Kopi merupakan biji bijian yang pertama kali di temukan pada abad ke-9, kopi pertama kali hanya ada di Ethiopia dan di tanam di daerah dataran tinggi, tetapi dengan semakin meluasnya perdagangan Arab kopi pun semakin menyebar luas hingga sampai ke Afrika Utara, mulai dari situ-lah kopi kopian meluas hingga benua Asia sampai Eropa dan mulaiĀ  ketenarannya. Kopi pun mulai memasuki Indonesia sendiri pada masa colonial Belanda dan berhasil membuat Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di dunia.

Setelah kopi berhasil masuk ke Indonesia dan bertambahnya zaman menjadikan kopi seperti minuman wajib sebelum memulai hari, sekarang kopi sudah sangat terkenal dan telah menjadi trend, selain dari rasanya yang enak tetapi kopi juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat, dalam 100 gram kopi sudah mengandung berbagai macam nutrisi seperti air,energi, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, dan natrium. Kopi juga memiliki manfaat untuk kesehatan seperti:

  1. Menghindari dari risiko diabetes

Banyak ahli yang mengatakan bahwa kopi dapat menghindari dari diabetes mellitus tipe 2,karena kafein yang terdapat dalam kopi dapat menghambat kerja reseptor adenosin sehingga dapat menurunkan produksi glukosa, dengan syarat meminum kopi dengan takaran gula yang sesuai bahkan lebih baik jika tidak menggunakan gula sama sekali agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Parkinson merupakan penyakit yang menyerang sel saraf di otak yang dapat menyebabkan tingkat dopamine turun, dan kafein yang terdapat dalam kandungan kopi ternyata memiliki manfaat untuk membantu mengontrol gerak tubuh agar menjadi lebih baik.

  1. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Alzhaimer merupakan penyakit yang menghancurkan memori pengingat, gejala awalnya merupakan hilang ingatan dan kebingungan, dan peran kopi urntuk membantu mengurangi risiko penyakit ini adalah kandungan polifenol, antiokdisan dan asam klorogenat yang dapat melindungi dari demensia.

  1. Mengurangi risiko penyakit stroke

Kopi juga cukup berperan dalam menghindari risiko stroke, peneliti mengatakan kopi mengandung zat asam chlorogenic, lignan dan magnesium dan jika semua zat ini Bersatu dengan zat antioksidan di dalam kopi dapat membantu mengurangi risiko stroke.

Manfaat kopi juga tidak hanya untuk kesehatan dan membantu untuk meningkatkan konsentrasi, tetapi kopi juga bisa di manfaatkan untuk kecantikan dengan bahan bahan yang alami dan yang pasti lebih sehat di banding yang menggunakan bahan bahan kimia, kopi juga menghasilkan sensasi yang menenagkan dan mengurangi stress dan berikut merupakan contoh contoh dan cara pembuatan kopi untuk kecantikan. Berikut merupakan beberapa contoh manfaat kopi untuk kecantikan:

  1. Mengurangi Selulit

Kafein yang terkandung dalam kopi bisa membantu untuk mengurangi selulit yang ada dengan cara kafein membantu melebarkan pembulu darah dan membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Caranya yaitu, menjadikan kopi sebagai scrub dan di lakukan secara rata pada tempat tempat yang memiliki selulit.

  1. Mengencangkan Kulit

Kafein yang terdapat pada kulit dapat membantu untuk membuat kita terlihat lebih muda karna dapat mengurangi kerutan halus pada kulit dan juga mencegah timbulnya bintik bitnik hitam pada wajah yang di akibatkan oleh seringnya terpapar sinar UV

Caranya dengan kita mengkonsumi kopi dengan porsi yang cukup, yaitu tidak lebih dari 4 gelas per harinya.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Menurut studi, kopi juga mengandung banyak vitamin B3 dan kandungan tersebut di percayai bermanfaat untuk pencegahan kanker pada kulit non-melanoma dan mencegah kulit tumbuh abnormal.

Cara penggunaannya juga dapat menjadikan kopi sebagai masker wajah maupun badan.

  1. Mengurangi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Kafein yang terdapat dalam kopi dapat membantu untuk melebarkan pembulu darah di sekitar area mata, maka dari itu kopi bisa membantu kita untuk mengungari lingkaran hitam di bawah mata.

Cara penggunaannya yaitu dengan campurkan kopi, minyak zaitun dan air sedikit lalu oleskan di area bawah mata dan tunggu hingga 5-10 menit dan bilas.

 

Sekian merupakan manfaat manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikkan yang harus banyak di ketahui oleh banyak orang, selain dari rasanya kopi memang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat.