Belajar mengenai Data dan Teknologi di Rangkaian International Webinar

Di bulan Maret hingga April 2022, Communication Department Binus University mengadakan Rangkaian International Webinar yang bertemakan mengenai Data dan Teknologi untuk mahasiswa. Tidak tanggung-tanggung, untuk mengisi webinar ini Communication Department mengundang Prof. Juliana Sutanto dari Lancaster University, United Kingdom. Prof. Juliana adalah orang Indonesia yang sekarang menjabat sebagai Ph.D. Director in Management Science Department di Lancaster University. Beliau adalah salah satu diaspora yang membawa nama baik Indonesia di dunia akademisi internasional.

Pada Rangkaian International Webinar kali ini, ada lima tema yang dibawakan oleh Prof. Juliana, yaitu: Big Data in Context, Characteristics of Data, Putting Data to Work, New Data Skills, dan Governance of Data Journeys.

Kemajuan manusia dalam mengumpulkan dan menganalisis data telah merubah banyak hal di sekitar kita. Analisis big data dapat membantu organisasi untuk berfungsi dengan lebih optimal, bahkan dapat membantu untuk menemukan peluang baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Karena itulah, analisis big data saat ini dipelajari tidak hanya oleh mahasiswa di bidang computer science, melainkan juga oleh mahasiswa komunikasi. Dengan menggunakan data maka pesan ke audiens akan lebih mudah diterima. Selain itu, mahasiswa komunikasi juga diharapkan memiliki kemampuan untuk bercerita dengan data.

Salah satu bahasan menarik yang dibawakan oleh Prof. Juliana adalah mengenai keamanan data. Aplikasi dan media digital yang dipakai sehari-hari ternyata menyimpan data yang sangat besar dan terkadang rentan untuk diretas. Bagi mahasiswa yang gemar memakai media sosial, hal ini tentu menarik perhatian mereka. Diskusi mengenai data yang dikumpulkan oleh aplikasi banyak ditanyakan oleh mahasiswa selama rangkaian webinar berlangsung. Begitu pula kaitan antara keamanan data dengan perbedaan kebijakan antar negara. Prof. Juliana memberikan contoh mengenai cookies consent dalam website yang menjadi kewajiban di Eropa, namun tidak menjadi kewajiban di Indonesia.

Bahasan lainnya yang banyak menarik perhatian mahasiswa adalah inovasi teknologi seperti Amazon Go. Amazon Go sendiri adalah toko retail jenis baru yang tidak ada kasir, seluruh pembeli cukup scan smartphone dan membawa barang yang ingin mereka beli keluar begitu saja. Nanti tagihan akan didebet langsung ke rekening pembeli.

Di salah satu sesi webinar, Prof. Juliana juga menantang mahasiswa untuk mengolah data. Data yang diberikan dalam bentuk MS Excel dan mahasiswa diminta untuk menceritakan kembali data tersebut dalam bentuk grafis. Ini adalah salah satu kemampuan penting bagi mahasiswa komunikasi, yaitu mengubah format data menjadi informasi yang mudah dicerna bagi siapa saja.

Seluruh sesi rangkaian International Webinar ini juga dihadiri oleh dosen-dosen dari Communication Department. Semoga setelah ini materi yang disampaikan oleh Prof. Juliana dapat berguna di proses belajar mengajar maupun pengembangan diri mahasiswa ke depannya. Terima kasih Prof. Juliana telah menemani kami selama 5 minggu!