BPS atau Bawah Pohon Sengon adalah sebutan nama tempat yang legendaris di SMA Negeri 1 Jakarta. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit murid-murid dan para guru karena pohon ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga dapat membuat udara di sekitarnya sangat sejuk dan nyaman.

Para murid, guru, hingga alumni menjadikan tempat ini sebagai tempat foto favorit. Sebenarnya di setiap sudut bangunan SMAN 1 Budi Utomo ini bisa menjadi tempat foto yang bagus, namun BPS tetap menjadi tempat favorit untuk berfoto. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat pertemuan atau perkumpulan seluruh siswa/siswi. Kegiatan yang sering dilakukan di BPS ini cukup beragam, mulai dari rapat tahunan seluruh siswa, tempat latihan ekstrakurikuler, atau hanya sekadar bersenda gurau dengan teman-teman.

Pasalnya, pohon sengon ini memiliki umur yang sudah sangat tua, kurang lebih satu abad tumbuh di dalam bangunan SMAN 1 Budi Utomo. Bayangkan saja seberapa besar pohon sengon tersebut dengan umur yang setua itu. Karena umur yang sudah sangat tua, pada tanggal 19 Januari 2022 akar pohon sengon terangkat dan mengakibatkan rusaknya sebagian dari lapangan SMAN 1.

“Terangkatnya akar pohon itu menyebabkan pohon sengon hampir tumbang dan hampir menimpa kelas serta ruang guru. Namun untungnya ada wall climbing yang bisa menahan pohon sengon tersebut”. Ucap narasumber yang merupakan salah satu murid SMAN 1 Jakarta. Pohon sengon yang sudah sangat tua itu hampir tumbang dikarenakan akar yang berada di bawah lapangan terendam banjir cukup lama. Curah hujan yang cukup tinggi pada bulan Januari menyebabkan bangunan serta lapangan SMAN 1 terendam banjir sehari sebelum kejadian tersebut.

Keesokan harinya pohon sengon itu terpaksa ditebang supaya tidak membahayakan para siswa, guru, maupun staf-staf di sekolah. Beginilah penampakan pohon sengon saat sedang ditebang. Proses penebangan juga dipantau oleh kepala dinas, karena seperti yang kita tahu bahwa SMAN 1 Jakarta merupakan salah satu cagar budaya yang sangat dijaga dan dilestarikan.

BPS atau Bawah Pohon Sengon sekarang sudah menjadi kenangan manis di memori murid-murid, guru, serta alumni SMA Negeri 1 Jakarta. Tidak ada lagi tempat berteduh disaat panas ketika sedang upacara, tidak ada lagi tempat siswa untuk bersembunyi, dan tidak ada lagi tempat yang sejuk dan nyaman untuk kumpul dan berfoto-foto bersama teman-teman.