Di era modern sekarang ini, perkembangan globalisasi semakin maju dan canggih serta terus berkembang. Salah satu teknologi yang semakin berkembang dan cukup populer saat ini adalah media sosial. Media sosial adalah media yang digunakan setiap orang untuk bersosialisasi atau mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. Dengan adanya berbagai jaringan Media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube, whatsaap, dan lain sebagainya, telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan masyarakat saat ini.

Media sosial membawa banyak dampak positif dalam kehidupan kita, yaitu dengan adanya media sosial kita dapat berkomunikasi tanpa memandang jarak dan waktu. Serta kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai dunia secara cepat sehingga dapat menghemat waktu. Tidak hanya itu, media sosial juga dapat digunakan untuk melakukan pemasaran, seperti mempromosikan suatu produk dengan cara mengiklankan produk tersebut untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan loyalitas merek. Media sosial memang membawa banyak pengaruh positif dalam hidup kita, namun media sosial juga dapat membawa dampak negatif bagi kehidupan masyarakat. Contohnya yaitu media sosial dapat menjauhkan kita dari orang-orang terdekat jika kita terlalu fokus pada penggunaan media sosial, yang menyebabkan kita menjadi acuh pada lingkungan sekitar. tidak hanya itu, media sosial juga dapat menyebabkan orang kecanduan yang mengakibatkan mereka lupa waktu untuk beristirahat. Serta dapat membuat terjadinya kesalahpahaman dalam informasi yang terima setiap orang di media sosial, sehingga kita harus mencari kebenaran terlebih dahulu sebelum mempercayai suatu informasi. karena setiap orang bisa saja menyebarkan informasi baik benar ataupun palsu (hoax). Banyaknya berita palsu tersebut karena adanya oknum atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin terkenal atau pun sengaja memanfaatkan situasi tertentu.

berikut cara menggunakan media sosial yang baik dan benar :

  1. Membatasi waktu penggunaan media sosial, tindakan ini dilakukan untuk mengatasi kecanduan yang cenderung terjadi karena pengguna melupakan waktu etika sedang asyik bermain media sosial.
  2. Menyaring terlebih dahulu informasi yang diterima di media sosial, tindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman akibat informasi palsu, yang dapat menimbulkan konflik internal maupun eksternal.
  3. Manfaatkan media sosial sebaik mungkin sesuai kebutuhan
  4. menggunakan media sosial dengan menyesuaikan keadaan sekitar, tindakan ini dilakukan untuk mencari waktu yang tepat dalam menggunakan media sosial. karena ketika kita sedang berkumpul dengan orang terdekat ada baiknya kita meluangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan orang disekitar daripada menggunakan media sosial, karena menggunakan media sosial ketika kita sedang berkumpul dengan orang terdekat, dapat menjauhkan diri kita dengan orang disekitar.

Sebagai penggguna sosial yang baik hendaknya kita harus menggunakan media sosial dengan bijak, dengan memperhatikan waktu, dan lingkungan sekitar. kita harus dapat memanfaatkan media sosial dengan baik sehingga waktu yang telah kita luangkan tidak akan sia-sia. Tidak hanya itu sebagai sebagai pembaca yang baik kita harus pintar dalam memilah informasi yang kita terima. Karena jika kita menerima informasi tanpa di saring kebenarannya terlebih dahulu dan langsung menyebarkan ulang. Itu bisa berdampak buruk bagi masyarakat.