fashion, film, dan berita hiburan. Sedangkan laki-laki generasi Millennial lebih tertarik pada music, dunia olahraga, game, teknologi, dan ototmotif.

Perempuan generasi Gen Z lebih cenderung tertarik pada konten seperti makanan atau kuliner, fashion, travel, edukasi, dan konten hiburan. Sedangkan laki-laki Gen Z lebih tertarik dengaan music, dunia olahraga, teknologi, dan otomotif.

Baik generasi Millennial maupun generasi Gen Z sama-sama lebih banyak mengakses internet melalui smartphone mereka. Membuka chat dan sosial media menjadi kegiatan paling sering dilakukan ketika mereka online. Penggunaan aplikasi mengirim pesan paling banyak ada pada aplikasi WhatsApp, lalu diikuti dengan Facebook Messenger, Telegram, Line dan WeChat.

Mereka menghabiskan lebih dari satu jam menggunakan media sosial dalam sehari, ada juga yang lebih dari 3 jam dalam sehari. Apalagi di zaman sekarang berbagai keperluan ada di smartphone kita, tidak heran jika kita sering menggunakannya. Apakah kamu bisa menggunakan media sosial kurang dari 1 jam?

 

Referensi

Utomo, W. P, Heriyanto, D. (2022). Indonesia millennial report 2022. Indonesia Research Institude.

Utomo, W. P, Heriyanto, D. (2022). Indonesia Gen Z report 2022. Indonesia Research Institude.