JAKARTA – Dalam beberapa bulan terakhir, banyak orang yang mulai memprioritaskan kesehatan jantungnya. Di tengah banyaknya kasus penyakit jantung dan serangan jantung, penting untuk mengetahui secara pasti apa yang berdampak negatif pada jantung, dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaganya agar tetap sehat.

 

Berikut merupakan beberapa aspek penting kesehatan jantung dan apa yang harus diketahui mengenai gagal jantung.

 

  1. Apa itu gagal jantung?

 

Fungsi jantung adalah untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk organ vital seperti otak, ginjal, dll. Ketika jantung gagal memberikan suplai darah yang cukup ke seluruh tubuh, itu lah yang disebut gagal jantung. Gagal jantung juga dapat disebabkan oleh penyakit jantung, hipertensi, dan anemia.

 

  1. Apa saja gejala dan tandanya?

 

Gejala utama gagal jantung adalah kesulitan bernapas saat beraktivitas, pembengkakan pada kaki atau perut, kelelahan dan kekurangan energi.

 

  1. Siapa saja yang bisa terkena gagal jantung?

 

Gagal jantung biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, katup jantung rusak, miokarditis, hipertensi. Tekanan darah tinggi dan diabetes yang tidak terkontrol dalam waktu lama juga dapat mengakibatkan gagal jantung.

 

Gagal jantung juga dapat terjadi pada pasien muda setelah penyakit virus yang disebut sebagai miokarditis virus atau pada pasien dengan penyakit jantung rematik (penyakit katup yang menyebabkan gagal jantung).

 

  1. Apa pengobatannya?

 

Penderita akan disarankan oleh dokter untuk menjalani pola hidup sehat dan membatasi aktivitas. Dokter juga akan meresepkan obat untuk penderita berdasarkan kondisi yang diderita.

 

  1. Apa yang harus dilakukan oleh penderita untuk menolong dirinya sendiri?

 

* Pastikan untuk meminum obat yang diresepkan.

* Lakukan olahraga teratur seperti berjalan kaki setelah berkonsultasi dengan dokter.

* Kurangi asupan garam harian.

* Membatasi jumlah asupan cairan per hari seperti yang disarankan oleh dokter.

* Kontrol ke dokter secara teratur untuk memastikan tidak ada penurunan fungsi jantung.

* Cari bantuan medis segera jika gejalanya memburuk.

 

  1. Bagaimana cara mencegahnya?

 

Cara mencegah gagal jantung yaitu dengan cara mengurangi konsumsi garam dan gula, mengonsumsi makanan yang berizi seimbang, berolahraga secara rutin, tidak merokok, menjaga berat badan untuk tetap ideal, dan juga membatasi mengonsumsi minuman beralkohol.