Muncul nya perfilman Internasional di Indonesia tentu mempengaruhi bagi anak-anak muda masa kini. Tahun 2021 ini merupakan tahun yang di tunggu-tunggu oleh kalangan muda hingga dewasa, karena munculnya film Fast and Furious 9 yang sangat di nanti-nantikan oleh para penggemar automotive masa kini khususnya anak- anak muda. Banyak anak-anak muda yang terdoktrin dengan dunia perfilman yang menayangkan mobil-mobil yang sangat mewah, kencang, menarik dan memiliki nilainya tersendiri hal tersebut membangun dan meningkatkan peminat mobil-mobil hingga ke Indonesia. Bagi pemuda seperti saya mobil sangatlah begitu penting dan berguna untuk beraktivitas kemana pun dan di mana pun. Namun bagi saya mobil bukan lah hanya sebuah kendaraan yang biasa, mobil juga memiliki nilai – nilai tersendiri dan terkadang mobil yang kita miliki juga dapat mencerminkan diri kita sendiri, apalagi mobil-mobil hasil modifikasi dan langka. Mobil tidak hanya berbicara kecepatan namun tampilan juga merupakan faktor penting dalam memiliki sebuah mobil. Sebagai laki laki memiliki mobil modifikasi merupakan sebuah pride pada diri sendiri yang banyak juga terjadi di kalangan anak muda pecinta mobil masa kini. Bagi pencinta mobil banyak orang yang berkata, Ketika kita jalan meninggalkan mobil setelah parkir, 75% laki laki akan menoleh melihat mobil, jika kita tidak menoleh berarti ada masalah atau kekurangan yang ada di mobil tersebut. Bagi pecinta mobil, kesenangan tidak hanya di dapat dari mobil saja, namun kebersamaan juga yang di cari oleh pecinta mobil, biasanya pecinta mobil memiliki komunitas mobilnya sendiri yang bertujuan untuk membangun dan membuka relasi, menambah dan menambah pengetahuan tentang mobil dan mengadakan event seperti RUN untuk keseruan Bersama, biasanya anak-anak pecinta mobil tersebut mengadakan event tersebut di PIK, Alam Sutra, Serpong dan masih banyak lagi.

Namun bagi saya mobil yang paling cocok dan paling keren untuk mengikuti segala event RUN Bersama sama dengan komunitas yaitu apalagi kalau bukan mobil. Apa itu JDM ? yaitu model mobil tertentu hanya dijual untuk pasar domestik Jepang dan tidak bakal ditemui di negara lain. Pabrikan Jepang selain membuat kendaraan yang laris manis juga terkenal dengan idealimenya. Selain saya, Tentu banyak sekali peminat nya dari mobil tahun 90-an hingga sekarang. Apalagi sebagai laki – laki memiliki sebuah mobil JDM tentunya merupakan sebuah pencapaian dan pastinya memiliki kebanggaan tersendiri.  Banyak orang yang mengatakan bahwa mobil JDM tidak hanya memiliki model dan bentuk yang sport dan terlihat tetap klasik namun mobil JDM juga memiliki mesin yang tidak kalah cepat dengan mobil-mobil di masa kini dan yang lebih menariknya lagi, banyak mobil-mobil JDM yang available untuk di modifikasi dari, bumper depan belakang, side skirt , wing dan masih banyak lagi untuk lebih mempercantik mobil tersebut.

Selain memiliki model/bentuk yang sport klasik dan memiliki tenaga yang besar, mobil-mobil JDM tahun 90-an juga termasuk dalam kategori mobil langka yang banyak di cari oleh orang baik untuk di modifikasi maupun di koleksi, mobil JDM ini memiliki harga yang sangat tinggi bahkan melebihi harga mobil-mobil masa kini karena kelangkaan nya, dari tahun ke tahun nilai harga JDM semakin naik makanya banyak orang-orang yang mengoleksi mobil JDM sebagai investasi. Berikut mobil – mobil JDM langka yang banyak yang diminati oleh semua kalangan dan merupakan mobil impian oleh para laki laki ;

Subaru Impreza 22B

Impreza ini masuk karena memang ada di daftar mobil favorit pribadi. Dan bukan cuma dipasarkan di Jepang. Tapi mayoritas dijual di sana, sisanya yang di luar negeri sebagian impor non-resmi. Dibuat 400 unit, laku dalam 30 menit saja saat diluncurkan. Karena di Inggris juga populer, dikirim 16 mobil tambahan untuk dipasarkan di sana. Australia juga minta dan diberi 5 unit. Unik untuk Inggris, 50 unit dari 400 itu ternyata diborong oleh IU. Jadi Inggris kebagian 66 mobil.

Impreza 22B muncul tahun 1998 untuk memperingati 40 tahun Subaru, sekaligus kejayaan di arena rally dunia untuk ketiga kalinya. Di dalam ruang mesin dipasang boxer 4-silinder 2,2 liter, lengkap dengan turbocharger. Tenaganya 280 PS, torsi 363 Nm. Mobil tersebut merupakan mobil AWD. balik lagi ke Inggris, 16 mobil yang diimpor resmi.

