NFT atau Non-Fungible Token adalah aset digital yang menjadi salah satu platform investasi baru berbasis teknologi blockchain dan termasuk ke dalam keluarga cryptocurrency. NFT menawarkan imbalan besar bagi para seniman, kreator, musisi, influencer dan investor.

NFT sudah dikenal sejak tahun 2017 dengan kemunculan game berbasis blockchain bernama Crypto Kitties. NFT bisa mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa ditukar atau diganti. Transaksinya akan dicatat pada buku besar di blockchain.

Produk investasi satu ini dapat dimanfaatkan sebagai media koleksi digital yang menjadi cara baru untuk mendukung para seiman tanpa melalui perantara pihak ketiga. Salah satu keunggulan dari NFT adalah jaminan keaslian dan keunikannya.

Karya NFT Termahal di Dunia

Belum lama ini, Indonesia sempat dihebohkan dengan kabar seorang mahasiswa bernama Sultan Gustaf Al Ghozali yang mendapatkan uang miliaran rupiah dari aset digitalnya di OpenSea, platform terbesar NFT.

Sosok Ghozali ini menjual aset digital dengan konsep foto selfienya berjudul “Ghozali Everyday” yang Ia upload sejak tahun 2017 secara konsisten setiap harinya. Sejak saat itu, NFT mulai ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia.

Ternyata, selain aset digital Ghozali yang dihargai hingga miliaran rupiah, ada produk NFT lainnya yang masuk ke dalam kategori NFT termahal di dunia! Ini dia daftarnya.