Popularitas Ajang Balap MotoGP di Indonesia

Ajang balap motor dunia satu ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia terutama para penggemarnya. MotoGP adalah ajang balap motor dengan menggunakan mesin-mesin motor yang dirancang khusus dengan kualitas yang tinggi dan hanya digunakan untuk balapan, selain itu persaingan di dalamnya juga sangat ketat karena dalam balap MotoGP terdapat banyak pabrikan motor ternama yang ikut dalam ajang tersebut di antaranya ada Yamaha, Honda, Suzuki, Ducati, KTM, dan Aprilia. Dilihat dari banyaknya pabrikan-pabrikan motor yang ikut berkompetisi dalam ajang MotoGP tersebut, tentu hal tersebut menjadi salah satu daya tarik terbesar dari ajang balap MotoGP terutama di Indonesia.

Indonesia adalah negara dengan pengguna kendaraan motor terbanyak ke tiga di dunia. Menurut data tahun 2019, di Indonesia terdapat sekitar 130 juta kendaraan sepeda motor, dengan total penduduk di Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa, maka dapat dikatakan bahwa 1 dari 2 orang di Indonesia memiliki motor. Hal ini dapat dikaitkan dengan kepopuleran MotoGP di Indonesia, Mengapa? Pada dasarnya, manusia memiliki sifat kemiripan (related) yaitu manusia akan menyukai suatu hal berdasarkan apa yang dapat mereka lakukan, seperti halnya dengan MotoGP, masyarakat di Indonesia yang menggunakan motor tentu banyak di antara mereka akan menyukai ajang balap motor, seperti MotoGP itu sendiri. Ditambah pabrikan-pabrikan motor yang dijual di Indonesia beberapa di antaranya juga turut mengikuti persaingan ajang balap MotoGP tersebut. Hal ini tentu semakin meningkatkan popularitas ajang balap MotoGP di Indonesia.

Indonesia juga sudah mempersiapkan diri untuk berpartisipasi sebagai tuan rumah dari ajang kompetisi balap motor dengan membuat sirkuit Bernama Pertamina Mandalika International Circuit yang beberapa hari lalu telah digunakan sebagai ajang kompetisi balap World Superbike (WSBK), selain itu, Dorna selaku pihak penyelenggara MotoGP langsung tekan kontrak dengan sirkuit Mandalika untuk digunakan sebagai tes pramusim pada bulan Februari 2022 dan rencananya akan diselenggarakan ajang balap MotoGP pada bulan April 2022.

Pada intinya, dengan banyaknya penggemar ajang balap MotoGP di Indonesia diharapkan pemerintah Indonesia untuk lebih berpartisipasi dengan baik dalam ajang-ajang kejuaraan Internasional, sehingga negara Indonesia akan lebih dikenal oleh seluruh penjuru dunia.

Moh. Andri Shevchenko