Youtube saat ini sudah menjadi sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Semua orang berlomba-lomba untuk membuat konten di Youtube, mulai dari masyarakat biasa hingga kalangan artis. Banyak benefit dari membuat konten di Youtube seperti menghasilkan uang, menjadi terkenal dan masih banyak lagi.

Beberapa Youtuber generasi awal seperti Raditya Dika, SkinnyIndonesian24, Edhozell dan Chandraliow sudah memberikan banyak inspirasi kepada anak-anak muda dan masyarakat Indonesia bahwa dunia saat ini sudah masuk ke era digital. Mereka adalah salah satu contoh sukses Youtuber generasi awal yang sudah memulai karir di Youtube sejak lama.

Youtube tidak terbatas dalam bentuk genre video, kamu bisa membuat konten sesuai dengan genre yang kamu kuasai atau sukai. Seperti konten memasak, konten kecantikan, konten gaming dan masih banyak lagi. Semua genre konten tersebut dapat dimonetisasi asal tidak mengandung hak cipta atau copyright.

Jadi bagaimana caranya menghasilkan uang dari sebuah konten di Youtube ? Caranya cukup mudah, syarat pertama yang harus dicapai agar video kamu bisa dimonetisasi adalah mengumpulkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam jangka waktu 1 tahun. Ketika syarat ini sudah terpenuhi maka kamu siap untuk menghasilkan uang dari Youtube.

Nah sebelum masuk ke tahap monetisasi, ada hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat sebuah video atau konten agar menjadi lebih menarik sehingga kamu mempunyai penonton yang loyal. Berikut ini 5 tips membuat konten yang menarik di Youtube :

1. Kepercayaan diri


Tips ini berlaku untuk semua jenis konten baik menunjukkan wajah didepan kamera ataupun hanya visual dan audio saja. Jika kamu membuat konten yang menunjukkan wajah kamu didepan kamera, kamu harus melatih kepercayaan diri ketika beraksi didepan kamera. Penonton tidak akan betah menonton video kamu apabila kamu kurang percaya diri ketika berbicara didepan kamera, terlihat kaku, terbata-bata. Sebelum membuat video yang baik sebaiknya latih kepercayaan diri bisa dengan berbicara didepan cermin kemudian bisa membuat skrip agar apa yang ingin kamu sampaikan bisa menjadi lebih jelas kepada penonton.

2. Perhatikan Kualitas


Dalam membuat konten yang baik, kamu juga harus memperhatikan kualitas video yang akan kamu suguhkan kepada penonton di channel kamu. Gunakan device yang baik, bisa menggunakan kamera DSLR atau kamera pocket. Jika tidak memiliki kamera, bisa menggunakan handphone yang kamu punya. Belajar mengambil video dengan posisi angle yang baik dan pencahayaan yang baik.

3. Maksimalkan Teknik Editing


Tidak cukup hanya membuat video lalu diunggah ke Youtube. Sebuah konten akan menjadi lebih baik apabila sudah melalui proses Editing. Kamu bisa menggunakan aplikasi editing yang gratis yang ada di internet untuk memaksimalkan konten kamu seperti memotong bagian jeda yang terlalu lama agar video kamu menjadi lebih padat dan ringkas, kemudian kamu bisa menambahkan backsound agar video kamu tidak terlalu sunyi, kemudian kamu bisa menambahkan color grading supaya warna video kamu terlihat lebih hidup. Kamu bisa belajar tips editing untuk pemula dari Youtube supaya video yang kamu buat bisa bikin penonton menjadi betah.

4. Pelajari SEO (Search Engine Optimization)


Apa itu SEO ? Dikutip dari sekawanmedia.com SEO adalah cara untuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, khususnya pada organic research. Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh user atau saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser.
Singkatnya adalah jika kamu memaksimalkan SEO pada video kamu, maka kemungkinan besar video kamu bisa menjangkau penonton sesuai dengan genre konten yang kamu buat.
Salah satu contoh SEO yang baik adalah membuat judul yang tidak asal jadi, perhatikan unsur menarik dari video kamu dan jadikan sebuah judul yang membuat penonton menjadi penasaran namun tidak clickbait. Selain judul faktor penting lainnya dalam memaksimalkan SEO adalah thumbnail. Thumbnail adalah cover foto dari video yang kamu buat. Jika kamu ingin membuat sebuah video agar diklik oleh penonton maka kamu harus bisa membuat sebuah thumbnail yang menarik perhatian. Bisa dengan memainkan warna, teks dan juga sedikit unsur dari video kamu dan dimasukkan kedalam thumbnail.

5. Waktunya Menghasilkan Uang


Setelah semua tahap di atas kamu lakukan dengan baik dan benar, tahap selanjutnya adalah proses monetisasi agar video kamu dapat menghasilkan uang. Proses monetisasi Youtube menggunakan sistem iklan yang tayang di video kamu. Setiap channel memiliki nilai iklan yang berbeda, semakin besar nilai iklan yang kamu miliki, maka semakin besar juga penghasilkan yang bisa kamu dapatkan jika kamu memiliki cukup banyak views. Dan jika kamu sudah bisa menghasilkan uang dari channel kamu, tahap selanjutnya adalah mencairkan uang tersebut melalui Google Adsense.

Google Adsense adalah sebuah website dimana penghasilan yang sudah kamu kumpulkan dari channel kamu akan di pindahkan ke Google Adsense, dan ambang batas pembayaran yang bisa dicairkan adalah Rp. 1.300.000 ,-. Jadi jika kamu sudah mencapai Rp. 1.300.000,- atau lebih maka kamu bisa mencairkan uang tersebut baik lewat rekening ataupun Western Union.

Itulah 5 tips membuat konten yang menarik di Youtube hingga mendapatkan penghasilan dari Youtube. Semoga dengan adanya tips ini bisa memotivasi kamu untuk membuat konten yang lebih menarik lagi dan bisa membeli mobil idaman yang kamu inginkan.

Referensi : https://www.suara.com/bisnis/2021/12/18/155911/8-cara-dapat-uang-dari-youtube-dengan-mudah-sukses-modal-nekat?page=all
https://ilmupedia.co.id/articles/YouTuber-Indonesia-generasi-awal/full