Mazda RX7

Mesin RX7 FD yaitu 13B-REW merupakan mesin rotary yang terdiri dari 2 wankel rotor dengan sequential ltwin turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 252 hp di awal produksinya dan dioptimalkan menjadi 276 hp di akhir masa produksinya.Sistem sequential twin turbocharger di RX7 FD yang diperkenalkan pada tahun 1992 merupakan sebuah desain mekanik yang cukup kompleks. Sistemnya terdiri dari 2 turbocharger dimana turbocharger pertama memberikan pasokan power di RPM rendah, sedangkan turbocharger kedua standby dan akan mulai aktif ketika akselarasi penuh sudah mencapai setengah dari rentang RPM.

Turbocharger yang pertama memberikan pasokan turbo sebesar 10 psi (0,7 bar) mulai dari 1800 RPM, sedangkan turbocharger kedua akan aktif di putaran 4500 RPM untuk mempertahankan pasokan turbo 10 psi (0,7 bar) sampai batas akhir RPM (redline). Di jalur lurus RX7 FD memang tidak secepat para pesaing di masanya, akan tetapi dalam hal handling, mobil JDM legendaris ini memiliki handling yang luar biasa bahkan dapat dikategorikan sebagai salah satu mobil dengan handling terbaik sepanjang masa. RX7 FD memiliki keseimbangan, cengkraman (grip), pengereman dan perpindahan gigi yang sangat baik. Sistem kemudinya ringan, cepat dan responsif.

 

Toyota Supra

Toyota Supra awalnya berasal dari pengembangan Toyota Celica sehingga pada generasi ke-1 mobil ini disebut dengan nama Toyota Celica XX lalu menjadi Toyota Celica Supra di generasi ke-2. Supra memiliki kaitan erat dengan Toyota 2000GT karena pada 2 generasi awal tersebut, Supra menggunakan mesin M Engine kepunyaan 2000GT. 2JZ-GTE adalah mesin dari Supra generasi ke-4 yang merupakan salah satu mesin sakti yang sangat populer dengan kekuatan terpendamnya yang sangat besar haha. Para engineer Toyota sebenarnya mendesain mesin ini untuk menghasilkan power yang sangat besar yaitu sebanyak 600hp, akan tetapi para petinggi Toyota memutuskan untuk taat pada regulasi dan memutuskan untuk de-tuning setengah dari kekuatan mesin menjadi 320hp. Selain itu, keputusan tersebut juga dilandasi dengan pertimbangan reliability, fuel economy dan keamanan pengendara.

Para tuner menyatakan bahwa membangkitkan power dari 2JZ ini sangatlah praktis. Mesin ini dapat dengan simpel di modifikasi dengan stock internal, yaitu tanpa modifikasi dalaman mesin seperti piston, head, valve. Misalnya, dengan perubahan pada panel air filter, sistem exhaust dan remap akan menghasilkan peningkatan power di kisaran 400-500hp. Beberapa produsen seperti HKS dan Greedy juga menawarkan paket upgrade kit untuk sistem turbo 2JZ yang cukup praktis karena bersifat modifikasi bolt-on. Kemampuan mesin 2JZ untuk dimodifikasi sanggup untuk mencapai power bahkan sebanyak 2000hp. Tidak heran mesin ini seringkali disebut sebagai mesin I6 yang paling banyak ‘disiksa’ haha.

Nissan Skyline GT-R

Mobil Nissan ini merupakan mobil yang memiliki peminat terbanyak dan merupakan dream car saya. Nissan Skyline pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969, akan tetapi terjadi krisis BBM pada awal tahun 1970 yang mengurangi permintaan pasar terhadap mobil sport. Hal tersebut membuat Nissan kemudian menghentikan produksi Skyline di generasi ke-2 pada tahun 1973. Dinilai memiliki body yang terlalu besar, Nissan mengurangi ukuran panjang keseluruhan mobil di R34. Selain itu juga tersedia underfloor diffuser pada model V-Spec yang menjadikan aerodinamis nya lebih baik dibanding seri Skyline sebelumnya.

R34 juga dilengkapi fitur canggih seperti LCD yang bisa menampilkan statistik mesin seperti tekanan turbo, temperatur oli dan air, serta temperatur udara intake dan exhaust. Meskipun berukuran cukup besar, Skyline dinilai sebagai mobil dengan handling yang sangat baik. Beberapa kalangan bahkan menganggap handling dari Skyline jauh lebih baik dibanding salah satu rivalnya sesama sedan berukuran besar yaitu Lancer Evolution. Hal ini terutama dirasakan pada saat keluar dari tikungan dengan kecepatan tinggi. Kita akan bisa merasakan ECU dari Skyline bekerja untuk menyeimbangkan mobil dan balance dari roda belakang-depan sehingga mobil bisa lekas stabil (recover), mendorong kembali depan dan melesat keluar dari tikungan.