Produk ini sudah pasti sudah tidak asing dikalangan anak muda sampai dewasa, karena produk ini adalah produk yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kita. Yap benar! Produk ini adalah sunscreen. Tidak hanya berfungsi untuk melindungi kulit dari cahaya matahari yang membuat kulit kita rusak, namun produk ini merupakan produk skincare yang dapat membantu dalam mengurangi efek penuaan. Tahukah kalian betapa pentingnya untuk memakai sunscreen setiap hari?

Apa Itu Sunscreen?

Sunscreen merupakan sebuah produk perawatan kulit yang memiliki berbagai macam bentuk seperti lotion, spray, gel, foam, dan stick. Produk ini digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB, sinar UVA lebih ini memiliki dampak kerusakan yang lebih parah dibandingkan sinar UVB karena dapat menembus bagian terdalam kulit, sinar UVA ini dapat mempercepat penuaan pada kulit serta dapat menyebabkan keriput dan flek hitam pada kulit, sedangkan sinar UVB ini merupakan paparan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang yang lebih kecil dari sinar UVA, tetapi sinar UVB ini dapat menyebabkan kulit terbakar jika terkena sinar UVB walaupun hanya sebentar saja. Maka jika kulit sering terkena radiasi sinar teersebut, resiko terkena kanker kulit pun kian besar. Topik yang saya akan bahas dalam rancangan tulisan ini adalah menjelaskan mengenai jenis-jenis sunscreen, perbedaan antara sunscreen dengan sunblock, manfaat memakai sunscreen setiap hari, rekomendasi sunscreen serta cara menggunakan sunscreen dengan baik dan benar.

Jenis-Jenis Sunscreen

Sunscreen memiliki dua jenis yang berbeda, yang membedakan dalam jenis sunscreen ini adalah bahan atau kandungan yang dipakai di dalam produk tersebut. Berikut penjelasan perbedaan dari dua jenis sunscreen tersebut,

 

  • Physical Sunscreen

Jenis sunscreen ini sering kali disebut sebagai mineral SPF, karena produk ini mengandung bahan aktif. Produk ini bekerja dengan cara membuat sebuah lapisan di permukaan kulit dan memantulkan UV rays dari kulit, sehingga mampu menghalangi sinar UV agar tidak menembus lapisan kulit bagian dalam. Sunscreen ini cocok untuk dipakai kamu mempunyai jenis kulit yang sensitive, karena bahan yang dipakai di dalam sunscreen ini mengandung lebih sedikit bahan aktif sehingga lebih kecil berisiko iritasi dan masa perlindungan physical sunscreen ini lebih lama dan dapat bekerja secara instan.

 

  • Chemical Sunscreen

Produk ini justru terbuat dari bahan-bahan yang dapat menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi panas yang nantinya akan dikeluarkan melalui kulit. Penggunaan chemical sunscreen ini perlu menunggu 20-30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari, produk ini memiliki kelebihan yang mampu menyerap ke dalam kulit lebih cepat sehingga lebih sulit untuk menghapusnya dengan air atau terkena keringat, maka dari itu sunscreen ini cocok untuk dipakai untuk ke pantai.

Dari kedua sunscreen ini memiliki kegunaan yang sama yaitu menjaga kulit dari sinar UVA dan UVB.

Manfaat Memakai Sunscreen Setiap Hari

tentunya ada efek dari terkena sinar UV tersebut yang dapat dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka Panjang. Berikut beberapa contoh dampak jangka pendek dan panjang, antara lain:

Jangka pendek:

  • Kulit terbakar (Sunburn)
  • Kulit kusam
  • Kulit hitam
  • Kulit gelap

Jangka panjang:

  • Kulit menjadi keriput
  • Penuaan kulit
  • Kulit kendur
  • Bermunculan bercak-bercak kecoklatam atau flek hitam
  • Risiko kanker kulit

Jangan lupa untuk memakai sunscreen jika tidak ingin mengalami berbagai macam dampak seperti di atas, terutama saat kita sedang berpergian atau berkegiatan di luar ruangan.

Rekomendasi Sunscreen

Berikut terdapat beberapa rekomendasi sunscreen yang cukup menarik untuk dicoba oleh kalangan remaja sampai dewasa dengan harga yang masih cukup dikantong sampai harga yang berkualitas.

  1. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45+++

Jangan lupa untuk memakai sunscreen jika tidak ingin mengalami berbagai macam dampak seperti di atas, terutama saat kita sedang berpergian atau berkegiatan di luar ruangan.

Memiliki ukuran 50ml, bertekstur gel yang ringan saat diaplikasikan ke wajah, aman untuk tipe kulit berjerawat, cepat meresap, dan tidak meninggalkan efek whitecast pada wajah saat diaplikasikan. Sunscreen ini tidak membuat wajah kita menjadi kusam ataupun berminyak saat dipakai dan produk ini memiliki harga yang sangat terjangkau yaitu sebesar Rp. 65.000.

