All of Us Are Dead merupakan serial drama Korea original Netflix terbaru yang menceritakan tentang sekelompok siswa yang terjebak di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di kota Hyosan yang berusaha untuk bertahan hidup sampai akhir dengan mempertaruhkan nyawa dengan berbagai cara akibat mewabahnya virus zombie yang terjadi diwilayahnya. Bukan hanya memicu adrenalin dan emosi saja, tetapi terdapat beberapa pesan moral yang bisa dipetik dari serial TV ini lho!!

  1. Komunikasi itu penting

Cerita ini diawali dengan kisah dari tokoh Pak Lee yang merupakan guru sains di SMA Hyosan. Beliau merupakan tokoh yang terlibat dalam wabah virus zombie dan orang pertama yang mengetahui virus zombie tersebut yang terjadi hampir diseluruh kota Hyosan.

Awalnya, Pak Lee menyampaikan pelajaran mengenai virus kepada murid dikelasnya, namun tak satupun yang memahami/menyadari hal yang dikatakan beliau. Hingga akhirnya, salah satu siswi dikelasnya penasaran dan masuk ke lab kimia. Disanalah, ia tergigit oleh seekor tikus yang ternyata terdapat virus zombie yang sudah berkembang biak didalam tubuhnya. Alhasil, disinilah penyebaran virus terjadi secara cepat.

Dari serial ini, menunjukkan bahwa komunikasi merupakan hal yang sangat penting, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika hal tersebut dapat disampaikan ke pihak yang dapat diajak bicara/pihak berwenang, maka penanganan penyebaran virus tersebut bisa lebih cepat.

 

  1. Jangan bersikap egois

Dalam kehidupan yang memiliki makna secara luas, pastinya kita harus menghargai dan menghormati setiap perbedaan yang ada disekitar kita. Na Yeon yang merupakan salah satu dari karakter penting dari serial ini seringkali menunjukkan sikap yang selalu merendahkan temannya dan selalu merasa benar daripada yang lain merupakan hal yang tidak baik untuk dilakukan.

Dengan menunjukkan sikap egois, tentunya dapat menimbulkan kesan/citra yang tidak baik didepan orang sekitar kita. Jika kita tidak peduli dengan lingkungan sekitar kita, maka orang lain juga sulit menerima dan peduli dengan kita.

  1. Rasa kepercayaan dibutuhkan untuk mencapai tujuan bersama

Murid-murid yang tersisa dan selamat dari kerusuhan zombie tersebut pastinya harus bekerja sama untuk bertahan hidup. Tak jarang juga, perselisihan karena perbedaan pendapat kerap terjadi, karena perbedaan ide-ide yang dilontarkan dari masing-masing murid untuk menemukan solusi yang tepat untuk bertahan hidup sampai akhir.

Namun, tak semua dari mereka selamat, beberapa di antara mereka ada yang terinfeksi karena untuk melindungi satu sama lain. Hal itu disebabkan karena adanya kepercayaan yang kuat satu sama lain. Perasaan saling percaya diperlukan untuk dapat bertahan hidup seperti mereka yang selamat. Jangan asal menuduh melainkan mengedepankan fakta yang ada.

Nah, pastinya serial film zombie ini sangat seru dan worth untuk ditonton di tahun ini! Banyak nilai-nilai penting yang dapat dipetik dari film ini disamping ketegangan dan keseruan yang disajikan dari serial TV ini.