Kenali dulu genre musikmu, baru kamu akan mengerti band favoritmu

Halo sobat musik! Apa kabarnya?, pasti baik dong. Kali ini saya akan membahas tentang genre musik dan sejarahnya. Bagi kalian yang belum mengenal genre musik band favorit kalian pas banget nih, kalian pasti akan mengetahui genre band favorit kalian. Yuk, langsung saja ke topiknya. Sebelum itu lebih baik kita mengetahui terlebih dahulu apa itu genre musik. Genre musik diartikan sebagai penggolongan musik yang didasarkan pada kemiripannya satu sama lain. Penggolongan ini dapat juga disesuaikan dengan kriteria lain, misalnya kesamaan geografi. Teknik musik, konteks, gaya, dan tema musik dapat menjadi acuan definisi dalam sebuah genre musik. Pada dasarnya, genre musik tidak bisa didefinisikan secara gamblang, karena ketika genre tersebut didefinisikan oleh seseorang, maka orang tersebut mendefinisikan tanpa melihat aspek dari sisi lainnya. Bahkan, terkadang dalam suatu lagu terdapat 2 genre di dalam nya, akan tetapi hanya didefinisikan menjadi satu genre saja.

Jenis-jenis genre musik

Jazz.

Genre musik jazz dianggap sebagai jenis musik yang muncul karena adanya penggabungan dari genre musik lainnya, yaitu blues, ragtime, dan musik eropa, termasuk di dalamnya musik band. Ada beberapa sub genre di dalam genre musik jazz, subgenre itu antara lain, dixieland, bebop, cool jazz, swing, hard bop, free jazz, jazz fusion, cafjazz, dan smooth jazz.Alat musik yang biasa digunakan dalam genre musik ini adalah trombon, trompet, piano, saksofon dan gitar.

Blues

Genre musik blues merupakan sebuah aliran yang berasal dari Amerika Serikat baik musik vokal maupun instrumennya. Muncul dari musik-musik pujian dan spiritual, yang awalnya muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika yang di Amerika Serikat. Ciri khas musik blues terletak pada gaya vocal penyanyinya yang selalu memakai teknik ‘sengau’ menggunakan Melisma dan intonasi yang bergelombang. Bahasa kecenya sih, blues itu nada nya wavy gitu.

Country

Genre musik country, merupakan genre dari campuran unsur-unsur musik Amerika, yaitu gabungan dari Pegunungan Appalachia dan Amerika Serikat bagian selatan. Musik ini memiliki nada yang ceria dan dan pembawaan santai dan ringan. Musik country identik dengan suara petikan alat musik gitar yang menarik, untuk mempelajarinya Grameds dapat melihat buku Country Hits: Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula&Ahli+Cd oleh Cheche Gg.

Techno

Genre musik yang satu ini merupakan genre musik yang aliran musiknya biasanya menggunakan tema futuristik. Di klub-klub malam biasanya memakai genre-genre musik ini dan biasanya musiknya dimainkan oleh seorang DJ (disk jockey). Menggunakan alat musik digital seperti DJ Maker yang selalu digunakan untuk meremix musik yang sudah ada menjadi musik yang memiliki tema futuristik.

Reggae

Musik reggae menjadi suatu aliran musik yang pada awalnya dikembangan di Jamaikan, sekitar akhir era 60-an. Biasanya penamaan ini digunakan secara lebih luas untuk menamai segala jenis musik yang ada di Jamaika. Reggae ini musiknya berdasar pada aksen pada sinkopasi atau off-beat untuk ciri khas dengan gaya musik ritmis, hal ini disebut dengan skank. Tempo musik reggae ini biasanya lebih lambat.

R&B

Dalam genre musik R&B, mulai populer karena musik ini menggabungkan diri dari beberapa genre musik lainnya, seperti genre jazz, genre blues dan gospel. Awal mulanya diperkenalkan oleh pemusik yang berasal dari Afrika-Amerika. musik R&B itu merupakan singkatan dari Rhythm and Blues.

Rap

Musik rap menjadi salah satu unsur dari musik hip-hop. Kalau biasanya kalian dengerin genre ini, biasanya teknik vokal yang digunakan adalah dengan berkata-kata cepat. Penyanyi genre ini dikenal dengan sebutan rapper. Rap yang dilakukan biasanya diiringi dengan musik oleh sebuah band atau DJ. Rapper ini juga termasuk dalam penyanyi biasa yang bernyanyi solo.

Death metal

Musik death metal, genre ini merupakan sebuah subgenre dari musik heavy metal yang awalnya berkembang dari trash metal di awal 1980-an. Corak khas yang ada di genre musik ini adalah pada liriknya, yang umumnya bertema pada kematian atau kekerasan.

Dangdut

Dangdut merupakan salah satu genre musik yang paling populer di Indonesia. Ciri khas musik ini adalah adanya permainan alat musik gendang atau tabla. Kalau, kalian mendengarkan genre musik yang satu ini pasti kalian familiar dengan musik-musik Bollywood, karena pada dasarnya musik dangdut terpengaruh oleh musik India Klasik dan Bollywood.Selain itu, apabila dilihat dari unsur-unsur asal gaya musiknya, bisa disimpulkan bahwa dangdut merupakan perpaduan unsur-unsur Melayu, hindustan, dan Arab.

Pop

musik pop biasanya nada dan lirik yang dibuat cenderung sederhana, berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, musik genre ini lebih mudah untuk dicerna dan sangat mudah untuk dinyanyikan, bahkan mudah untuk dihafal liriknya. Genre ini menjadi genre musik yang universal karena mampu diterima orang secara baik. Genre musik ini disebut juga genre musik populer dan berasal bentuk yang lebih modernnya yang ada di Inggris dan Amerika Serikat, sejak pertengahan 1950-an.

Balada

Ada genre musik balada, yang mana genre musik ini merupakan salah satu jenis musik yang harmoni lagunya mengalun dengan lambat dan biasanya tema-tema yang digunakan ada tema tentang percintaan. Menggunakan lirik-lirik yang puitis dan menggunakan alunan musik lambat. Secara khusus dalam pengelompokkan genrenya, balada memiliki karakteristik khusus yaitu adanya puisi dan lagu mendayu. Genre ini hadir sebagai bentuk lambat dari lagu cinta yang populer. Musik balada sendiri istilah katanya diambil dari bahasa inggri yaitu “ballad” yang memiliki pengertian sebagai musik yang berbentuk narasi.

Jadi, setelah memahami masing-masing genre musik yang ada, mana nih genre musik kesukaan kalian?