2.  Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++

Terdapat 3 ukuran yaitu 8ml, 30ml dan 70ml, bertekstur cloudy, aman untuk kulit sensitive, tidak menyumbat pori-pori, dan tidak meninggalkan efek whitecast pada wajah saat diaplikasikan. Sunscreen ini memiliki harga yang masih terjangkau dari Rp. 17.500 – Rp. 130.000.

3.   N’pure Cica Beat The Sun SPF 50 PA++++ / Powder SPF 30

Sunscreen ini memiliki dua tipe yaitu berbentuk tube dan powder, kedua sunscreen ini tentunya memiliki SPF yang berbeda. Untuk yang berbentuk tube ini berukuran 35ml, memiliki tekstur lotion yang ringan, memberikan efek ekstra glow setelah pemakaian, tidak membuat kusam, tidak meninggalkan efek whitecast pada wajah saat diaplikasikan, dan memiliki harga sebesar Rp. 149.000. Untuk yang berbentuk powder ini berukuran 5g, dapat mempermudah para pengguna sunscreen untuk touch-up sehingga tidak merusak make up yang sedang dipakai dan memiliki harga sebesar Rp. 119.000.

4.   Wardah UV Shield Active Protection Serum SPF 30/50 PA++++

Produk ini berukuran 40ml, memiliki tekstur yang kental, mudah untuk di blend, tidak membuat wajah menjadi kusam, aman untuk kulit yang sensitive, dan memiliki harga dari Rp 35.000 – Rp. 96.000.

5.   Somethinc Holyshield Glowing Up Sunscreen SPF 50+ PA++++

Terdapat 2 macam tipe sunscreen mulai dari tube dan stick. Untuk yang berbentuk tube ini berukuran 50ml, memiliki tekstur lotion dan mengandung serum corrector yang dapat memberi sedikit tone dikulit, memerlukan waktu untuk menyerap ke wajah, dan ringan saat dipakai, sunscreen ini memiliki harga Rp. 149.000. Untuk yang berbentuk stick ini memiliki ukuran 15gr, lebih praktis dibandingkan yang berbentuk tube karena mudah untuk dibawa kemana saja dan mudah untuk dipakai. Tidak meninggalkan whitecast saat dipakai diwajah karena sunscreen ini bertekstur padat dan memiliki harga sebesar Rp. 125.000.

6.   Rose All Day Don’t Forget Sunscreen SPF 50 PA++++

Berukuran 50ml, memiliki tekstur lotion sehingga mudah untuk di blend, tidak meninggalkan whitecast pada wajah saat diaplikasikan, melembabkan kulit, memberikan efek glowing setelah dipakai, dan memiliki harga sebesar Rp. 190.000.

7.  Avoskin The Great Shield Sunscreen SPF 50 PA++++

Terdapat 2 ukuran yaitu 5ml dan 30ml. memiliki tekstur cream, ringan saat dipakai, aman untuk kulit sensitive, dan dapat membantu mengontrol minyak yang ada di wajah. Produk ini memiliki harga dari Rp. 55.000 – Rp. 139.000.

8.  Sunscreen Spray Coral Friendly x Nathanie Christy SPF 30

Sunscreen ini memiliki 2 ukuran yaitu 30ml dan 100ml, produk ini berbentuk spray sehingga memudahkan pengguna untuk memakainya, praktis untuk dipakai touch-up sunscreen, tidak lengket dan memiliki harga dari Rp. 55.000 – Rp. 175.000.

9. For Skin’s Sake Weightless Sunscreen SPF 50 PA++++

Memiliki 2 ukuran yaitu 7ml dan 45ml, memiliki tekstur lotion, tidak membuat wajah menjadi berminyak, tidak meninggalkan efek whitecast di wajah setelah diaplikasikan, tidak membuat wajah menjadi kusam, dan memiliki harga dari Rp. 40.000 – Rp. 190.000.

10.  L’oreal Paris UV Defender Serum Protector SPF 50+ PA++++

Berukuran 50ml, memiliki beberapa macam varian, bertekstur cair, mudah untuk di blend, memiliki harga sebesar Rp. 150.000.

11.  Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++

Memiliki 2 ukuran yaitu 15gr dan 50gr, memiliki tekstur gel sehingga ringan untuk dipakai, mudah untuk di blend, tidak meninggalkan efek whitecast di wajah saat di aplikasikan, membuat kulit menjadi lembab, dan memiliki harga dari Rp. 40.000 – Rp. 115.800.

12.  Anessa Perfect UV Sunscreen Skincare SPF 50+ PA++++

Memiliki tiga tipe sunscreen yaitu milk, gel, dan spray, untuk yang milk terdapat 2 ukuran yaitu 20ml dan 60ml, sedangkan untuk yang gel berukuran 90gr, dan yang spray berukuran 60gr. Produk ini mudah untuk dipakai, ringat saat dipakai, tidak menimbulkan efek oily, dan memiliki harga dari Rp. 199.000 – Rp. 489.000.