Thrift shop merupakan istilah yang baru saja muncul setelah adanya istilah mengenai penjualan barang bekas seperti second hand, pasar loak, ataupun preloved. Banyak orang yang saat ini telah menggunakan istilah thrift shop untuk mendefinisikan tempat yang dimana menjual barang bekas.

Pasarnya sendiri sudah sangat luas dan banyak diminati oleh banyak orang, khususnya anak muda yang ada di Indonesia. Mereka menganggap bahwa thrift shop merupakan pilihan yang tepat bagi mereka untuk tampil fashionable namun hanya mengeluarkan biaya yang tidak tinggi atau mereka mendapatkan harga yang sangat murah dengan kualitas yang masih bagus. Mereka pun bisa mendapatkan pakaian yang bermerek dengan harga yang murah.

Salah satu manfaat dengan membeli pakaian di thrift shop yaitu kita ikut serta untuk mengurangi penimbunan limbah tekstil yang ada saat ini. Melihat semakin banyaknya orang yang hanya sekali pakai pada pakaian yang baru dibeli yang pada akhirnya hanya menjadi penyumbang sampah kembali. Maka dari itu saat ini banyak orang yang memilih untuk menjual pakaiannya yang baru sekali pakai dan tidak dipakai kembali kepada pemasok thrift shop atau langsung dijual di media sosial mereka. Selain karena mereka tidak akan mengalami kerugiaan karena pakaian yang tidak dipakai lagi dapat disalurkan kepada orang yang ingin memakainya dengan cara membeli pakaian yang dijual. Walaupun pastinya dijual dengan harga di bawah dari harga saat kita beli.

Sudah semakin juga banyak tempat yang menyediakan lahan tersendiri untuk menjual thrift shop, contohnya di beberapa pasar tradisional yang ada di Jakarta seperti pasar senen, pasar tanah abang, pasar blokm, dan masih banyak lagi lokasi pasar tradisional yang menjual thrift shop. Namun permainan harga tetap terjadi pada thrift shop, karena melihat banyaknya peminat sehingga harganya dibuat sangat miring di beberapa tempat. Tetapi masih banyak juga pedagang thrift shop yang jujur dalam berjualan dan menentukan harganya yang masuk akal.

Sangat berharap bahwa thrift shop akan terus diminati dan tidak redup pasarnya karena ini menjadi salah satu jalan agar dunia kita tetap terselamatkan dengan tidak menumpuk pakaian yang tidak terpakai dan menjadi sampah tekstil dan juga diharapkan thrift shop tidak terus dipandang sebelah mata.

Referensi :

 

Sendari, A. A. (2021, September 16). Thrift Shop adalah Bagian dari Penghematan, Ketahui Manfaat Membeli Pakaian Bekas. Retrieved from Liputan6: https://hot.liputan6.com/read/4659606/thrift-shop-adalah-bagian-dari-penghematan-ketahui-manfaat-membeli-pakaian-bekas

Setyorini, P. R. (2020, Desember 21). Thrift Shop Marak, Harga Fashion Bekas Ikut Melonjak. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/putri-regina-1608259944250932187/thrift-shop-marak-harga-fashion-bekas-ikut-melonjak-1uoqZ1pCzGx/full