Masa depan kita ditentukan dari apa yang kita lakukan hari ini. Mulailah dari menerapkan 4 kebiasaan baik yang mendasar namun esensial bagi kehidupan kita sehari-hari!

 

Ingatkah Anda ketika manusia dahulu kala perlu berjalan kaki ratusan meter atau mungkin beberapa kilometer untuk mencapai tempat tujuan entah itu bersekolah, bekerja, atau berbelanja misalnya? Sedangkan di era modern seperti ini, kita dapat dengan mudahnya memesan taksi/ojek online untuk membawa kita ke tempat tujuan hanya melalui benda sebesar genggaman tangan kita dengan sedikit sentuhan menggunakan jari, atau bahkan berbelanja sambil berbaring di kasur melalui aplikasi perbelanjaan online atau yang kini dikenal sebagai e-commerce. Sekilas, kemajuan teknologi terkesan semakin mendekatkan kita kepada kemalasan, padahal berbagai kecanggihan tersebut seharusnya mendukung produktivitas kita karena dapat membantu kita dalam menghemat waktu serta tenaga.

“Kaum Rebahan” menjadi istilah yang saat ini seringkali terdengar terutama semenjak pandemi melanda yang membatasi segala bentuk kegiatan dari kalangan manapun dan mengutamakan untuk tetap “di rumah aja”. Mungkin saja, orang terdekat kalian ada yang tergolong sebagai kaum rebahan karena mayoritas dari aktivitas hariannya hanyalah bersantai atau bahkan kamu sendiri adalah seorang kaum rebahan? Pengendalian diri yang baik sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran agar bijak dalam memanfaatkan teknologi agar tidak menjadi boomerang bagi diri kita sendiri apabila kita terjun kedalam jurang kemalasan akibat berbagai kemudahan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi. Ingatlah bahwa masa depan anda dimulai dari apa yang anda lakukan dari hari ini. Apabila anda masih tergoda untuk rebahan seharian scrolling tiktok, menambah tumpukan wishlist di keranjang e-commerce, ataupun bermain mobile legends di ponsel pintar anda pada rentang usia produktif, apakah terbayang masa depan seperti apa yang akan anda miliki?

Maka dari itu, segera terapkan 4 kebiasaan berikut sebagai investasi waktu yang membawa perubahan dalam dirimu mulai dari hari ini!

  1. Mengatur jam tidur serta bangun lebih awal

Untuk memaksimalkan waktu yang kamu miliki dalam sehari, kamu perlu memiliki kesadaran mengenai kapan kamu memulai hari, artinya kapan kamu terbangun dari tidurmu. Namun untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, tentu kamu perlu untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Maka dari itu pastikan kamu mengakhiri kegiatan harianmu pada waktu yang tepat untuk menyedikan jam tidur agar cukup dan kamu menjadi siap untuk memulai hari baru di keesokannya. Jangan sia-siakan waktumu dengan begadang hanya untuk scrolling social media, menonton film, bermain game, atau hal lain yang kurang penting. Selain tidak sehat, ketika kamu begadang maka akan memperbesar kemungkinan untuk bangun lebih siang sehingga ketersediaan waktumu menjadi kurang efektif.

 

2. Berolahraga

Mengawali hari dengan berolahraga adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik, walaupun memang tidak mudah untuk melakukannya. Diperlukan niat yang kuat untuk bisa beranjak dari tempat tidur dan mulai menggerakan tubuh. Namun, tanamkan dalam benakmu bahwa hal ini adalah hal yang sangat bermanfaat bagi dirimu sendiri. Bayangkan alangkah indahnya jika suatu saat kamu beranjak ke usia lanjut namun tetap sehat dan bugar dengan fisik yang prima berkat kebiasaan yang sudah kamu bangun sejak masih muda. Dengan mengetahui manfaatnya, perlahan-lahan kamu akan semakin mudah untuk memulai kebiasaan ini dengan perasaan yang gembira.

 

3. Membaca Buku & Mendengarkan Podcast

Selain fisik yang prima, pikiranmu juga merupakan aset yang berharga sebagai bekal dalam menjalani lika-liku kehidupan. Maka dari itu memperluas pengetahuan melalui buku-buku pengembangan diri ataupun mendengarkan podcast berisi pengalaman orang-orang hebat bisa menjadi referensi yang bagus untuk membentuk pola pikir atau bahkan memberikan insight yang bermanfaat atas keresahan yang sedang ataupun akan kamu alami.

4. Refleksi & Evaluasi

Sebelum kamu beranjak tidur dan melupakan apa saja yang terjadi hari ini, alangkah baiknya apabila kamu mulai mencatat dan merefleksikan hari-harimu. Dengan begitu, kamu bisa memvisualisasi ingatanmu dalam tulisan, mengembangkan hal – hal baik yang sudah kamu lakukan serta memperbaiki sekiranya ada kesalahan yang kamu perbuat.

Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan tersebut secara konsisten, perlahan kamu akan merasakan dampaknya bagi dirimu sendiri yaitu menjadi lebih baik dari segi kesehatan fisik maupun psikis yang dapat menjadi dasar dari pengendalian diri sehingga setiap harinya kamu akan menjadi lebih produktif dengan pengembangan dan penerapan dari kebiasaan baik yang sudah kamu bangun terhadap aktivitasmu sehari-hari. Bahkan, ketika kamu sedang merasa minim aktivitas, 4 kebiasaan baik ini akan membuatmu tetap merasa menjalani hari dengan produktif.

Jangan ragu untuk memulai kebiasaan baik yang membawa suatu perubahan baik pula dalam hidupmu, ingatlah bahwa segala sesuatu yang baik di masa depan, adalah buah dari hal baik yang kamu tanam hari ini.

”50% of something is always better than 100% of nothing”

  • (Han) Fast & Furious Tokyo Drift –

Quotes tersebut sempat disebutkan oleh William Tanuwijaya dalam podcast “Close the Door” di akun youtube milik Deddy Corbuzier. Beliau adalah sosok inspirasional yang merupakan CEO dari perusahaan Tokopedia, e-commerce yang sangat sukses membantu memudahkan banyak orang dalam menjual ataupun membeli barang.

Semoga quotes tersebut juga dapat membantu kalian ketika ingin melakukan sesuatu yang baik untuk diri kalian sendiri namun rasa ragu atau malas melanda.

  • Foto oleh Thirdman dari Pexels : Ilustrasi mencatat
  • Foto oleh Andrew Neel dari Pexels : Ilustrasi Produktif
  • Foto oleh Ron Lach dari Pexels : Ilustrasi Bangun Pagi
  • Foto oleh nappy dari Pexels : Ilustrasi membaca buku
  • Foto oleh Bich Tran dari Pexels : Ilustrasi Refleksi Harian
  • Foto oleh Li Sun dari Pexels : Ilustrasi olahraga