Sekarang banyak orang yang bermain di dunia Crypto, dan salah satunya yaitu NFT atau non fungible token yang membantu para pekerja seni untuk menjual hasil karyanya. Pada saat ini, NFT ditransaksikan melalui marketplace luar negeri, tapi untuk Indonesia sudah ada marketplace lokal bernama TokoNFT.

Sandiaga Uno berkata bahwa sangat mengapresiasi marketplace yang tersinkronasi dengan berbagai blockchain dan ia berharap marketplace tersebut menjadi pilihan untuk masa sekarang maupun masa depan.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuabi berkata, NFT memang sedang maraknya dan ia juga yakin kedepanya NFT akan lebih popular dan berkembang di masa depan.

“Kalau marketplace di luar negeri, takutnya kalau terjadi apa-apa, investor Indonesia tidak bisa mengklaim. Mau mengadu kemana? Investasi itu harus hati-hati. Ada NFT di luar negeri begitu marak, kemudian banyak orang Indonesia yang melakukan investasi di luar negeri, memang saat ini sedang bagus-bagusnya tapi kalau seandainya ada hacker yang mereka bisa masuk ke web NFT tersebut terjadi apa, ada kebocoran, sehingga ada kerugian. Pada saat kerugian, investor ini mau mengadu ke mana? Ke Bappebti kah, ke OJK?” jelasnya.

Hal tersebut akan berbeda ketika marketplace tersebut ada di Indonesia, sehingga para investor lebih aman dan dilindungi oleh regulasi dalam negeri.