Era digitalisasi memudahkan kita untuk meakses media sosial di manapun kita berada. Kita juga lebih gampang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dari jarak jauh. Nah, dari interaksi bebas yang kita lakukan di media sosial, menimbulkan banyak munculnya istilah-istilah baru yang mungkin tidak familiar di telinga kita.

 

 

Manipulatif

 

Istilah berikut ini cukup banyak beredar di media sosial. Manipulatif merupakan suatu bentuk upaya dari seseorang untuk dapat mengendalikan emosi orang lain agar bisa memenuhi keinginan si manipulator.

 

Orang-orang yang bertindak manipulatif ini biasanya orang yang sangat ambisius sehingga tidak bisa menoleransi hak orang lain dalam berperilaku.

 

Jika kita bertemu dengan orang yang memiliki karakter seperti ini, play it cool! Jangan sampai mereka mendominasi kita dengan sikap manis yang dilakukan untuk memanipulasi. Kita harus tegas dalam meladeni si manipulator, jangan ragu untuk berlawanan dengan apa yang mereka mau, tunjukan sikap bijak dan hindari interaksi berlebih dengan mereka sehingga mereka yang akan mundur dan menyerah untuk memanipulasi kita.

 

Playing Victim

 

Nah, istilah yang satu ini masih berkolerasi dengan istilah manipulatif, lho!

 

Playing victim adalah tindakan seseorang yang membebankan suatu kesalahan kepada orang lain. Perilaku playing victim ini biasanya dilakukan oleh pelaku kesalahan yang memposisikan dirinya sebagai korban dalam permasalahan tersebut.

 

Tindakan ini dipicu dari beberapa faktor seperti pelaku membutuhkan perhatian untuk dikasiani, pelaku ingin menghindar dari tanggung jawab atas masalah yang diperbuat, pelaku memiliki trauma masa lalu yang pahit, dan lain sebagainya.

 

Lalu, apa korelasinya dengan manipulatif?

 

Jadi, manipulatif juga salah satu karakter yang dimiliki seorang pelaku playing victim, karena mereka akan memanipulasi emosi dan pikiran banyak orang sehingga mereka bisa berada diposisi yang tidak bersalah atau korban. Semoga kita tidak memiliki perilaku seperti ini, ya.

 

‘Pick Me Girl’

 

Istilah yang terakhir ini mungkin sudah familiar di telinga beberapa orang, namun masih banyak yang belum benar-benar paham tentang istilah ini.

 

‘Pick me girl’ atau biasanya disingkat menjadi ‘PMG’ merupakan bahasa gaul yang sedang trend dikalangan remaja. ‘PMG’ merupakan sebutan untuk cewek-cewek yang selalu merasa dirinya berbeda dan ingin lebih unggul dari cewek lainnya.

Bagaimana contohnya?

Misalnya, kita sedang bercengkerama dengan beberapa teman cewek kita, lalu ada beberapa teman cowok yang ikut bergabung. ‘PMG’ biasanya akan melakukan hal-hal yang membuat dirinya terkesan lebih menonjol dari cewek-cewek lainnya, entah itu dari perilaku maupun ucapan. Seperti sengaja berbicara yang menyinggung teman ceweknya “Duh, cuacanya panas ya? Untung aku udah biasa panas-panasan. Nggak kayak kalian ya, kalian mah kan takut kena matahari”.

‘Pick me girl’ akan merasa dirinya menang ketika melakukan atau mengucap hal-hal yang menurutnya berbeda dari yang lain dan dapat mencuri banyak atensi. Namun, bagi sebagian besar orang hal tersebut merupakan sesuatu yang terlalu dipaksakan dan berlebihan. Tidak heran jika banyak yang kurang suka bahkan enggan berinteraksi dengan tipikal ‘pick me girl’ ini.