Kebanyakan orang pasti sudah mengenal tokoh-tokoh fiksi seperti Ironman, Hulk, Spider-man dan karakter lainnya dari film ataupun komik yang publikasikan oleh Marvel. Akan tetapi, apakah orang-orang sudah mengenal sosok dibalik tokoh-tokoh terkenal tersebut? Beliau adalah Stan Lee, penulis, editor, dan produser yang bekerja untuk Marvel Comics. Beliau adalah orang dibalik karakter-karakter yang telah menginspirasi banyak orang. Beliau telah menyentuh hati dari beribu-ribu pembaca di seluruh dunia.

Akan tetapi, apa yang menginspirasinya untuk terjun ke dunia komik? Apa yang membuatnya menjadi legenda seperti sekarang ini? Dalam tulisan ini, kita akan mencoba untuk mengenal dan memahami bagaimana seorang anak dari New York bisa menjadi salah satu orang paling berpengaruh di sejarah buku komik.

Stan Lee lahir di New York pada tahun 1922 dengan nama Stanley Martin Lieber. Ayahnya, Jack Lieber, adalah seorang imigran yang berasal dari Rumania sedangkan ibunya, Celia, lahir dan besar di New York. Beliau mempunyai seorang adik bernama Larry, kelak Larry Lieber, penulis dan seniman komik. Menurut graphic novel otobiografinya yang berjudul “Amazing Fantastic Incredible” beliau tinggal di pemukiman kumuh di daerah Washington Heights. Orang tua beliau selalu berargumen tentang kesulitan keuangan di keluarganya. Akan tetapi sejak kecil beliau sudah gemar untuk membaca. Beliau membaca hasil karya penulis-penulis terkenal seperti Mark Twain, Edgar Allan Poe, Charles Dickens dan penulis-penulis hebat lainnya.

Seperti yang tertera di “A Marvelous life: The Amazing Story of Stan Lee”, sebuah biografi oleh Danny Fingeroth, Beliau memutuskan untuk menempuh Pendidikan jenjang SMAnya di DeWitt Clinton High School yang merupakan sekolah khusus anak laki-laki yang kebanyakan siswanya merupakan imigran Yahudi, Italia, Irlandia, dan murid Afrika-Amerika. Beliau dikenal aktif di organisasi-organisasi di sekolahnya mulai dari organisasi  “the future lawyer’s club” hingga terdaftar sebagai publisis dari The magpie, majalah di sekolahnya. Beliau lulus SMA pada Usia 16 tahun pada tahun 1939.

Setelah lulus dari SMA, beliau mulai mencari pekerjaan untuk membantu keluarganya mendapatkan tambahan uang. Berbagai macam pekerjaan pernah beliau kerjakan. Mulai dari bekerja sebagai pengantar makan siang, bekerja di pabrik celana, pembimbing di sebuah teater di Times Square, hingga menulis untuk sebuah rumah sakit di Denver. Sampai akhirnya pada 1940, Stan lee mulai bekerja di Timely Comics sebagai asisten dari Joe Simon, seorang editor di Timely Comics, yang kedepannya akan menjadi marvel comics. Pada awal beliau bekerja Stan Lee dibayar 8 USD dalam seminggu. Tulisan pertama Stan Lee untuk Timely Comics adalah untuk komik Captain America serial 3 yang beliau beri judul “Captain America Foils the Traitor’s Revenge”.  Sejak saat itu, Stan Lee telah menulis lebih dari seratus karakter dan lebih dari ratusan serial komik untuk Marvel comics.

Stan Lee adalah seorang pemimpi yang tidak pernah berhenti bermimpi. Walaupun masa kecilnya tidak semulus atau semudah anak kecil lain, beliau masih terus berusaha dan memiliki keinginan untuk dapat meraih cita-citanya sebagai seorang penulis. Walaupun menghadapi tantangan beliau tetap fokus pada impiannya. Stan lee meninggal dunia pada 12 November 2018 di Los Angeles, California. Beliau merupakan Inspirasi bagi banyak sekali orang diseluruh dunia dan semoga kisahnya dapat terus dikenang dan terus menginspirasi generasi-generasi yang akan datang.

 

Sumber:

L, Stan. 2015. Amazing Fantastic Incredible. Touchstone. New York

F, Danny. 2019.  A Marvelous Life: The Amazing Story of Stan Lee. Simon & Schuster UK. New York.