Siapa dari kalian yang tidak kenal dengan salah satu karakter superhero paling terkenal di dunia, yaitu Spider Man. Bercerita tentang seorang anak muda SMA bernama Peter Parker yang tinggal di New York bersama orang tuanya yang secara tak sengaja tergigit oleh laba – laba radioaktif yang memberikan dia kekuatan super seperti laba – laba. Sang pembuat karakter superhero ini Stan Lee berkata bahwa dia mendapatkan ide manusia laba – laba ketika dia melihat seekor laba – laba yang merayapi dinding.

Karakter spider man sendiri sudah banyak sekali di adaptasi menjadi film dan serial, baik berupa animasi atau live action. Beberapa contoh animasi spider man yang paling terkenal seperti spider man 1967 dan the spectaculer spider man. Untuk film live action spider man, sampai saat ini terdapat 7 film dengan 3 aktor yang berbeda, yaitu Tobey Maguire, Andrew Garfierld dan aktor spider man saat ini Tom Holland.

Menurut saya sendiri Film live action spider man memiliki dampak yang sangat besar terhadap industri film superhero karena seperti yang kalian bisa lihat sebelum keluarnya film spider man pertama yang rilis pada tahun 2002 tayang, film superhero masih belum terlalu digemari oleh orang – orang dan masih banyak yang berpikir bahwa film super hero hanya untuk anak – anak. Tetapi setelah suksesnya film spider man ini membawa banyak sekali orang – orang baru yang mulai tertarik untuk menonton film bergenre super hero ini.

Berkat Suksesnya trilogi film live action spider man pertama juga mendorong terbentuknya Marvel Cinematic Universe, yang berisi kumpulan film lve action superhero marvel yang dibentuk oleh Marvel Studios yang diakuisisi oleh disney pada tahun 2009. Saat ini Marvel Cinematic Universe menjadi franchise film tersukses, dengan film buatan mereka avengers endgame menjadi film tersukses sepanjang masa.

Walau menurut saya spider man ini mengubah industri film superhero, tetapi ada juga dampak negatif yang menurut saya timbul akibat dari banyaknya film super hero ini. Saat ini rata – rata film yang dapat menghasilkan keuntungan yang banyak dan mendapatkan banyak penghargaan adalah film super hero yang saya anggap banyak mematikan genre – genre film yang lainnya karena mereka tidak bisa bersaing dengan film – film super hero ini.