Peran Vitamin C di Musim Pandemi

Kebutuhan Antioksidan Penting Bagi tubuh

Vitamin C atau yang di kenal dengan nama asam askorbat, sangat lah di butuhkan oleh tubuh manusia untuk menjalani berbagai fungsi tubuh dan yang harus kita sadari bahwa vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Karena itu, vitamin C ini harus kamu penuhi kebutuhannya dari setiap asupan konsumsi mu.

Vitamin C telah di kenal di kalangan umum sebagai antioksidan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan memproduksi sitokinin oleh sel darah putih di dalam tubuh manusia, sehinggat membantu meningkatkan respon imun.

Dalam tubuh manusia, vitamin C mempunyai fungsi penting bagi tubuh. Dengan dosis minimal 75Mg perhari (untuk wanita) dan 90Mg perhari (bagi pria).
Apakah kegunaan vitamin C yang kita konsumsi itu?

 

  1. Memelihara daya tahan tubuh
    Di saat kita kelelahan, tanpa di sadari imun tubuh kita akan melemah dan lebih rentan terpapar virus/penyakit. Pada saat seperti itulah, vitamin C memiliki peran yang hebat, yaitu membantu regenerasi kita dan menjaga kekebalan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit. Bahkan, jika terserang batuk atau pun pilek ringan dapat kita cegah kelanjutannya dengan mengkonsumsi kebutuhan vitamin C yang di perlukan oleh tubuh kita.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit
    Dalam keseharian, tubuh kita memproduksi kolagen yang merupakan protein yang sangat di butuhkan oleh kulit kita yang membantu untuk proses penyembuhan luka, memperlambat penuaan dini, memelihara elastisitas kulit, bahkan mampu untuk mencerahkan kulit kita dari dalam dan salah satu kandungan terpenting dalam proses produksi kolagen dalam tubuh kita, yaitu vitamin C.
  2. Menurunkan risiko berbagai penyakit
       Banyak hasil penelitian yang telah meyakini bahwa vitamin C dapat membantu merawat kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, vitamin C pun berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga dapat membantu untuk mencegah serangan jantung dan juga stroke. Kegunaan vitamin C lainnya yaitu menormalkan tekanan darah tinggi hingga menurunkan kadar asam urat dalam darah. Vitamin C pun dapat memiliki kontribusi besar dalam pencegahan anemia dikarenakan vitamin C berguna untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh kita.

 

Kekurangan Vitamin C bisa berdampak buruk?

Setelah kita simak manfaat dari vitamin C, tidak sedikit efek negatif yang tubuh terima jika tubuh kita kekurangan vitamin C. Ciri – ciri yang mungkin akan muncul dan ingin kita hindari antara lain :

  • Perubahan mood secara tiba-tiba
  • Regenerasi penyembuhan luka yang lebih lama
  • Memar pada permukaan kulit
  • Kulit terasa lebih kasar dan tidak rata
  • Tulang akan terasa lemah
  • Muncul bintik kemerahan pada kulit

 

Faktor apa yang dapat membuat kita kekurangan Vitamin C?

     Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan tubuh kekurangan Vitamin C di antaranya yaitu:

  • Pola makan makan yang tidak teratur
  • Ketergantungan pada alcohol
  • Stress ataupun penyakit mental yang parah
  • Merokok

Walaupun banyak faktor yang dapat menyebabkan tubuh kita kekurangan vitamin C, gejala kekurangan Vitamin C yang parah bisa memakan waktu yang lama untuk berkembang, akan tetapi jangan menyepelekan dan harus mewaspadai setiap gejala ringan yang mulai bermunculan.

 

Bagaimana cara menemukan Vitamin C?

     Kita dapat mendapatkan vitamin C dari sayur – sayuran dan buah – buahan. Sebagai contoh, sayur yang mengandung vitamin C tinggi yaitu brokoli, kembang kol, dan juga bayam. Sebagai contoh buah yang mengandung vitamin C tinggi yaitu jambu biji, mangga dan juga stroberi.

