Saat ini virus corona atau covid 19 dari awal kemunculannya masih menjadi permasalahan cukup pelik di Indonesia. Sudah banyak langkah penanggulangan penyakit ini yang diupayakan oleh negara. Salah satunya adalah menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker. Ada jenis-jenis masker yang cukup ampuh dijadikan alternatif.

Strategi untuk mengurangi dampak pandemi, terutama untuk masyarakat yang kurang terlayani. Langkah untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di dalam masyarakat merupakan hal yang terpenting. Penggunaan masker kain dan masker medis sangat penting. Untuk menghambat penyebaran sehingga dapat meminimalisir pandemic. Masker medis direkomendasikan sebagai penghalang sederhana untuk mencegah pernapasan di udara terhirup oleh orang lain saat mengalami bersin, batuk, dan berbicara.

Ada beberapa cara untuk mengurangi proses penularan covid 19, yang sangat ditekankan adalah menjaga jarak, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun serta selalu memakal masker saat berinteraksi dengan orang. Sehingga salah satu cara khususnya memakai masker menjadi tren tersendiri. Terdapat jenis 3 jenis masker yang disarankan kepada masyarakat agar memutus penyebaran virus COVID-19, antara lain:

  1. MASKER KAIN

Sesuai dengan anjuran pemerintah masyarakat kementerian Kesehatan RI, masyarakat disarankan untuk memakai masker kain Ketika berpergian ke luar rumah, misalnya saat ingin pergi untuk bekerja atau ingin membeli kebutuhan dirumah. Masker kain dapat menghindari air liur saat berbicara, menghela nafas, ataupun bersin dan batuk. Jika digunakan dengar benar, masker ini dapat mengurangi penyebaran virus COVID-19. Terutama dari orang yang terinfeksi virus dengan tidak ada gejala.

  1. MASKER MEDIS

Jenis masker sekali pakai yang mudah dijumpai dan sering digunakan masyarakat ataupun tenaga Kesehatan. Dalam mencegah penyebaran penyakit menular, seperti infeksi virus COVID-19. Meski efektif untuk menghadang virus COVID-19, karena stok yang semakin banyak. Banyak masker medis yang sekarang banyak dijual murah di pinggir jalan pun sudah mulai ramai dengan produk sama namun harga bersaing.

  1. MASKER N95

Masker n95 juga efektif untuk mencegah penularan virus COVID-19. Masker yang cenderung lebih mahal daripada masker lainnya masker N95 ini tidak hanya mampu menghalau percikan air liur, tapi juga partikel kecil di udara yang mungkin mengandung virus. Walaupun daya lindungnya lebih baik, masker N95 ini tidak disarankan untuk penggunaan sehari-hari. Hal ini disebabkan desain yang digunakan membuat orang sulit untuk bisa bernafas, gerah, dan tidak nyaman jika digunakan dengan waktu yang lama. Umumnya masker N95 dikhususkan untuk tenaga kerja Kesehatan.

  1. MASKER BUFF

Cukup mudah menemukan jenis masker ini dipasaran. Masker Buff ini biasa dijual dipinggir jalan. Pemgendara motor adalh pengguna utama masker buff. Harga relative lebih murah dari masker lainnya yaitu 10ribu per masker, membuat masker ini banyak diminati.

  1. MASKER ELEKTRIK

Biasanya, alasan orang tidak nyaman memakai masker adalah gerah pada area mulut. Apabila itu yang dialami oleh masyarakat coba pilih memakai masker elektrik. Masker ini butuh tenaga baterai sehingga mengeluarkan energi penggerak kipas untuk sirkulasi udara. Kekurangan masker ini adalah dibagian filter yang harus selalu diganti, harga filter tidak murah, dan harga masker ini relative lebih mahal.