Siapa yang tidak tahu olahraga futsal? Futsal merupakan salah satu olahraga yang sering kita jumpai di sekitar. Tak luput di Indonesia banyak yang ingin menjadi ahli dalam futsal atau futsal. Mulai dari usia anak-anak hingga dewasa terutama laki-laki banyak yang menggandrungi olahraga ini.

Olahraga ini tidak hanya menjadi sekedar olahraga saja namun banyak juga yang menjadikan futsal menjadi pekerjaan profesional atau bisa disebut pemain futsal terbaik. Ada beberapa pemain futsal terbaik di dunia seperti Sergio Lozano dari Spanyol yang pernah meraih penghargaan pemain futsal terbaik di dunia tahun 2013 dan berhasil menjuarai UEFA Futsal Championship 2014 dan Runner-Up Piala Dunia Futsal 2012.

Lalu ada Kike Boned asal Spanyol yang pernah meraih gelar Piala Dunia Futsal Timnas Spanyol 2000 dan 2004 dan membawa piala UEFA Futsal Championship sebanyak 5 kali sehingga dinobatkan menjadi Pemain Futsal Terbaik Dunia tahun 2009. Selain 2 orang diatas masih ada banyak lagi yang mendapatkan penghargaan serupa dibidang ini.

Untuk menjadi pemain futsal yang baik tentu perlu melatih skill dasar bermain futsal. Berikut ada 6 cara melatih teknik dasar bermain futsal:

  1. Melatih kontrol bola

Latih kontrol dalam menahan bola. Cara mudah dalam mengontrol bola adalah dengan menggunakan kaki bagian dalam. Dibandingkan menggunakan dada atau kepala, menggunakan kaki bagian dalam akan lebih mudah bagi pemula. Selain itu ada faktor yang harus diperhatikan ketika mengontrol bola yaitu ketenangan. Biasanya kesalahan para pemula dalam bermain futsal adalah kurangnya ketenangan dalam mengontrol bola. Mereka mudah panik sehingga ketika mengontrol bola mereka menjadi tidak santai dan kesannya terburu-buru tanpa melihat situasi terlebih dahulu. Dengan skill kontrol bola yang baik akan mempermudah kamu untuk maju ke step yang lebih jauh.

    2. Melatih akurasi umpan yang baik

Jangan melupakan umpan sebelum mencetak gol. Jika sudah mahir mengontrol bola, selanjutnya kamu dapat melatih dalam mengumpan. Mengumpan bola dalam futsal sebenarnya hampir sama dengan sepak bola, namun dalam futsal karena lapangan yang kecil umpan yang efektif adalah umpan ke arah kotak pinalti dengan umpan yang datar, sehingga teman se-tim kita dapat menyambar umpan kita dengan baik. Dengan skill umpan yang tepat dan akurat akan memperbesar peluang untuk gol.

3. Melatih kelincahan atau agility

Kelincahan dalam bermain futsal akan sangat dibutuhkan sehingga latih teknik berakselerasi. Ini dapat dilatih dengan melakukan sprint jarak pendek hingga lari zig-zag. Akan lebih baik melatih kelincahan sambil menggiring bola, sehingga perpaduan kelincahan dengan menggiring bola akan membuat teknik bermain futsal kamu menjadi lebih baik lagi.

4. Teknik dribbling adalah salah satu yang harus dikuasai

Gunakan teknik menggiring bola yang benar. Direkomendasikan menggunakan cara menggiring bola dengan cara seperti diinjak menggunakan sol sepatu. Selain itu terdapat 2 teknik menggiring bola yang umum dipakai oleh pemain futsal profesional yaitu teknik menggiring bola menggunakan kaki bagian luar dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam. Selain itu untuk menunjang latihan menggiring bola agar lebih baik dapat dibantu dengan menggunakan cone kerucut yang disusun sejajar dengan jarak sesuai dengan kemampuan. Jika dirasa sudah semakin mahir, bisa mempersempit jarak antar cone yang satu dengan yang lain.  Terlihat sulit namun tetap dapat dilakukan dengan latihan rutin.

5. Bukan tendangan keras tapi akurasi

Banyak yang menganggap bahwa menendang bola dengan sekuat tenaga adalah cara untuk mencetak gol. Memang tendangan yang memiliki power mempunyai potensi untuk menjadi gol, namun di sisi lain akurasi lah yang menjadi patokan utama dalam mencetak gol. Latih akurasi menembak bola ke gawang dengan melatih otot paha. Agar dapat menembak bola dengan akurat dibutuhkan kemampuan mempertahankan keseimbangan dan juga decision making yang tepat.

6. Menguasai situasi dan komunikasi antar tim

Memahami dan melatih komunikasi dalam tim, memahami tempo permainan yang sesuai serta dibutuhkan disiplin diri dalam berlatih dan stamina yang cukup agar tercipta kerja sama yang solid dalam tim. Kerjasama tim yang baik, saling suportif dalam sebuah tim dipercaya dapat membangun kepercayaan diri sehingga permainan dari sebuah tim menjadi lebih baik.

Bagaimana sobat? Memang tidak terlihat mudah namun dengan latihan yang rutin dan semangat yang selalu membara dalam membantu kamu untuk memahami teknik dasar bermain futsal dan maju ke langkah yang lebih jauh dan sulit. Tidak mungkin pemain futsal terbaik di dunia sedikit latihan atau bahkan tidak pernah belajar, tentunya semua ada proses dan waktunya. Sehingga terus belajar, sabar dan pertahankan motivasi merupakan kunci kesuksesan. Semoga informasi-informasi yang sudah dijelaskan dapat membantu sobat dalam berlatih bermain futsal menjadi lebih baik lagi.

Referensi:

https://www.inews.id/sport/all-sport/5-pemain-futsal-terbaik-sepanjang-masa-ada-sang-master-dari-brasil

https://mojok.co/penjaskes/5-cara-melatih-teknik-dasar-futsal-biar-nggak-malu-maluin/

https://doktersehat.com/informasi/kesehatan-umum/tips-meningkatkan-skill-futsal/