Selain dari sayur dan buah – buahan, kita juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin C untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita, dan tidak ada salahnya jika kita konsultasikan dengan dokter kita terlebih dahulu untuk dosis yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jikalau kita menkonsumsi vitamin C secara oral, kita harus tau bahwa waktu yang paling optimal untuk mengkonsumsi nya ialah pada saat setelah makan dikarenakan merupakan vitamin larut air.

Penyerapan vitamin C dalam tubuh pun tidak akan lebih dari 500 miligram dari suplemen setiap harinya. Maka jika dosis yang lebih dari 500 miligram, sebaiknya ditakar lagi ya kebutuhan vitamin C bagi tubuh kita untuk kesehariannya. Sehingga penyerapan vitamin C pun akan maksimal dan tidak terbuang sia – sia.

Apakah Vitamin C berlebihan hal yang baik?

     Bagi beberapa orang, mengkonsumsi satu atau duah buah jeruk mungkin dapat memenuhi kebutuhan vitamin C perhari mereka, dan pada saat vitamin C di konsumsi secara berlebihan, kandungan tersebut dapat dengan mudah terbuang beserta urine. Di karenakan vitamin C termasuk jenis vitamin yang larut dalam cairan.
Adapun juga beberapa hal dampak negatif yang dapat timbul di karenakan vitamin C yang berlebihan, berikut contohnya:

 

  1. Nutrisi tubuh yang tidak seimbang

Pada saat tubuh kita mengkonsumsi vitamin C yang berlebihan, fungsi tubuh kita dapat terganggu dalam proses pengolahan nutrisi lainnya. Sebagai contoh, vitamin C dapat menurunkan kadar vitamin B12 dan tembaga dalam tubuh kita, sehingga hal tersebut dapat memicu masalah lain dalam tubuh kita, yaitu kurangnya vitamin B12.

 

  1. Kelebihan zat besi dalam tubuh

Hemokromatosis atau bisa di kenal dengan kandungan zat besi yang berlebih dalam tubuh. Di karenakan vitamin C memiliki peran untuk menyerap mineral zat besi, vitamin C yang terlalu banyak bisa membuat tubuh menyerap zat besi berlebih dari batas yang seharusnya. Pada saat hal ini terjadi, kelebihan zat besi akibat vitamin C dapat memperparah kerusakan jaringan tubuh.

 

  1. Gangguan Pencernaan

Salah satu dampak negatif lainnya yaitu menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan tubuh. Perlu diketahui bahwa ini tidak akan terjadi jika asupan vitamin C dikonsumsi melalui sayur dan buah-buahan, akan tetapi dari vitamin C yang di kemas dalam bentuk suplemen. Bebepara gangguan pencernaan yang dapat muncul dikarenakan suplemen vitamin C yang berlebih antara lain:

  • Mual atau muntah.
  • Heartburn atau panas dalam dada yang di karenakan asam lambung yang naik ke tenggorokan.
  • Perut yang nyeri
  • Diare

 

Jika gejala – gejala tersebut muncul dan tidak segera ditangani, tubuh akan kekurangan cairan atau dehidrasi, merasa lemas dan juga dapat menurunkan tekanan darah serta mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh kita.

 

  1. Pembentukan batu ginjal

Suplemen vitamin C yang berlebihan dapat membuat tubuh mengeluarkan oksalat dan asam urat dalam urine. Kedua senyawa ini dapat memicu terjadinya pembentukan batu ginjal. Senyawa tersebut dapat mengikat mineral dalam tubuh dan kemudian membentuk kristal yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Tidak sulit kan untuk menjaga kesehatan dari dalam dan luar tubuh kita setiap hari? Jangan lagi berpikiran atau memandang sebelah mata manfaat dari vitamin C bagi tubuh kita, ya. Imbangi kebutuhan asupan Vitamin C kita agar tidak kekurangan dan berlebihan dari apa yang tubuh kita butuhkan. Karena sehat harus dimulai dari kita sendiri.

 

Rachel Pishonnia Bonita