Liburan adalah hal yang disukai oleh banyak orang. Ketika penat menjalani keseharian yang membosankan, kita terkadang membutuhkan liburan ke tempat baru untuk menyegarkan suasana hati kita. Namun, jangan sampai liburan kita terganggu karena masalah-masalah yang sebenarnya dapat kita hindari.

Ada beberapa tips supaya liburan kalian bisa lebih seru, nyaman dan menyenangkan walaupun dengan biaya yang terbatas. Check this out!

  1. Buat rencana liburan secara matang.

Sebelum jalan-jalan, akan lebih baik jika kalian membuat rencana perjalanan secara matang. Dimulai dengan menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi, lalu menentukan tanggal keberangkatan, menghitung biaya yang akan dikeluarkan, serta mempelajari hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan di negara atau daerah tersebut. Dengan perencanaan yang matang, kalian dapat lebih siap untuk beradaptasi selama liburan.

Tips bagi kalian yang ingin liburannya lebih murah, carilah tanggal yang tepat untuk liburan. Carilah waktu diluar dari tanggal peak season. Hal ini untuk menghindari kenaikan harga yang kerap terjadi ketika banyak orang sedang liburan seperti pada saat natal atau tahun baru.

  1. Pilih destinasi wisata yang tidak menghabiskan banyak biaya.

Saat ini sangat banyak pilihan destinasi wisata murah yang dapat dikunjungi dan tidak kalah bagus dengan destinasi wisata berbayar. Kalian juga bisa pergi ke negara-negara atau wilayah yang belum terlalu terkenal seperti Swedia atau Tunisia.

  1. Manfaatkan hal-hal yang kita punya.

Jika kita memiliki kenalan atau saudara di daerah yang berbeda dengan tempat tinggal kita, hal ini dapat kita manfaatkan. Kita bisa menghemat biaya penginapan dengan menginap di rumah saudara atau teman kita. Hindari membeli sesuatu jika kita bisa memanfaatkan barang yang sudah kita miliki. Misalnya, alat-alat kebersihan seperti sabun mandi, sikat gigi dan hal-hal kecil lainnya.

  1. Pilihlah penginapan yang lebih hemat biaya.

Saat ini, kita dapat dengan mudah menemukan penginapan murah tetapi tetap nyaman untuk ditinggali. Cobalah untuk tinggal di hostel dan hindari menginap di hotel yang cenderung lebih mahal. Carilah pilihan hotel atau penginapan yang murah namun tetap layak untuk ditinggali.

5. Gunakan transportasi publik.

Dengan menggunakan transportasi publik kita dapat menghemat biaya. Hindari menggunakan taksi atau sewa kendaraan jika tidak terlalu dibutuhkan.

6. Bawa perbekalan dari rumah, serta hindari berbelanja di toko swalayan.

Ketika liburan kita dapat mengurangi pengeluaran makan kita dengan membawa perbekalan dari rumah. Serta hindari berbelanja di toko yang cenderung lebih mahal dibandingkan di pasar. Kita bisa membeli makanan atau barang-barang yang ada di pasar untuk lebih menghemat pengeluaran.

Nah! Mulai sekarang jangan takut untuk liburan walaupun dengan biaya yang tipis ya! Sudah siap untuk mulai liburan?